Cara Membersihkan Ac

cara membersihkan ac

cara membersihkan ac – Cara membersihkan AC wajib diketahui selain memiliki tujuan membuatnya lebih awet, terhitung supaya mutu udara dari pendingin area ini selamanya terjaga.

Lagipula kebersihan AC terhitung berpengaruh pada pemanfaatan energi listrik yang sanggup mengakibatkan Anda jadi boros.

Jika AC tidak rutin dibersihkan, maka kotoran, debu bahkan jamur dan bakteri yang menumpuk jikalau di bagian seperti ventilasi atau filter bakal mengakibatkan AC bekerja tidak optimal. Dan inilah yang mengakibatkan penggunaannya jadi lebih boros listrik.

Dan yang paling berbahaya adalah, sanggup jadi sumber polusi udara terhitung karena penumpukan virus dan bakteri seperti yang disebutkan sebelumnya.

Cara Membersihkan Ac

Kalau sudah begini, tak heran terkecuali bakal keluar berbagai jenis penyakit salah satunya adalah problem saluran pernapasan.

Bahkan di dalam sebuah penelitian didapatkan hasil bahwa tingkat polusi di dalam area sanggup raih 5 kali lebih tinggi dibanding polusi luar area lho…

Untuk diketahui, indikasi AC memiliki masalah dan saatnya dibersihkan tidak hanya pada debu atau kotoran yang menumpuk, tapi terhitung aroma tak enak hingga nada berisik yang ditimbulkan.

Tapi meski indikasi di atas tidak muncul, bukan artinya AC tidak wajib dibersihkan ya…

Dianjurkan untuk membersihkan pendingin area setidaknya sebulan sekali.

Dan tak wajib panggil tukang karena mulai ribet atau tidak bisa. Anda sendiri sanggup kok membersihkan AC bersama langkah yang mudah.

Proses pembersihan AC kebanyakan dibagi jadi dua:

Bagian kecil, yakni untuk unit indoor yang antara lain meliputi filter dan cover (penutup) AC. Bagian besar, yang sanggup meliputi bagian indoor seperti evaporator dan terhitung bagian outdoor.

Jika pembersihan kecil setidaknya ditunaikan dua minggu sekali, maka pembersihan besar sanggup ditunaikan hanya tiga bulan sekali.

Ini berlaku bagi jenis AC split yang selagi ini memang paling banyak digunakan, karena bentuknya yang praktis dan teknologi yang sesuai untuk keperluan rumahan.

Sesuai namanya, AC ini terpisah jadi dua, yakni unit pendingin yang dipasang di di dalam ruangan (indoor) dan unit pembuang panas yang dipasang di luar ruangan (outdoor).

Berikut adalah langkah membersihkan AC sendiri di rumah:
Cabut semua kabel ke sumber listrik

Sebelum mengawali pembersihan, Anda wajib mematikan AC bersama mencabut semua aliran listriknya.

Hal ini benar-benar penting mengingat air yang notabene ada di bagian AC merupakan penghantar listrik yang sanggup membahayakan Anda terkecuali terkena listrik.

Bila perlu, tutup terhitung bagian saklar bersama lakban untuk menahan cipratan air masuk ke lubangnya.

Bersihkan AC mulai dari bagian cover

Cara membersihkan AC rumah yang pertama adalah bersama mulai pada bagian penutupnya.

Untuk ini Anda sanggup menggunakan alat pembersih biasa seperti kemoceng, lap kering hingga vacuum cleaner untuk membersihkan debu di permukaan luar hingga ke bilah ventilasi.

Lalu Anda sanggup menggunakan lap yang sedikit basah (lembab), tujuannya untuk membersihkan sisa debu yang membandel dan tetap menempel.

Akhiri bersama menggunakan lap kering supaya air yang sesudah itu mengering tidak meninggalkan noda mengotori penutup AC.

Lepas dan membersihkan bagian filter

Untuk membebaskan bagian filter AC, Anda sanggup membaca buku petunjuk dan ikuti instruksi yang ada di sana ya…

Dan terkecuali sudah sanggup melepasnya, tersebut langkah membersihkan AC bagian filter:

Pertama, membersihkan debu bersama menggunakan mesin pengisap, kuas kecil yang tentu saja di dalam suasana bersih.

Kedua, cuci filter bersama air. Namun terkecuali memang kondisinya benar-benar kotor, Anda sanggup mencucinya bersama sabun cair pencuci piring, selanjutnya bilas hingga bersih dan keringkan filter. Kalau wajib jemur di luar rumah supaya sanggup kering maksimal.

Terakhir, jangan lupa untuk dilap lagi supaya tidak ada air dan debu yang tetap menempel.

Bagian filter ini merupakan salah satu bagian penting karena langkah kerja AC yang menarik semua udara ruangan, memprosesnya (mendinginkannya), sesudah itu meniupkannya kembali.

Nah, terkecuali filter AC di dalam suasana baik, udara yang ditiupkan lagi terhitung di dalam suasana yang bersih.

Bersihkan bilah evaporator

Masih di unit indoor, saatnya masuk bagian besar.

Sebelum jalankan pembersihan pada evaporator, pastikan untuk menutupi daerah lantai dan dinding di dekat AC.

Karena di dalam tahapan ini nantinya air kotor bakal menetes dan benar-benar mungkin mengotori lantai dan dinding di sekitarnya, jadi pastikan untuk menutupi daerah tersebut, bahkan terkecuali wajib sediakan ember untuk menampung kucuran air.

Barulah sesudah itu membersihkan evaporator bersama menggunakan cairan pembersih AC. Saat ini sudah tak sukar kok untuk beroleh cairan khusus ini.

Pengaplikasiannya adalah bersama disemprotkan ke bilah AC supaya kumparan evaporator jadi bersih.

Hati-hati ya di dalam jalankan langkah ini, karena partisi satu ini tidak sanggup di lepaskan dengan kata lain menempel ke unit AC, tidak serupa bersama bagian filter.

Jadi pastikan semprotan Anda pas sasaran dan tidak mengakibatkan kerusakan komponen lain.

Bersihkan bagian unit outdoor

Sekarang, kami berubah ke bagian outdoor.

Sekali lagi, pastikan kelanjutan ke listrik sudah dicabut ya.

Awali bersama membersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin bersama menggunakan kuas. Untuk daerah yang sempit Anda sanggup menggunakan sikat gigi yang berukuran lebih kecil.

Lalu saatnya membersihkan dari dalam. Dan di tahapan ini membutuhkan air.

Siramkan ke kisi-kisi AC dari segi depan tanpa membebaskan bagian kipas. Siramlah dari sela-sela kipas ke arah depan dan ke kiri, tapi jangan benar-benar ke kanan, karena ada mesin kompresor berupa kotak dan dilindungi plat seng.

Yang wajib diperhatikan adalah langkah menyiram. Usahakan untuk mengayunkan tangan agak kuat, artinya beri tekanan. Biasanya terkecuali menggunakan jasa tukang bersih AC, mereka bakal menggunakan mesin penyemprot khusus.

Tekanan selagi menyiram, bakal mengakibatkan air sanggup meresap ke daerah yang sukar dijangkau

Tak wajib ragu untuk memberi tekanan selagi menyiram, karena bagian ini sudah dirancang supaya air tidak enteng masuk ke komponen elektronik.

Penyiraman ini memiliki tujuan untuk merontokkan kotoran, jadi diperlukan tekanan supaya kotoran sanggup rontok semuanya.

Jika perlu, menggunakan air larutan deterjen, supaya unit ini sanggup benar-benar bersih.

Siram tetap hingga air siraman tidak lagi kotor. Dan di langkah terakhir menggunakan air bersih tanpa deterjen supaya tidak menyebabkan karat.

Terakhir, disaat sudah benar-benar bersih, pasang kisi plastik yang merawat kipas dan keringkan bagian luar bersama lap kering.

Nah, selain sadar langkah membersihkan AC, tentu Anda terhitung wajib sadar langkah merawat AC ya supaya lebih awet dan bekerja maksimal.

Berikut Cara Merawat AC supaya lebih tahan lama:
Gantilah filter AC tiap tiap 3 bulan sekali

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa filter adalah bagian penting pada AC.

Jadi selain dibersihkan, wajib terhitung untuk mengganti filter ini secara berkala.

Biasakan menggunakan AC pada selagi diperlukan saja

Artinya terkecuali sedang tidak di rumah sebaiknya matikan AC, dan baru nyalakan lagi begitu Anda sudah hingga di rumah.

Ketahui langkah yang pas selagi inginkan menyalakan AC

Tidak direkomendasikan menyetel AC segera ke suhu bersama level yang paling rendah. Karena langkah ini tidak bakal mengakibatkan ruangan lebih cepat dingin, dan justru hanya bakal mengakibatkan AC bekerja lebih berat.

Lakukan pemeriksaan rutin

Khusus untuk saluran yang menghubungkan unit di dalam dan luar rumah wajib dipastikan tidak ada kebocoran.

Jika ada, sanggup saja ditutup bersama isolasi khusus, tapi bakal lebih baik segera diganti saja.

Tips terakhir, supaya lebih hemat, Anda sanggup lho menampung air hasil kondensasi yang menetes di dekat unit outdoor untuk menyiram tanaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *