AWS Cloud Indonesia

aws cloud indonesia

Penjelasan lengkap mengenai AWS Cloud Indonesia yang merupakan solusi di masa kini untuk kebutuhan server terbaik.

AWS Cloud Platform

Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak th. 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk belanja buku dan lagu, tetapi saat ini Amazon sudah tingkatkan layanannya didalam perihal infrastrutktur cloud computing. Amazon Web Services ini sediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi. Pada th. 2006, amazon mengenalkan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web site pelayanan yang sediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu untuk menyewa pc storage yang sanggup digunakan sebagai platform pengembangan aplikasi secara online, inilah awal berasal dari IaaS, yakni perusahaan yang sediakan infrastruktur sebagai sebuah layanan.[2]

Manfaat Amazon Web Services

Amazon Web Services sediakan fasilitas infrastruktur kunci bisnis dunia yang berguna untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran product berasal dari suatu perusahaan ke perusahaan lain.

Amazon Web Services juga sediakan fasilitas cloud computing agar pengguna sanggup menaruh information secara permanen di didalam server di internet.

Kelebihan Amazon Web Services

  • Amazon Web Services sediakan pemeriksaan akses untuk meyakinkan topik dan pesan dijamin pada akses yang tidak sah
  • Amazon Web Services sanggup dibuka di mana saja dan kapan saja.
  • Efisiensi saat didalam bisnis. Perusahaan-perusahan bakal lebih dimudahkan didalam laksanakan jual beli dengan gunakan Amazon Web Services.

Kekurangan Amazon Web Services

  • Harga product yang ditawarkan perusahaan tidak sanggup ditawar-tawar
  • Barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan yang asli

Layanan

Layanan Amazon Web Services sanggup dikelompokkan jadi 5 bagian besar

Layanan Komputasi

Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang menghendaki gunakan Amazon untuk laksanakan komputasi seperti server atau clustered server. Di mana server-server tersebut disebut instance.

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah platform komputasi berwujud virtual pc yang sanggup di kustomisasi maupun di kembangkan dengan gunakan komitmen cluster dan load balance.
  • Amazon Elastic Map Reduce adalah fasilitas yang menolong didalam anggapan information seperti information penjualan, information stock, information server log dan lain-lain. Yang sesudah itu data-data tersebut sanggup di konversikan jadi sebuah hasil anggapan yang sanggup digunakan didalam sistem pengambil keputusan.
  • Elastic Load Balancing adalah fasilitas yang jadi satu paket dengan Amazon EC2, di mana fasilitas ini berguna untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita punya didalam Amazon EC2.

Mengenal AWS Cloud

Saat dapat mengimplementasikan infrastruktur teknologi di perusahaan, kerap kali dihadapkan pada pilihan yang sama-sama kuat sebab menawarkan bermacam kelebihan. Pilihan biasanya mengerucut pada dua hal, yaitu cloud computing atau pusat information on-premise.

Seiring waktu, cloud computing kian kondang di kalangan pembeli sebab menawarkan fleksibilitas spesifikasi, harga lebih terjangkau, skalabilitas untuk pengembangan ke depan, dan kemudahan akses. Karakteristik itu dikenal dengan public cloud yang disediakan oleh pihak ketiga dan digunakan bersama oleh beberapa perusahaan atau perorangan.

Public cloud sebenarnya menyediakan sarana penyimpanan information yang praktis sebab seluruh perlengkapan dan resource-nya udah disajikan oleh pengelola. Namun pembeli tidak memiliki pemeriksaan penuh atas teknologi yang digunakan. Kita tidak seluruhnya paham infrastruktur dan lingkungan layaknya apa information dioperasikan. SLA (Service Level Agreement) termasuk terlampau bergantung dengan pengelola cloud.

Di segi lain, pusat information on-premise adalah kebalikan berasal dari public cloud computing. Dengan memiliki dan mengelola seluruh infrastrukturnya sendiri, maka on-premise menawarkan otoritas lebih didalam hal penyimpanan data  perusahaan. Misalnya mampu diatur information dan aplikasi dilindungi firewall dan cuma mampu dibuka oleh perusahaan. Kustomisasi server mampu ditunaikan dengan maksimal.

Namun dengan segala kekuatan tersebut, pusat information on-premise membutuhkan ongkos investasi yang besar di awal. Biaya maintenance termasuk besar, wajib resource baik infrastruktur maupun tim IT yang handal supaya mampu terjadi dengan maksimal. Akses, fleksibilitas, dan skalabilitasnya tidak semudah public cloud computing.

Layanan Komputasi AWS Cloud

AWS Outposts merupakan fasilitas terkelola (managed services) yang menghadirkan pengalaman hybrid cloud sesungguhnya. Layanan ini terdiri berasal dari perangkat yang menopang perusahaan dalam mengoptimalkan semua fleksibilitas dan keunggulan yang terkandung pada cloud computing milik AWS bersama dengan pengelolaan secara on-premise.

Menurut Santanu Dutt, Chief Technology Officer, AWS ASEAN, AWS Outposts adalah fasilitas yang dikelola semuanya yang memperluas infrastruktur AWS cloud indonesia, fasilitas native AWS, API, dan alat untuk hampir semua pusat data, ruang lokasi bersama, atau fasilitas di tempat (on premise). Sehingga beri tambahan pengalaman hybrid yang terlampau konsisten.

 

“Dengan ketersediaan AWS Outpost yang baru di Indonesia, pelanggan sanggup pakai fasilitas AWS cloud indonesia untuk mobilisasi beban kerja dan knowledge di fasilitas lokal mereka di Indonesia dan membuka ke Wilayah AWS terdekat layaknya Wilayah AWS Singapura untuk manajemen dan operasi,” ujarnya.

Dengan AWS Outposts, pelanggan sanggup mobilisasi aplikasi di tempat (on premise) agar sanggup mencukupi beberapa syarat latensi rendah. Pelanggan juga sanggup pakai Pos terdepan untuk produksi dan mengelola knowledge secara lokal dan secara efektif mencukupi beberapa syarat kepatuhan dan privasi knowledge mereka.

Sementara itu, Donnie Prakoso, Senior Technical Evangelist AWS ASEAN, beri tambahan bahwa AWS Outposts sediakan rak AWS cloud indonesia komputasi dan storage. Ini adalah satu perangkat keras sama bersama dengan perangkat keras yang digunakan juga di datacenter AWS public region.

Dengan AWS Outposts, pelanggan sanggup memilih bervariasi pilihan komputasi, storage, dan Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) instances yang telah dioptimalkan secara grafis. Baik itu bersama dengan atau tanpa pilihan untuk fasilitas storage lokal. Kemudian sediakan bervariasi pilihan volume pada Amazon Elastic Block Store (EBS). Juga sanggup bersama dengan gampang mengoperasikan bervariasi fasilitas AWS secara lokal.

“AWS Outposts ideal untuk beban kerja yang perlu akses latensi rendah ke sistem lokal, pemrosesan knowledge lokal, atau penyimpanan knowledge lokal. Karena Komputasi, penyimpanan, basis knowledge AWS, dan fasilitas lainnya berjalan secara lokal di Outposts,” kata Donnie.

AWS Cloud Indonesia

Pelanggan AWS di Indonesia saat ini dapat, tanpa ketidakpastian peraturan, semuanya mengadopsi manfaat dari cloud AWS – salah satu lingkungan komputasi cloud yang paling fleksibel, andal, dan safe yang ada selagi ini.

Klarifikasi yang positif dan terlampau dinantikan ini merupakan hasil dari Peraturan Pemerintah 71 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP 71), yang membuat perubahan Peraturan Pemerintah No. 82 th. 2012 mengenai Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP 82). PP 71 berlaku efisien sejak 10 Oktober 2019.

Yang paling penting, PP 71 menyebutkan bahwa Penyelenggara Sistem Elektronik di Indonesia sanggup mentransfer atau menyimpan knowledge di luar negeri. Penyelenggara Sistem Elektronik adalah setiap entitas di Indonesia yang mengelola atau mengoperasikan sistem elektronik, dan sanggup berwujud “lingkup privat” atau “lingkup publik”.

Operator Sistem Elektronik “Ruang lingkup pribadi” sanggup menyimpan atau memproduksi seluruh model knowledge di luar Indonesia, juga bersama dengan memanfaatkan Wilayah AWS di luar Indonesia. “Ruang lingkup privat” didefinisikan secara lazim dan mencakup seluruh usaha di Indonesia tidak cuman yang merupakan “Badan Tata Usaha Negara” (yaitu instansi atau instansi legislatif, eksekutif atau yudikatif yang dibentuk oleh ketetapan perundang-undangan di Indonesia).

Penyelenggara Sistem Elektronik “Ruang Lingkup Publik” (yaitu Badan Administrasi Negara) sanggup menyimpan atau memproduksi datanya di luar negeri, juga bersama dengan memanfaatkan Wilayah AWS di luar Indonesia, sepanjang periode transisi dua th. terasa dari 10 Oktober 2019. Setelah Oktober 2021, Public Scope Electronic Operator Sistem butuh persetujuan dari Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi (KOMINFO).

Persyaratan khusus sektor

Lembaga jasa keuangan yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Bank Indonesia (BI) sanggup tunduk terhadap ketentuan lain yang berlaku yang memberlakukan tambahan penyimpanan knowledge dan syarat-syarat pengelolaan, yang sanggup mencakup penyimpanan model knowledge khusus di di dalam negeri di Indonesia. Namun, AWS cloud indonesia jelas bahwa ketetapan ini kemungkinan besar akan ditinjau sehubungan bersama dengan GR 71.

Tidak ada syarat-syarat resmi bagi perusahaan pertambangan swasta yang diatur oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menyimpan atau mengelola knowledge mereka di darat di Indonesia. Perusahaan minyak dan gas yang udah di tandatangani Kontrak Bagi Hasil (PSC) bersama dengan Negara untuk kegiatan hulu migas kebanyakan diharuskan memiliki pusat knowledge dan pusat pemulihan bencana di darat di Indonesia, dan perlu meraih persetujuan ESDM di awalnya untuk mentransfer knowledge rahasia yang berkaitan bersama dengan kegiatan hulu migas mereka di terlepas pantai.

Infrastruktur Global AWS dan Lokasi Data

AWS udah memberitakan bahwa mereka bekerja di Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) di Indonesia, yang berbasis di Jabodetabek dan terdiri dari tiga Availability Zone, yang akan memberi pelanggan AWS opsi yang lebih luas untuk mengelola knowledge mereka baik di darat di Indonesia maupun di terlepas pantai. Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) akan memperluas pilihan lokasi geografis yang luas yang merupakan anggota dari Infrastruktur Global AWS cloud indonesia yang ada bagi pelanggan AWS untuk menerapkan beban kerja aplikasi mereka.

Pelanggan AWS menjaga kendali penuh dan kepemilikan atas knowledge mereka dan memastikan di mana Wilayah AWS knowledge mereka akan ditempatkan secara fisik, supaya mudah untuk memenuhi syarat-syarat kepatuhan dan residensi knowledge regional. Setiap Wilayah AWS memiliki sebagian Zona Ketersediaan dan pusat data. Biasanya, pelanggan yang hiraukan bersama dengan ketersediaan dan kinerja aplikasi mereka menghendaki menerapkan aplikasi ini di sebagian Availability Zone di Wilayah yang sama untuk toleransi kekeliruan dan latensi rendah. Selain mereplikasi aplikasi dan knowledge di sebagian pusat knowledge di Wilayah yang sama memanfaatkan Availability Zone, pelanggan juga sanggup memilih untuk menaikkan redundansi dan toleransi kekeliruan lebih lanjut bersama dengan mereplikasi knowledge antar Wilayah geografis.

AWS Cloud Server

Pada th. 2006, Amazon Web Services (AWS) mulai menawarkan fasilitas IT ke pasar dalam bentuk fasilitas web, yang saat ini dikenal sebagai komputasi awan . Dengan cloud ini, kami tidak kudu berencana server dan infrastruktur TI lainnya yang menghabiskan banyak waktu sebelumnya. Sebaliknya, fasilitas ini mampu langsung menjalankan ratusan atau ribuan server dalam lebih dari satu menit dan memberikan hasil lebih cepat. Kami cuma membayar untuk apa yang kami manfaatkan tanpa cost di wajah dan tanpa komitmen jangka panjang, yang menjadikan AWS cloud indonesia irit biaya.

 

Saat ini, AWS sedia kan platform infrastruktur yang terlampau andal, mampu diskalakan, dan berbiaya rendah di cloud yang menolong banyak bisnis di 190 negara di semua dunia.

Apa itu Cloud Computing?

Komputasi awan adalah fasilitas komputasi berbasis internet di mana sekelompok besar server jarak jauh terhubung ke jaringan untuk amat mungkin penyimpanan information terpusat, dan akses online ke fasilitas atau sumber daya komputer.

Dengan manfaatkan komputasi awan, organisasi mampu manfaatkan komputasi dan sumber daya penyimpanan bersama dengan daripada membangun, mengoperasikan, dan meningkatkan infrastruktur sendiri.

Komputasi awan adalah type yang amat mungkin fitur-fitur berikut.

  • Pengguna mampu sedia kan dan merilis sumber daya cocok permintaan.
  • Sumber daya mampu ditingkatkan atau diturunkan secara otomatis, bergantung pada bebannya.
  • Sumber daya mampu diakses lewat jaringan bersama dengan keamanan yang tepat.

Penyedia fasilitas cloud mampu mengaktifkan type pay-as-you-go, di mana pelanggan dikenai cost berdasarkan type sumber daya dan per penggunaan.

Jenis Cloud

Ada tiga type awan – awan Publik, Pribadi, dan Hibrid.

Cloud Publik

Di cloud publik, penyedia fasilitas pihak ketiga sedia kan sumber daya dan fasilitas untuk pelanggan mereka lewat Internet. Data pelanggan dan keamanan terkait ada pada infrastruktur yang dimiliki penyedia layanan.

Cloud Pribadi

Awan spesial juga sedia kan fitur yang nyaris sama bersama dengan awan publik, namun information dan fasilitas dikelola oleh organisasi atau oleh pihak ketiga cuma untuk organisasi pelanggan. Dalam type cloud ini, kendali utama ada pada infrastruktur agar masalah terkait keamanan diminimalkan.

Cloud Hybrid

Cloud hybrid adalah gabungan berasal dari cloud spesial dan publik. Keputusan untuk berjalan di cloud spesial atau publik umumnya bergantung pada bermacam parameter seperti sensitivitas information dan aplikasi, sertifikasi industri dan standar yang diperlukan, peraturan, dll.

Belajar AWS Cloud

Amazon Web Services (AWS) adalah platform sarana Cloud yang tawarkan kebolehan komputasi, penyimpanan database, content delivery, dan beragam fungsionalitas yang membantu usaha untuk terus tumbuh dan berkembang. AWS telah menjadi pilihan beragam perusahaan terkemuka di dunia, bila Spotify, Airbnb, dan SoundCloud. Mari studi untuk memakai produk/layanan Cloud AWS untuk membangun produk bersama dengan fleksibilitas, skalabilitas, dan reliabilitas yang dipercaya perusahaan terbaik. Menurut Gartner, AWS memimpin pasar cloud bersama dengan keseluruhan revenue US$ 15,5 milyar dan menguasai 47,8% pasar Cloud-Infrastructure-as-a-Service.

 

Kelas ini dibuat oleh Dicoding dan Amazon Web Services (AWS) untuk menyiapkan Anda dalam mengambil sertifikasi AWS Solutions Architect Associate. Kurikulum berisi materi-materi yang paling kerap digunakan oleh pengguna AWS di industri, sehingga menegaskan Anda relevan menjadi Cloud Engineer ataupun Solution Architect bersama dengan basis produk AWS.

Kenapa saya kudu studi kelas ini?

  • Cloud computing merupakan #1 hard skill yang paling dibutuhkan perusahaan (data Linkedin).
  • Terdapat peningkatan keinginan untuk profesional cloud computing, terhitung Cloud Solutions Architect.
  • Cloud computing sama bergunanya bagi perusahaan besar maupun kecil untuk bisa membantu mengembangkan usaha dan usaha.
  • AWS telah menjadi pilihan beragam perusahaan terkemuka di dunia, bila Spotify, Airbnb, dan SoundCloud.
  • AWS memiliki ratusan servis yang telah menjadi tulang punggung beragam perusahaan terkemuka. Anda akan dibantu untuk pilih dan memakai servis yang tepat dan cocok bersama dengan kebutuhan Anda.
  • Kelas ini sebagai persiapan untuk ikuti ujian resmi dalam pengambilan sertifikasi AWS Certified Solutions Architect – Associate.

Materi apa saja yang akan dipelajari?

  • Pengenalan AWS : Mempelajari rancangan komputasi awan, AWS, dan cara registrasi.
  • Identity & Access Management : Mempelajari teori dan praktik keamanan dan manajemen akses ke servis AWS.
  • Simple Storage : Mempelajari teori dan praktik berkenaan sarana penyimpanan data terhadap AWS.
  • Cloudfront CDN : Mempelajari teori dan praktik berkenaan Content Delivery Network di AWS.
  • Elastic Cloud Compute (EC2) : Mempelajari teori dan praktik berkenaan sarana mesin virtual dan komputasi dari AWS.
  • Lambda : Mempelajari teori dan praktik berkenaan sarana serverless dari AWS.
  • Route53 : Mempelajari teori dan praktik berkenaan sarana Domain Name Service (DNS) dari AWS.
  • Database : Mempelajari teori dan praktik berkenaan sarana Database dari AWS.
  • Best Practices : Mempelajari beragam teori berkenaan bagaimana membangun prototipe dan arsitektur aplikasi terhadap AWS.
  • Submissions : Menunjukkan keahlian bersama dengan memakai setidaknya 2 (dua) services AWS.

Anda tentukan sendiri berapa lama waktu studi materi kelas ini. Materi kelas didesain untuk diselesaikan dalam waktu 40 jam. Jika Anda menyempatkan waktu sekurang-kurangnya 10 jam saja dalam seminggu, maka terlampau dimungkinkan Anda bisa menuntaskan kelas ini dalam waktu 30 hari. Namun tidak menutup mungkin Anda merampungkan dalam waktu yang jauh lebih cepat.

Prasyarat ikuti kelas ini adalah:

  • Pengetahuan basic berkenaan networking akan membantu Anda untuk mengerjakan latihan dan coba lebih dari satu tutorial dalam kelas ini. Namun setiap materi yang membutuhkan referensi/pengetahuan akan menyertakan referensi atau link berkenaan yang bisa Anda pelajari.
  • Memiliki kartu debit atau credit visa/master yang bisa digunakan untuk transaksi online (hanya untuk verifikasi).
  • Anda kudu mandiri, berkomitmen, terlampau memiliki rasa idamkan tahu dan tertarik terhadap subjek.
  • Anda kudu gigih, temukan topik yang menarik, bermain-main dan mengotak-atik ilmu yang Anda dapatkan.
  • Sebaik apa pun materi susunan kelas ini, tak akan berfungsi tanpa keseriusan Anda untuk belajar, berlatih, dan mencoba.

Spesifikasi sekurang-kurangnya Komputer/Laptop:

  • Operating Sistem : Microsoft Windows, Linux, atau MacOS.
  • RAM sebesar 2 GB RAM minimum (4 GB RAM direkomendasikan).
  • Resolusi layar sekurang-kurangnya 1024×768.

Tools yang digunakan:

  • Web browser dan koneksi internet yang baik.
  • Linux terminal atau Putty untuk Windows.

Harga AWS Cloud

Amazon Web Services tawarkan serangkaian sarana komputasi, penyimpanan, database, analisis, aplikasi, dan penerapan global yang luas, menopang organisasi bergerak lebih cepat, menurunkan biaya IT, dan menskalakan aplikasi. Harga untuk seluruh sarana unik dan tidak ada persyaratan pelisensian atau ketergantungan yang rumit.

Untuk informasi tambahan mengenai harga sarana individu, memanfaatkan tabel di bawah.

AWS Tingkat Gratis

Untuk menopang pelanggan AWS baru mengawali di cloud, AWS menyediakan tingkat penggunaan gratis. Tingkat Gratis mampu digunakan untuk apa saja yang dambakan Anda jalankan di cloud: meluncurkan aplikasi baru, menguji aplikasi yang ada di cloud, atau cuma dambakan mendapatkan pengalaman memanfaatkan AWS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *