Arah Mata Angin

arah mata angin

arah mata angin – Arah mata angin sanggup disebut sebagai titik kompas. mata angin berguna sebagai petunjuk untuk paham sebuah posisi disaat tengah melaksanakan perjalanan.

Mata angin sanggup menunjang disaat tengah di dalam sebuah perjalanan dan kehilangan arah. Titik arah mata angin digunakan di dalam proses putaran kompas, peta, dan proses navigasi lainnya.

Saat ini arah mata angin jadi dasar pembelajaran yang harus kita ketahui. Bahkan mata angin telah jadi pembelajaran semenjak TK. Untuk lagi mengingatnya, review penjelasan berikut ini perihal jenis dan langkah menentukan mata angin.

Arah Mata Angin

Jenis Arah Mata Angin
Dalam materi kepramukaan mata angin terbagi jadi empat, delapan, 16, sampai 32. Namun yang lebih lazim dikenal hanya delapan arah mata angin.

Pembagian delapan arah mata angin didasarkan pada cardinal points dan ordinal points. Cardinal points ditentukan dari arah sudut yang berkelipatan 90 derajat dan paling dasar, yakni:

Utara = 0 atau 360 derajatT
Timur = 90 derajat
Selatan = 180 derajat
Barat = 270 derajat
Sementara itu, untuk ordinal points atau arah pertengahan sanggup dibedakan sebagai berikut:

Timur laut = 45 derajat antara timur bersama utara
Tenggara = 135 derajat antara timur bersama selatan
Barat daya = 225 derajat antara barat dan selatan
Barat laut = 315 derajat antara utara dan barat
Cara Menentukan Arah Mata Angin
Dalam mitos yang beredar di masyarakat, untuk paham arah mata angin sanggup dikerjakan lewat menghisap jari lantas mengangkatnya ke atas. Namun perihal berikut tidak akurat untuk mengukur darimana arah angin berasal.arah mata angin

Untuk itu, ada dua langkah yang sanggup digunakan di dalam pakai arah mata angin yakni bersama pakai kompas dan pakai bayangan tongkat.

Pertama bersama pakai kompas. Caranya ialah bersama letakkan kompas ke permukaan datar. Setelah itu, tunggu sampai jarumnya tenang dan tidak bergerak lagi.

Saat ini teknologi telah berkembang. Kompas sanggup gampang digunakan di dalam berbagai jenis aplikasi mobile yang ada di smartphone.

Cara kedua yakni bersama pakai bayangan tongkat. Syarat utama untuk melakukannya ialah kondisi cuaca yang mendukung, gara-gara langkah ini membutuhkan penyinaran matahari yang cukup.

Hal yang harus dikerjakan yakni letakkan tongkat pada waktu matahari terbit sampai terbenam. Karena di waktu itu bayangan tongkat yang nampak bakal tunjukkan arah dari timur sampai ke barat.

Belakangan ini, gunung-gunung di Indonesia udah seperti destinasi wisata. Tak heran, gunung menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan menenangkan.

Hal yang mesti dipahami adalah, mendaki ke puncak gunung bukan suatu hal hal yang mudah. Diperlukan niat, persiapan dan latihan dikarenakan nantinya para pendaki akan dihadapkan pada medan dan cuaca yang cukup sulit.

Selain itu, ada bisa saja menghadapi persoalan yang jauh lebih fatal, seperti tersesat di gunung misalnya. Saat mengalami hal ini, mempunyai ilmu langkah menentukan arah mata angin jadi hal penting yang mesti dimiliki. Akan enteng kalau Kamu membawa kompas. Apes kalau ternyata kompasmu ketinggalan di rumah.

Namun sebetulnya, Kamu tetap sanggup menentukan arah mata angin biarpun tanpa kompas. Simak tips di bawah ini:

Amati tanda-tanda pohon

Saat tersesat di gunung, jangan panik. Carilah pohon besar di kira-kira kalian dan perhatikan beberapa ciri-cirinya.

Pertama, melihat kelebatan pohon atau arah batang pohon. Kelebatan pohon dan juga condong arah pohon (yang tetap kecil) biasanya mengarah ke timur dikarenakan condong mencari cahaya matahari pagi yang baik untuk sistem fotosintesis.

Kedua, pada pohon besar, rabalah dan rasakan adanya lumut. Jika sisi pohon lebih basah dan berlumut, juga itu menandakan lumut berada pada sisi timur dikarenakan cahaya matahari yang menyinarinya belum terik waktu pagi hari. Namun hal ini jangan dijadikan patokan dasar, mengingat pertumbuhan lumut yang sanggup terpengaruh oleh berbagai faktor. Jadikanlah ini sebagai patokan pendukung saja.

Ketiga, rasakan suhu pohon. Bila satu sisi pohon terasa hangat maka menandakan ia mengarah ke barat dikarenakan bisa saja matahari terbenam belum lama sehingga cahayanya tetap menghangatkan sisi barat pohon.

Jam tangan

Jam tangan tidak cuman berfungsi untuk mengetahui waktu secara pasti, sanggup juga digunakan sebagai pengganti kompas. Tapi ingat, yang sanggup digunakan hanya jam tangan yang mempunyai jarum jam.

Lihat angka 12 pada jam tangan kalian, selanjutnya arahkan pas ke arah matahari. Kemudian, melihat jarum pendek pada jam tangan kalian. Di antara angka 12 dan dan jarum pendek itu adalah arah utara (jika kalian berada di sisi selatan garis khatulistiwa).

Kompas sederhana

Kalian sanggup mengetahui arah mata angin hanya bersama dengan kompas sederhana yang sanggup digunakan kapan saja, siang maupun malam.

Lalu bagaimana caranya? Dan apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

Siapkan jarum/silet, gabus/benda yang sanggup mengapung, dan juga semangkuk air. Sebelumnya, gosokkan jarum atau silet ke permukaan kering sehingga benda ini akan mendapatkan model listrik dan model magnetis.

Kemudian, tempatkan jarum pada gabus yang tipis, selanjutnya apungkan di atas semangkuk air yang udah kalian siapkan. Perhatikan bersama dengan seksama pada dua ujung jarum tersebut, akan menunjukan arah utara dan selatan.

Matahari

Ini adalah langkah paling enteng dan paling mengetahui untuk menentukan arah mata angin. Perhatikan di mana matahari terbit dan terbenam untuk menentukan arah timur dan barat. Jika kita berdiri menghadap matahari terbit, udah tentu kanan dan kiri kita adalah selatan dan utara. Begitu pula apabila kita menghadap ke arah matahari terbenam, maka kanan dan kiri kita adalah utara dan selatan.

Bayangan Kayu

Ini juga merupakan langkah yang enteng bersama dengan tetap pakai bantuan cahaya matahari kalau suatu waktu kalian tersesat di siang hari. Ambil sebilah kayu kira-kira 50cm panjangnya. Tancapkan di tanah dan tandai ujung bayangannya. Lalu, menunggu kira-kira 10-15 menit. Setelah itu, tandai ulang ujung bayangan yang baru. Pada ke dua ujung bayangan yang udah ditandai tadi, buatlah garis lurus yang menghubungkan keduanya. Pada titik sedang di antara garis itu, buatlah garis yang berlawanan seperti symbol and (+). Pastikan garis berlawanan itu sudutnya 90 derajat. Garis yang berlawanan tadi dan menghadap ke matahari adalah sisi utara.

Rasi Bintang Pari/Crux

Bila kita mengulas rasi bintang, tentu kita akan berkhayal satu kaitan rumit bintang-bintang yang perlihatkan suatu bentuk. Namun rasi bintang pari/crux sanggup bersama dengan enteng kita melihat dan rasi ini adalah sisi selatan. Rasi bintang ini sangat berfungsi sebagai panduan arah apabila kita tersesat di malam hari. Bentuknya seperti salib/layang-layang dan sedikit condong miring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *