Bunga Mawar

bunga mawar

bunga mawar – Mawar adalah tidak benar satu tanaman hias yang tenar di khalayak ramai. Meski begitu, tidak seluruh orang bisa mengatakan jenis-jenis bunga mawar. Kebanyakan mungkin dapat menjawab mawar merah meskipun tetap ada banyak model kembang mawar lainnya yang tidah kalah cantik.

Kamu penyuka bunga mawar namun tidak tahu apa saja jenis-jenisnya? Tenang saja, anda dapat mengetahuinya sehabis membaca artikel ini. Di sini, anda dapat diberi Info perihal jenis-jenis bunga mawar yang ada di dunia.

Mawar udah banyak dibudidayakan dengan banyak variasi cara. Baik dengan langkah yang simple seperti setek maupun yang rumit seperti perkawinan silang. Tidak heran jika model tanaman ini semakin bertambah banyak bersamaan dengan kemajuan teknologi.

Dalam artikel ini, kita udah merangkumkan Info model bunga mawar yang misalnya tetap jarang diketahui oleh orang. Dari yang ada di dunia, sampai yang bisa tumbuh di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, Info perihal mawar langka termasuk bisa anda temukan di sini. Kamu udah tidak sabar untuk mengetahuinya? Yuk, review pembahasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Bunga Mawar di Dunia

Banyak sekali model bunga mawar yang ditemukan di dunia. Tapi, ada beberapa yang mungkin belum pernah anda lihat. Kamu bisa membacanya pada daftar tersebut ini:

1. Mawar Musk

Memiliki nama ilmiah Rosa moschata, tanaman ini merupakan mawar yang udah lama dibudidayakan dari abad ke-16. Tanaman ini bisa merambat sampai panjangnya menggapai 3-10 meter. Biasanya, bunganya dapat mekar pada akhir musim semi sampai musim gugur.

Mawar Musk punya rambut di sekitar biji di bawah daging buah. Rambut-rambut ini bisa memicu iritasi misalnya terkena kulit dan kasus saluran pencernaan misalnya dimakan.

Bunga yang udah mekar kebanyakan mengeluarkan bau musk yang kuat dan bisa dicium dari kejauhan. Maka dari itu, kembang ini termasuk dijadikan sebagai bahan untuk memicu parfum.

2. Mawar Kubis

Tanaman yang membawa nama ilmiah Rosa centifolia ini adalah mawar hibrida yang dikembangkan oleh pembudidaya mawar Belanda dari abad ke-17. Kembang ini dikenal dengan aromanya yang kuat dan mahkota bunga berukuran besar. Bentuk mahkotanya yang bertumpuk seperti kubis memicu tanaman ini dikenal sebagai mawar kubis.

Meski tanaman ini punya kembang yang indah, perawatannya tergolong rumit daripada mawar biasanya. Mawar kubis tidak bisa tumbuh di sembarang area serta enteng diserang penyakit dan hama.

Tapi, selama diberikan perawatan yang tepat, Centifolia memang bisa tumbuh sebagai tanaman pagar. Dengan syarat ada benda yang bisa dijadikan sebagai penopangnya. Bunga dapat mekar pada setiap musim semi atau musim panas.

3. Mawar Eden

Tanaman yang termasuk dikenal sebagai Pierre de Ronsard ini diciptakan oleh Marie-Louise Meilland. Mawar Eden pertama dikenalkan kepada publik didalam ajang Meilland International pada tahun 1985 di Prancis. Nama tanaman ini terinspirasi dari seorang penyair pada jaman Renaisans, Pierre de Ronsard, sekaligus merujuk pada syair tenar ciptaannya dengan judul Mignonne, allons voir si la rose.

Tanaman ini bisa tumbuh di tanah dengan kandungan air dan sinar matahari yang cukup. Tinggi mawar Eden bisa menggapai 180-330 cm. Kembangnya punya diameter sebesar 10 cm dan mahkota bunganya bisa berjumlah sebanyak 70 helai. Kembang ini kebanyakan mekar saat akhir musim semi sampai akhir musim panas.

Tahun 2006, kembang ini masuk didalam Hall of Fame of the World Federation of Rose Societies sebab keindahannya. Bahkan bunga ini termasuk dijuluki sebagai World’s Favourite Rose pada tahun yang sama.

4. Mawar Sunsprite

Diciptakan oleh Reimer Kordes dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1973, tanaman ini termasuk dikenal sebagai Friesia dan KORresia. Friesia sendiri disita dari nama daerah asal sang pencipta, yakni Friesland.

Sementara KORresia adalah kode nama berdasarkan nama penciptanya, Kordes. Kembang ini adalah tidak benar satu dari sekian bunga mawar pertama yang penamaannya manfaatkan singkatan dari nama penciptanya.

Tanaman ini bisa tumbuh menggapai ketinggian 40-75 cm dan tidak enteng diserang hama dan penyakit. Kembang yang dihasilkan punya diameter sebesar 8 cm dan punya aroma yang kuat. Biasanya, bunga dapat mekar pada bulan Juni sampai September.

Sunsprite merupakan mawar floribunda pertama yang berhasil mendapatkan Gamble Award for Fragrance pada tahun 1979. Selain itu, Sunsprite termasuk dianugerahi penghargaan-penghargaan lainnya, seperti Baden-Baden Gold Medal 1972, James Mason Memorial Medal 1989, dan RNRS Gold Medal 1989.

5. Mawar Double Delight

Bunga ini merupakan hasil perkawinan silang dari kultivar hybrid tea Granada dan Garden Party. Double Delight pertama kali diciptakan oleh Swim & Ellis dan dipamerkan ke depan publik pada tahun 1977.

Tanaman ini tumbuh di tanah dengan keadaan yang lembap dan sedikit asam. Tingginya bisa menggapai 90-150 cm. Mahkota kembang punya diameter sebesar 10 cm dan bunga petalnya berjumlah sampai 30 helai. Aroma kembangnya adalah perpaduan bau buah jeruk dan pedas.

Warna bunga ini terkait pada seberapa banyak sinar matahari yang didapat. Semakin banyak sinar matahari, warna putih dapat beralih jadi merah diawali dari pinggiran mahkota. Maka dari itu, misalnya Double Delight di letakkan didalam tempat tinggal kaca, pergantian warna mahkotanya tidak dapat berjalan sebab terdapatnya kaca penyaring sinar UV.

Jenis-Jenis Bunga Mawar yang Bisa Tumbuh di Indonesia

Meski bukanlah tanaman yang berasal dari area tropis, ada jenis-jenis bunga mawar yang bisa tumbuh di Indonesia. Berikut ini daftarnya:

1. Mawar Putri

Bunga mawar potong yang punya ciri khas warna merah tua ini masuk ke didalam model bunga ganda sebab membawa alat kelamin jantan (benang sari) dan betina (putik). Diameter mahkota kembang kala tengah mekar bisa menggapai 9,5-11,5 cm. Aroma bunga yang lebih wangi daripada mawar lainnya membuatnya laris manis dicari kastemer seperti layaknya kopi.

Selain itu, kebugaran kembang ini sehabis dipetik termasuk bisa bertahan sampai 9 hari. Tidak heran jika anda banyak menjumpai kembang ini di penjual bunga potong.

Mawar Putri juga bisa anda tanam sebagai tidak benar satu tanaman hias di taman rumahmu. Cara memelihara mawar ini termasuk tidak sulit selama anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

2. Mawar Talitha

Tanaman ini adalah tidak benar satu model mawar potong dengan bunga ganda. Diameter mahkota didalam keadaan mekar berukuran sampai 8 cm dan tingginya bisa menggapai 50-83 cm.

Mawar Talitha biasa dibudidayakan kemudian dipetik untuk dijadikan sebagai bunga hias potong. Jika kembang hasil petikan di letakkan didalam vas, kesegarannya bisa bertahan selama 7-9 hari.

3. Mawar Mega Putih

Kembang pada mawar model ini punya ciri khas mahkota yang mengeriting di pinggirnya. Ukuran diameter bunga ini saat mekar bisa menggapai 9-12 cm dan punya 104-130 helai mahkota. Meski mahkota bunganya tergolong besar, wangi yang dikeluarkan tidak benar-benar tajam.

Mawar Mega Putih kebanyakan dibudidayakan sebagai kembang potong sebab kesegarannya bisa bertahan sampai 9 hari sehabis dipetik. Kamu bisa menyimpannya di didalam vas dan menjadikannya sebagai penghias ruangan.

4. Mawar Pertiwi

Memiliki warna merah muda, mawar ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2001 oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura (Puslitbanghorti). Ketika kembang ini mekar, ukuran diameternya bisa menggapai 8-9 cm dengan panjang tangkai 5-7 cm.

 

Tidak seperti tanaman mawar lainnya, tanaman ini punya duri yang sedikit. Selain itu, jika tertarik untuk menanam mawar Pertiwi, anda tidak perlu repot-repot membeli jaring-jaring hitam sebab tanaman ini bisa tumbuh tanpa naungan.

5. Mawar Megawati

Diperkenalkan bersamaan dengan mawar Pertiwi oleh Puslitbanghorti, tanaman ini punya warna kembang merah-oranye. Diameter kembang saat mekar tergolong besar, yakni 9-11 cm dengan panjang tangkai menggapai 50-57 cm.

Kesegaran bunga ini jika dimasukkan ke didalam vas bisa bertahan memadai lama, yakni 6-8 hari. Tidak heran, jika anda kerap menemukan kembang ini sebagai bunga hias potong.

Jenis-Jenis Bunga Mawar yang Langka

Walaupun tanaman ini udah dibudidayakan dengan banyak variasi cara, ternyata ada termasuk jenis-jenis bunga mawar yang jumlahnya terbatas, lho. Beberapa contohnya bisa anda memandang pada daftar tersebut ini:

 

1. Mawar Juliet

Bunga ini diperkenalkan kepada publik oleh David Austin didalam acara Chelsea Flower Show pada tahun 2006. David menggunakan biaya sekitar tiga juta pound sterling atau misalnya dirupiahkan sebanyak 59 miliar untuk menciptakan mawar Juliet. Wajar misalnya David menggunakan duit sebanyak itu, sebab dia perlu saat 15 tahun untuk bisa menciptakan bunga mawar hibrida dengan warna aprikot ini.

Sayangnya, keindahan kembang ini tidak bisa dinikmati oleh seluruh orang. Seperti anggrek Shenzhen Nongke, harga mahal dan jumlahnya yang terbatas memicu kembang ini hanya bisa dibeli oleh kalangan orang kaya. Biasanya, mereka manfaatkan keindahan tanaman ini sebagai dekorasi pernikahan atau jamuan mewah lainnya.

2. Mawar Biru

Awalnya, tanaman ini nampak dalam cerita-cerita fiksi dan hanya bisa dihasilkan dari mencelupkan mawar putih ke didalam cat warna biru. Hal itu disebabkan sebab pigmen warna biru atau delphinidin saat itu tidak dimiliki oleh tanaman mawar. Sampai selanjutnya para ilmuwan dari Suntory mempertunjukkan bunga mawar biru pertama di dunia pada tahun 2008.

Suntory memperkenalkan mawar biru didalam acara International Flower Expo Tokyo. Kembang ini berhasil diciptakan sehabis penelitian selama nyaris 20 tahun.

 

Cara yang ditunaikan oleh para ilmuwan untuk menciptakan bunga ini adalah dengan memodifikasi gen supaya tanaman mawar bisa membuahkan delphinidin. Hanya saja, warna mahkota yang nampak jadi ungu muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *