Alat Transportasi

alat transportasi

alat transportasi – Di zaman yang begitu modern ini, bisnis transportasi berkembang bersama fasilitas dan proses transportasi yang canggih dan nyaman. Semakin banyak ditemui bermacam alat transportasi canggih di bermacam negara. Hal ini dijalankan sehingga masyarakat jadi nyaman memakai transportasi umum. Alat transportasi yang ketinggalan zaman makin tersisih. Di Indonesiapun demikian, tetapi perbedannya di Indonesia alat transportasi “tradisional”atau yang khas di suatu kota tetap banyak yang bertahan.

Meskipun beberapa wacana dan kontroversi berkembang, bahwa alat transportasi yang udah tertinggal ini akan langsung “ditiadakan”. Dengan banyak ragam alasan, bahwa alat tranportasi berikut udah tidak mencukupi syarat dan kelayakan jalur untuk dikendarai. Atau, alasan lainnya seperti beberapa pengguna dan pengendara jalur yang mengeluhkan berkenaan alat trasnportasi yang mengganggu kelancaran mobilitas di jalur raya sebab tidak beroperasi bersama baik. Keluhan yang senada juga singgah berasal dari beberapa perusahan transportasi, berasumsi bahwa alat transportasi “tradisional” itu tidak memiliki izin operasi resmi dan hanya jadi gangguan kelancaran lalu lintas di jalur raya.

Kumpulan Alat Transportasi

Namun, bersama bermacam wacana dan kontroversi itu, nyataannya beberapa alat transportasi “tradisional” senantiasa saja beroperasi dan bertahan. Berikut 10 alat transportasi “tradisional” yang khas, yang berasal berasal dari bermacam tempat di Indonesia:

1. Angkot Padang

Angkutan kota atau yang lebih dikenal bersama angkot, adalah salah satu alat transportasi perkotaan bersama rute yang udah ditentukan seperti bus trans. Bedanya tidak seperti bus Trans yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang udah ditentukan, angkutan kota mampu berhenti untuk menambah atau turunkan penumpang di mana saja.

Memang bersama proses “berhenti seenaknya” seringkali angkot mengakibatkan pengguna jalur yang lainnya mengeluh, sebab terkadang langkah berhenti yang mengakibatkan pengendara lain yang di belakangnya terkejut. Alhasil pengendara lain berikut kesal dibuatnya. Namun begitulah, angkot ini senantiasa bertahan, bersama pelanggan yang memadai banyak.

Beberapa angkot di salah satu tempat tersedia yang memadai menarik, sebab armada yang udah dimodofikasi. Angkot Padang adalah angkutan lazim yang hanya tersedia di Sumatera barat. Angkot padang memiliki ciri khas yakni sopir angkot yang didominasi anak muda yang memadai gemar memodifikasi angkotnya.

Berbagai modifikasi diterapkan, seperti suspensi diceperkan, ban racing, dan penuh bersama tempelan-tempelan dan juga memiliki sound audio yang terlampau berkualitas. Tidak mengherankan jika Angkot adalah primadona Propinsi Sumatera Barat, tidak lengkap jika singgah ke Sumatera Barat belum menaiki angkot padang ini.

2. Becak

Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang lazim ditemukan di Indonesia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di Indonesia, tersedia dua type becak yang biasa digunakan, yakni Becak bersama pengemudi di belakang, type ini kebanyakan tersedia di Jawa, dan Becak bersama pengemudi di samping, yang kebanyakan ditemukan di Sumatera.

3. Bentor

Bentor adalah kendaraan khas di Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang dimodifikasi bersama dipasangkan bagian berasal dari sepeda motor di bagian belakangnya. Jadi, separuh becah dan separuh motor disatukan, lalu jadilah bentor. Motor yang digunakan adalah motor type bebek. Bentor udah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah.

Bentor memadai digemari oleh masyarakat sebab mampu hingga di obyek didalam selagi yang singkat, sebab pengemudi-pengemudinya lihai menyalip kendaraan lain. Kelebihan lainnya, bentor mampu dimuati oleh dua orang tetapi kerap juga terjadi diisi tiga orang penumpang apalagi hingga 5 orang bersama tiga penumpang di depan sedangkan dua penumpang lainnya membonceng di belakang pengemudi.

4. Becak motor

Becak mesin adalah makna yang digunakan di Sumatera utara untuk becak yang digerakkan bersama mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan moda transportasi yang terlampau tenar di sumatera utara untuk perjalanan berasal dari pintu ke pintu (door to door service).

Antara becak motor dan bentor berbeda. Kerangka becak motor senantiasa memakai kerangka becak biasa, hanya saja dipasang mesin dibawahnya. Dan pedal yang tersedia senantiasa mampu berfungsi kala mesin yang terpasang tidak menyala atau tidak digunakan. Sedangkan bentor kerangkanya udah lewat perakitan sehingga jadi separuh badannya adalah becak (bagian depan), dan separuhnya adalah motor (di bagian belakang).

5. Cidomo

Cidomo ini, yang kerap juga disebut bersama Cimodok, adalah alat transportasi yang memakai tenaga kuda khas pulau Lombok. Secara fisik kendaraan ini serupa bersama delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa. Perbedaan utamanya, delman atau andong memakai roda kayu, sedangkan cidomo memakai roda mobil bekas sebagai rodanya.
Sampai selagi ini alat transportasi ini tetap jadi fasilitas utama transportasi lebih-lebih pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.

6. Delman

Nama kendaraan ini berasal berasal dari nama penemunya, yakni Charles Theodore Deeleman, seorang litografer dan insinyur pada jaman Hindia Belanda. Transportasi ini memakai kuda sebagai penggeraknya. Orang Belanda menyebut kendaraan ini bersama nama dos-à-dos, yakni sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi. Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh masyarakat pribumi Batavia disingkat lagi jadi ‘sado’. Di propinsi Indonesia lainnya, delman memiliki nama seperti Andong, yang memiliki roda empat.

7. Dokar Jogja

Dokar  merupakan salah satu alat transportasi tradisional. Dokar tidak serupa bersama andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang mampu ditarik satu atau dua kuda.

Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro yogya.

8. Ojek

Ojek adalah transportasi lazim yang tersedia di seluruh Indonesia yang lebih lazim sarananya berbentuk sepeda motor.  Penumpang kebanyakan satu orang tetapi kadang mampu berdua. Dengan harga yang ditentukan bersama tawar menawar bersama abang ojek lebih-lebih dahulu setelah itu abang ojek akan mengantar ke obyek yang di inginkan penumpangnya.

Keberadaan Ojek ini tersebar dan mampu ditemukan diseluruh Indonesia. Karena kelebihannya bersama angkutan lain yakni lebih cepat dan mampu melalui sela-sela kemacetan di kota, ojek senantiasa jadi primadona alat transportasi. Selain itu mampu menjangkau daerah-daerah bersama gang-gang yang sempit dan sukar dilalui oleh mobil. Biasanya ojek berada di persimpangan jalur yang ramai, atau di jalur masuk kawasan permukiman.

9. Ojek sepeda

Ojek sepeda, adalah primadona transportasi Indonesia sejak tahun 70an. Dahulu, transportasi yang satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tetapi di jaman milenium seperti selagi ini merasa dilupakan.

Untuk selagi ini, transportasi yang unik dan jarang ditemukan, mampu di nikmati di Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota dan juga kawasan gang-gang sempit di Indonesia.

10. Pedati

Pedati adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai fasilitas transportasi yang digunakan untuk mengangkut penumpang baik itu orang, maupun barang-barang. Pedati mampu ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, atau kerbau. Pedati kebanyakan tersedia di lokasi pedesaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *