Apasih pengertian Load Balancing Mikrotik? Simak penjelasannya

Fortinet FortiGate FortiWiFi 60F

Load Balancing Mikrotik – Dalam sebuah jaringan computer yang padat, tentu saja yang namanya pengiriman data dan penerimaan data dapat selamanya tersedia dan dapat selamanya bekerja secara bersamaan. Tentunya hal ini dapat menyebabkan selanjutnya lintas jaringan dapat jadi ruwet. Maka dari itu, tersedia yang namanya hardware bernama load balancing.

Ibaratkan saja jikalau selanjutnya lintas jaringan internet yang tersedia di kantor Anda atau instansi Anda mengalami gangguan cuma sebab paket data yang bertabrakan, pasti sangat menyusahkan. Maka dari itu, kudu terdapatnya load balancing.

Pengertian Load Balancing Mikrotik
Load balancing adalah proses mendistribusikan selanjutnya lintas jaringan di sebuah server. Ini meyakinkan tidak tersedia satu server pun yang menanggung sangat banyak permintaan. Dengan menyebarkan pekerjaan secara merata, load balancing menaikkan respons aplikasi. Ini termasuk menaikkan ketersediaan aplikasi dan situs situs untuk pengguna.

Load balancer mengelola aliran Info antara server dan perangkat titik akhir (PC, laptop, tablet, atau ponsel cerdas). Server mampu di tempat, di pusat data atau cloud publik. Server termasuk mampu bersifat fisik atau virtual. Penyeimbang beban menopang server memindahkan data secara efisien, mengoptimalkan pemanfaatan sumber kekuatan pengiriman aplikasi, dan menghindar kelebihan beban server.

Load balancing Mikrotik jalankan kontrol kesegaran terus menerus pada server untuk meyakinkan mereka mampu menangani permintaan. Jika perlu, load balancing Mikrotik menghapus server yang tidak sehat dari kumpulan hingga dipulihkan. Beberapa penyeimbang beban bahkan menyebabkan pembuatan server aplikasi virtual baru untuk menangani peningkatan permintaan.

Load Balancing Terbaik
Berbicara berkenaan load balancing Mikrotik, terkandung load balancing yang paling bagus yang mampu diterapkan cocok bersama kebutuhan.

2 ISP
Pada mikrotik, terkandung banyak metode yang mampu digunakan jikalau Anda punya lebih dari 2 jalur internet layaknya BGP, Failover, Load Balance, dll. Load balancing 2 ISP merupakan keliru satu yang paling mampu diandalkan.

Load Balancing Mikrotik PCC
Metode yang bernama Load Balancing Mikrotik PCC adalah jikalau Anda mengfungsikan load balancing dua jalur koneksi.

PCC (Per Connection Classifier). Dengan PCC kami mampu mengelompokan trafik koneksi yang via atau nampak masuk router jadi {beberapa|sebagian|lebih dari satu} kelompok. Pengelompokan ini mampu dibedakan berdasarkan src-address, dst-address, src-port dan atau dst-port. Router dapat mengingat-ingat jalur gateway yang di lewati diawal trafik koneksi, sehingga pada paket-paket seterusnya yang masih berhubungan bersama koneksi awalnya dapat dilewatkan pada jalur gateway yang sama juga.

3 ISP
Ini adalah keliru satu load balancing Mikrotik yang sangat menguntungkan. Jadi, load balancing ISP merupakan hal yang dinamakan failover.

Jika Anda menjalankan load balancing sekaligus ke 3 ISP selanjutnya maka performa jaringan kami dapat jadi tidak optimal sebab tersedia 1 ISP punya shared bandwidth. Walaupun angkanya lebih besar ketimbang yang dedicated, tapi shared artinya 100Mbps itu masih dibagi-bagi lagi, umumnya bandwidth biasanya yang kami temukan cuma lebih kurang 15-20Mbps.

Oleh sebab itu, kami cuma dapat menjalankan load balancing Mengenakan 2 ISP yang punya dedicated bandwidth. Sementara ISP yang punya shared bandwidth dapat dihasilkan sebagai backup disaat segala ISP dedicated bandwidth mengalami gangguan (down).

NTH
Di load balancing Mikrotik terkandung fitur yang bernama NTH. NTH sendiri ialah sebuah fitur pada firewall Mikrotik yang dipakai sebagai penghitung (counter) dari paket data atau koneksi (packet new). Ada dua parameter utama dari NTH ini, merupakan “Every” dan “Packet”.

“Every” adalah parameter penghitung (counter) meskipun “Packet” ialah penunjuk paket keberapa rule dari NTH ini dapat dikerjakan. Dengan demikian penerapan NTH ini dikerjakan denganmengaktifkan counter pada mangle, lantas ditandai bersama ‘Route-Mark’. Sehingga bersama route mark ini dipakai sebagai dasar untuk membikin policy route.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *