Cara Kerja VLAN ? , Yuk Simak Berikut Ini

Cara Kerja VLAN

Cara Kerja VLAN (Virtual LAN) yang akan di sajikan di dalam pembahasan kali ini untuk mempermudah kalian untuk paham apa itu Vlan. Yang pengertian singkatnya merupakan sebuah style jaringan yang membagi sebagian jaringan secara logikal kedalam sebagian jalur yang tidak sama namun selalu melalui perangkat penghubung yang sama.

Pembahasan akan dibagi menjadi sebagian hal diantaranya Definisi vlan, Jenis vlan, fungsi vlan sampai langkah kerja Vlan. Perangkat atau program ini terlalu mungkin sebagian jaringan IP beserta jaringan-jaringan kecil ( subnet ) berada di dalam satu jaringan switched yang sama.

Agar sebuah computer sanggup berkomunikasi bersama VLAN yang sama, tiap tiap perangkat computer harus miliki sebuah alamat IP serta subnet mask yang harus cocok bersama VLAN tersebut.

Pengertian VLAN (Virtual LAN)

VLAN (Virtual Local Area Network) adalah sebuah langkah suatu jaringan computer untuk membuat jaringan-jaringan nya yang menurut logika terpasang secara berkelompok sendiri – sendiri.

Vlan itu sendiri adalah anggota dari jaringan Local Area Network (LAN), dan di dalam satu jaringan sanggup ada banyak Vlan. Sama layaknya halnya di dalam sebuah gedung terdapat banyak beraneka ruangan, itulah Vlan.

Dari simulasi vlan diatas terhadap sebuah gedung di atas, sanggup diartikan bahwa Vlan terbagi menjadi sebagian ruangan kecil. Vlan berupa logika dan di sanggup konfigurasi bersama sebagian network di dalamnya.

Cara kerja VLAN (Virtual LAN)

Cara Kerja VLAN sanggup di bagi berdasarkan metode (tipe) yang dipakai atau gunakan, baik manfaatkan port, MAC address dan lain-lain. Semua knowledge Info yang mengandung alamat suatu VLAN (tagging) tersimpan di dalam suatu database, kalau pengalamatan didasarkan terhadap port yang digunakan maka database haruslah mencatat beraneka port yang digunakan oleh VLAN.

Untuk mengaturnya, maka dibutuhkan switch/bridge yang fungsinya sanggup diatur switch/bridge yang akan menaruh semua knowledge Info dan konfigurasi dari VLAN serta dipastikan semua switch/bridge miliki Info yang sama. Switch yang akan memilih kemana beraneka knowledge serta Info akan diteruskan dan sebagainya.

Cara kerja VLAN terbagi menjadi sebagian tahapan, sebagai berikut :
1. Filtering Database, adalah anggota yang terdapat Info perihal pengelompokan Vlan yang terdiri dari atas.

Static Entries
Static Filtering Entries. Tahapan ini akan di kelompokan apakah paket Info atau knowledge akan dikirim, dibuang atau akan di simpan terhadap dynamic entries.
Static Registration Entries. terhadap langkah ini akan dikelompokan apakah paket Info atau knowledge untuk dikirim ke jaringan VLAN melalui port yang telah di tentukan.
Dynamic Entries
Dynamic Filtering Entries. terhadap langkah ini akan memilah paket knowledge di kirim atau di buang
Dynamic Group Entries. Tpada langkah ini akan memilih apakah paket knowledge dikirim, diteruskan atau diberhentikan terhadap group.
Dynamic Registration Entries. terhadap langkah ini kembali port yang bertanggung jawab untuk memilah paket data.
2. Tagging adalah sebuah proses yang memilih dan membagi perihal tujuan Vlan, yang akan disampaikan di dalam bentuk tag header, supaya knowledge Info sanggup dikirim ke user khusus saja dan didalamnya terdapat MAC address.

Terdapat 2 style tagging yaitu

Ethernet Frame Tag Header
Token Ring and Fiber Distributed Data Interface (FDDI)
Setelah paham sedikit Cara Kerja VLAN baik nya harus di pelajari terhitung faedah vlan, jenis-jenis vlan dan style vlan.

Fungsi VLAN

VLAN (Virtual LAN) memberikan sebuah langkah atau metode untuk membagi satu fisik network ke beraneka broadcast domain. Broadcast domain ini umumnya akan sama bersama batas IP subnet, dan tiap subnet miliki satu VLAN. VLAN membolehkan banyak virtual LAN berdampingan di dalam sebuah hardware fisik LAN ( switch ).

Jadi, andaikan terdapat dua perangkat yang mengakses di dalam sebuah switch, keduanya tidak sanggup saling mengirim ethernet frame ke perangkat lain meskipun di dalam satu jaringan kabel yang sama.

Fungsi VLAN adalah sebagai berikut :

VLAN (Virtual LAN) sanggup berfungsi kurangi penumpukan knowledge yang dikirimkan acak atau tanpa tujuan yang jelas, supaya trafik pengiriman knowledge terhadap jaringan akan semakin lancar.
Fungsi lain nya sanggup menyederhanakan serta mempermudah pekerjaan dari seorang administrator jaringan untuk lakukan pekerjaan manajemen jaringan. Meskipun perangkat di pindahkan tidak membuat sebuah perangkat harus di reset atau di atur ulang, sebab telah di setting dan atur selalu terhadap Vlan tersebut. Jadi, Vlan ini sanggup kurangi selagi pengerjaan jaringan.
Vlan lebih terjaga kerahasian nya bersama kata lain sanggup membuat jaringan lebih private meskipun itu di dalam satu perangkat yang sama, bersama satu perangkat yang di dalamnya telah di setting atau konfigurasi Vlan, maka kita tidak harus belanja banyak perangkat.
Vlan Lebih aman supaya sanggup mengamankan jaringan kita dari jangkauan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, sebab tiap tiap Vlan telah di setting dan di konfigurasi untuk miliki alamat IP (IP address), Network dan Mac Address yang berbeda. Artinya tidak semua perangkat atau paket knowledge sanggup masuk, andaikan tidak ada ijin dari proses tersebut.

Jenis – style VLAN Secara Umum
a. Default VLAN

Default vlan merupakan VLAN yang telah terdapat sejak awal switch dihidupkan. sebelum saat diseting atau dikonfigurasi, terhadap semua port yang terdapat terhadap switch akan tergabung ke di dalam default VLAN dan sanggup tergabung di tiap-tiap VLAN. default VLAN adalah VLAN 1.

b. Data VLAN

Data VLAN adalah VLAN yang Cara Kerja VLAN nya semata-mata sesuaikan arus trafik knowledge terhadap VLAN.

c. Native VLAN

Native VLAN adalah VLAN yang akan dikembalikan ke suatu port andaikan vlan tidak di dalam bentuk trunking dan untagged.

d. Voice VLAN

Voice VLAN adalah VLAN yang terlalu mungkin menunjang VoIP serta dikhususkan untuk komunikasi knowledge suara (voice) terhadap VLAN.

e. Management VLAN

Management VLAN adalah konfigurasi VLAN yang peruntukan untuk management switch.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *