Begini Cara Setting rb750

setting rb750

setting rb750Mikrotik yakni cara operasi yang berbasis perangkat lunak (software) yang dipergunakan untuk menghasilkan komputer sebagai router sebuah jaringan. Mikrotik juga menggunakan cara operasi berbasis Linux dan menjadi dasar network router. Metode operasi (OS) ini amat cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer yang berskala kecil sampai besar.

Tapi, sampai saat ini masih banyak orang yang salah memahami pengertian dari mikrotik dan router. Seandainya mikrotik yakni sebuah cara operasi yang termasuk dalam golongan open source, maka router yakni perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih. Jadi, perbedaan yang paling mendasar yakni mikrotik sebagai software dan router berperan menjadi hardware.

Sejarah Mikrotik

Mikrotik sendiri yakni nama perusahaan kecil yang berkantor di sentra negara Latvia, dan dibentuk oleh John Trully serta Arnis Riekstins. Sekitar tahun 1966, mereka berdua memulai dengan cara operasi Linux dan MS DOS dan dikombinasikan dengan teknologi berbasis wireless (nirkabel) LAN atau WLAN Aeronet yang berkecepatan sampai 2 Mbps di Moldova.

Dan kemudian melayani sekitar lima pelanggan baru di Latvia. Seiring berjalannya waktu, prinsip dasar dari mikrotik bukan membikin wireless ISP (Dunia Service Provider)  lagi. Akan tapi, dapat membikin program router yang andal dan dapat dikerjakan di segala negara.

Fungsi Mikrotik

Sesudah mengenal sejarah singkat dari mikrotik, berikutnya kita akan membahas mengenai fungsi – fungsi yang dimilikinya.

1. Memberikan Metode Otentikasi

Fungsi yang pertama, dipergunakan untuk menolong dalam mengeblok laman yang mengandung konten yang dilarang tegas oleh undang – undang. Sehingga, program ini amat mensupport untuk terciptanya dunia online positif sebagai langkah permulaan dalam mengurangi konten yang tidak cocok dengan regulasi yang berlaku.

2. Konfigurasi Jaringan Lokal

Dengan menggunakan mikrotik, sanggup untuk membatasi dan mengkonfigurasi LAN (Local Zona Network) yang menggunakan PC Mikrotik Router OS dan hardware yang berspesifikasi lebih rendah.

3. Untuk Pengelolaan Metode Jaringan Dunia

Fungsi yang ketiga yakni untuk jaringan dunia online secara lebih terkonsentrasi sehingga, administrator dapat melaksanakan pengelolaan dan manajemen data dengan lebih baik lagi.

4. Berperan sebagai Hotspot

Fungi yang keempat, juga berperan sebagai hotspot, dimana akan amat mudah untuk melaksanakan konfigurasi dan membagi bandwidth bagi setiap jaringan komputer. Selain itu, juga memiliki tugas untuk memisahkan bandwidth traffic (lalu lintas) data internasional dan lokal.

5. Pembuatan PPPoE Server

Dan fungsi yang terakhir yakni, diaplikasikan untuk perangkat dalam pembuatan sebuah PPPoE Servers.

Mikrotik RB750 yakni salah satu variasi RouterBoard Mikrotik yang paling banyak diaplikasikan sebab harganya yang murah meriah. Mikrotik RB 750 memiliki 5 buah port ethernet 10/100, dengan prosesor baru Atheros 400MHz dan sudah termasuk dengan lisensi tahapan 4. Sayangnya RB750 tidak memiliki interface Wireless, sehingga tidak dapat langsung diaplikasikan untuk membikin wireless Hotspot. Supaya dapat membikin wireless Hotspot perlu ditambahkan perangkat tambahan sebagai Access Point.

Metode Mengakses Mikrotik RB750

Silakan nyalakan Mikrotik RB750 nya, hubungkan port ether 1 ke PC menggunakan kabel UTP straight. Seandainya beru pertama kali dinyalakan maka konfigurasi default IP address ether 1 nya yakni 192.168.88.1. Silakan anda ganti IP address ethernet PC anda ke 192.168.88.2. Seandainya sudah anda dapat mengakses mikrotik dengan Winbox, putty, telnet, atau webfig. Caranya silakan anda baca artikel ini 4 cara dalam mengakses Mikrotik. Tapi aku sarankan anda menggunakan Winbox untuk mengakses Mikrotik RB750 nya supaya lebih mudah. Silakan anda Download Winbox Mikrotik disini.

Tapi bila anda ingin mencoba mengakses Mikrotik RB750 nya menggunakan basis text, misal menggunakan ssh (putty) atau telnet anda dapat mempelajari perintah dasar yang sering kali diaplikasikan di Mikrotik disini Kumpulan Perintah-perintah Dasar Mikrotik RouterOS.

Setting Mikrotik RB750 untuk Dunia Speedy

Berikut ini yakni cara Setting Mikrotik RB750 dengan koneksi Dunia Speedy. Disini dial ke Speedy nya langsung dari Mikrotik, tidak menggunakan modem ADSL.
1. Silakan set Modem ADSL anda ke mode ‘BRIDGE’, jadi kalo masih mode ‘PPPoE’ silahkan di ‘RESET’ modemnya & setting ulang.

2. Reset juga Mikrotik RB750 nya bila masih baru atau menggunakan setting default turunan Mikrotik. Caranya :
– Pada Winbox Pilih Menu System –> Reset Configuration –> Reset Configuration

 

– Reboot Mikrotik

3. Selanjutnya, kita mulai dengan Log In Winbox dan memilih Mac Address (Jangan IP Address) untuk koneksi ke Mikrotik.

4. Ganti nama Interface nya

Pada Winbox Pilih Menu Interface
Klik [+] klik 2x ether1 Name=Speedy
Klik [+] klik 2x ether2 Name=Lokal

5. Ganti IP Address Mikrotik

Pada Winbox Pilih Menu New Terminal, ketik :

/ip address
Copy-Paste kode berikut :
add address=192.168.0.1/24 network=192.168.0.0 broadcast=192.168.0.255 interface=Lokal
add address=192.168.1.2/24 network=192.168.1.0 broadcast=192.168.1.255 interface=Speedy

6. Menambahkan PPP – PPPoE Client

Pada Winbox Pilih Menu PPP – klik [+] – PPPoE Client
Tab General Name=pppoe-speedy1 Interfaces=Speedy
Tab Dial Out Service=dunia online User= ****01***2**@telkom.net (Username Speedy Anda) Password=(Password Speedy Anda) Profile=Default Checklist pada Pilih Menuan ‘Add Default Route & User Peer DNS’, Pilih Menuan Allow Checklist segala, OK.

7. Menambahkan DNS

Pada Winbox Pilih Menu IP –> DNS –> Setting
Seandainya DNS Server sudah muncul, tinggal memberi checklist pada Pilih Menuan ‘Allow Remote Requests’, OK
Pakai juga DNS Server tersebut untuk PC Billing & PC Client Anda
Untuk lebih jelasnya seputar DNS silakan baca artikel ini Metode Konfigurasi DNS Server Mikrotik.

8. Mengganti TCP/IP PC-BILLING / PC CLIENT

Setting terlebih dulu PC/Komputer yang diaplikasikan untuk pelaksanaan instalasi mikrotik anda. Caranya :
Buka Control Panel – Network Connection – Local Zona Connection – Klik kanan & Pilih Menu Properties – Dunia Protocol (TCP/IP) – Properties.
Use the Following IP Address: IP Address = 192.168.0.2 Subnet Mask = 255.255.255.0 Gateway = 192.168.0.1
Use the Following DNS Server Addresses: Pakai DNS Server & Alternatif DNS Server yang ada pada setting DNS Tadi.
Setting Mangle TCP/UDP Port

9. Mengganti Time Zone pada NTP

Karena beberapa RouterBoard/Mikrotik tidak menggunakan Battere CMOS, supaya area waktu RouterBoard/Mikrotik berjalan normal maka semestinya kita setting.
Pada Winbox Pilih Menu System –> NTP Client
Untuk lebih jelasnya silakan lihat disini Apa itu NTP? Setting NTP Client di Mikrotik.

10. Menambahkan konfigurasi Firewall NAT (Network Address Translation)

Pada Winbox Pilih Menu IP –> Firewall –> Tab NAT atau buka New Terminal dan ketik :
/ip firewall nat
add chain=srcnat src-address=192.168.0.0/24 out-interface=pppoe-speedy1 action=masquerade comment=”NAT from 192.168.0.0/24 output to Speedy”
add chain=srcnat src-address=192.168.0.2 out-interface=Lokal action=masquerade comment=” NAT from 192.168.0.2 output to Lokal”

Hingga disini Mikrotik RB750 anda semestinya sudah dapat melaksanakan koneksi ke Dunia, silahkan coba melaksanakan di Mikrotik nya dan coba berselancar dari PC Client. Seandainya berhasil berarti Setingan sudah benar.

Ingin tahu mengenai Setting rb750 lebih lengkap ? kunjungi Netdata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *