Cara Membuat Kliping yang Unik

Cara Membuat Kliping

Cara Membuat Kliping – Contoh Kliping –Kliping tentu bukan perihal yang asing bagi Anda bukan? Materi ini telah dulu disampaikan apalagi sejak di umur sekolah dasar.

Kliping masih saja dijadikan materi bahasa Indonesia untuk bermacam sekolah di Negara ini.

Jika dilihat dari bentuknya yang simple dan praktis, sebetulnya tampaknya sebabkan sebuah kliping dapat dibilang mudah, namun sebetulnya proses membuatnya tidak dapat sembarangan.

Ada banyak aturan dan termasuk sistematikanya sendiri yang kudu dipenuhi agar dapat menjadi sebuah karya yang standar dan baik serta mudah dipahami.

Kliping sendiri mempunyai lebih dari satu unsur di dalamnya yang kudu dibikin sedemikian rupa agar pembaca menjadi tertarik untuk mempelajari dengan mudah.

Namun, sayangnya banyak orang yang masih belum sadar secara mendetail berkenaan kliping dan bermacam ulasan atasnya serta bagaimana contohnya.

Padahal kliping adalah perihal yang kudu dilestarikan sebab ini termasuk budaya literasi yang terlalu baik untuk dipertahankan.

Namun, bersamaan dengan merambahnya budaya online waktu ini, kliping seolah tidak cukup mendapat perhatian dan tempat.

Oleh sebab itu, terhadap peluang kali ini bakal diulas berkenaan kliping dan bermacam perihal yang perihal dengannya.

Dengan ulasan berkenaan kliping berikut, dijamin Anda bakal makin mudah di didalam sadar kliping apalagi disaat kudu sebabkan contohnya.

Pengertian Kliping

Kliping merupakan salah satu kegiatan atau kegiatan yang di dalamnya memuat usaha menggunting bagian atau segi khusus yang tersedia terhadap sebuah Koran, buku, majalah atau novel untuk lantas ditempelkan terhadap kertas karton atau terhadap buku biasa.

Tujuan dari kliping sendiri adalah untuk dapat menggabungkan serta menghimpun suatu informasi atau ilmu didalam tema khusus yang awalnya berasal dari sumber yang banyak dan beragam, menjadi satu.

Gambar ataupun potongan-potongan cara membuat kliping dari artikel yang bakal dijadikan sebuah kliping kudu mempunyai isi serta pembahasan topik yang sama.

Misalnya saja waktu Anda hendak sebabkan kliping berkenaan tips kebugaran wanita. Maka Anda kudu melacak sumber-sumber yang perihal dengan tema tersebut untuk dijadikan sebagai suatu kesatuan kliping yang utuh.

Anda kemungkinan masih bertanya-tanya berkenaan bagaimanakah cara sebabkan kliping yang baik dan benar.

Selain itu, termasuk sedap dibaca oleh para pembaca nantinya. Anda tidak kudu risau sebab terhadap peluang tersebut ini bakal diulas berkenaan cara sebabkan kliping yang baik dan benar sekaligus bagaimana contoh-contoh klipingnya. Simak uraiannya di bawah ini.

Cara Membuat Kliping

Lantas bagaimanakah cara untuk dapat sebabkan kliping yang bagus dan benar? Sekalipun sebabkan kliping sendiri keluar seperti perihal yang mudah, bakal namun waktu Anda bakal sebabkan sebuah kliping, tersedia lebih dari satu cara atau tahap yang kudu dilewati sebelum akan pembuatan kliping tersebut dimulai.

Umumnya, bahan-bahan yang dipakai untuk pembuatan kliping awalnya berasal dari bermacam jenis tempat cetak seperti jenis majalah yang telah tidak digunakan lagi, lantas Koran yang telah tidak dibaca, novel, poster serta bermacam tempat cetak yang lain.

Namun, bersamaan dengan berkembangnya zaman, banyak orang di luar sana yang lantas melacak bermacam bahan untuk sebabkan kliping melalui tempat internet atau tempat online.

Media online sendiri sebetulnya terkesan memberi tambahan kemudahan akses kepada penggunanya tanpa kudu kesusahan melacak sumber dan termasuk menggunakan waktu.

Dengan internet, sumber dapat dibuka dengan terlalu mudah didalam waktu yang dapat dibilang singkat. Bahkan tidak sedikit termasuk sekolah atau bermacam perguruan tinggi yang menjadikan internet sebagai sumber primer untuk pembuatan kliping.

Sebenarnya, cara membuat kliping sendiri mempunyai fungsi yang terlalu banyak. Misalnya saja untuk guru yang telah memberi tambahan suatu tugas kepada para muridnya, tentu ini terlalu memberi tambahan fungsi sebab ada guru yang memerintahkan untuk sebabkan kliping tersebut dapat melatih kreatifitas yang dimiliki oleh sang murid tersebut berkenaan bagaimanakah cara yang baik dan kreatif untuk sebabkan kliping dan dari mana sumber serta hal-hal yang kudu terlalu dipelajari.

Dengan begitu, para murid bakal lebih banyak membaca serta mempelajari dan termasuk bertanggung jawab secara penuh atas amanah dan kepercayaan guru yang diberikan kepadanya untuk menyelesaikan tugas pembuatan kliping.

Setelah sadar secara mendalam berkenaan pengertian kliping beserta maksud serta obyek di dalamnya, maka sesudah itu bakal diulas berkenaan bagaimanakah cara untuk sebabkan suatu kliping yang baik dan termasuk benar sebagaimana EYD dan aturan baku di didalam bahasa Indonesia.

Di bawah ini bakal diterangkan berkenaan beberapa langkah yang kudu dijalankan waktu bakal sebabkan suatu kliping.

Tentukan tema

Hal pertama yang kudu dijalankan untuk pembuatan sebuah kliping adalah dengan memilih serta memilih tema.

Tujuan dari tema di sini adalah untuk memfokuskan karya kliping Anda dengan sumber utama yang perihal dengan tema tersebut. Hasilnya pun bakal lebih bagus waktu manfaatkan tema yang spesifik.

Untuk temanya sendiri alangkah baiknya jikalau ditentukan cocok dengan bidangnya masing-masing, umpama bidang industri, pertanian, kesehatan, teknologi, dan banyak bidang lain yang dapat dipilih untuk menjadi tema di didalam sebuah kliping.

Jika Anda telah selesai memilih tema terbaik, maka sesudah itu Anda kudu mendapatkan gambar yang berhubungan dengan tema yang Anda ambil dan memilih didalam kliping tersebut.

Apabila Anda mengambil tema berkenaan teknologi, maka Anda kudu mengambil gambar serta bermacam jenis artikel yang tersedia kaitannya dengan teknologi tersebut.

Dan pastikan gambar dan bermacam artikel yang Anda memilih adalah yang kualitasnya terbaik dan menarik serta mudah untuk dipahami.

Kumpulkan Data Dan Bahan Kliping

Setelah sukses mendapatkan tema yang tepat, maka cara sesudah itu yang kudu ditempuh adalah menghimpun bermacam knowledge serta bahan yang bakal Anda jadikan kliping.

Bahan-bahan yang dimaksud dapat dicari terhadap suatu tempat cetak seperti buku, surat kabar, majalah, koran, novel, dan bermacam jenis tempat cetak yang lainnya.

Dan Anda pun termasuk dapat mendapatkan sumber tersebut dari internet yang sudah pasti lebih praktis dan mudah.

Jika kebetulan Anda manfaatkan tempat berwujud internet untuk referensi knowledge serta bahan untuk kliping Anda, maka sebaiknya bahan yang mengenai tersebut dicetak dahulu agar kliping Anda nantinya bakal menjadi lebih baik dengan penampilan yang menarik.

Tentang tehnik untuk pengumpulan knowledge serta bahan sebaiknya untuk melacak dari jenis tempat cetak Anda coba menghimpun terasa tahun-tahun sebelumnya hingga tahun-tahun terbaru.

Jika tempat cetak seandainya koran dan lain sebagainya kebetulan tidak mempunyai gambar atau artikel sama sebagaimana tema yang dipilih, maka sebaiknya Anda manfaatkan akses internet saja untuk mendapatkan bahan serta knowledge yang diperlukan tersebut.

Ini bakal makin mempercepat cara membuat kliping Anda dan selamanya memberi tambahan hasil yang maksimal.

Siapkan Alat untuk Membuat Kliping

Setelah Anda sukses menghimpun bahan dan termasuk knowledge untuk proses pembuatan kliping dan termasuk telah menegaskan bahwa datanya telah lengkap dan terkumpul, maka cara seterusnya yang kudu Anda melakukan adalah menyiapkan alat yang diperlukan untuk proses pembuatan kliping.

Di pada alat-alat tersebut adalah gunting, garis, beserta lem yang bakal dipakai untuk sebabkan kliping.

Apabila Anda mengidamkan memberi tambahan hiasan terhadap kliping tersebut agar nantinya keluar lebih menarik, maka sebaiknya Anda memberi tambahan bermacam hiasan seandainya spidol berwarna agar nantinya terlalu dapat memberi tambahan penampilan yang terbaik dan sudah pasti lebih indah.

Sebelum Anda menggunting bahan-bahan yang hendak dibikin kliping, sebaiknya Anda menyiapkan kertas HVS atau volio terutama dahulu untuk tempat pembuatan klipingnya.

Di samping itu, Anda pun termasuk dapat menjadikan buku tulis atau buku gambar sebagai medianya. Untuk tempat menempel knowledge sebetulnya dibebaskan asalnya dapat digunakan untuk menempelkan.

Namun, usahakan untuk manfaatkan bahan-bahan yang tidak mudah sobek dan tahan lama agar klipingnya dapat selamanya bagus.

Gunting Bahan Kliping

baabun.comSetelah menyiapkan alat untuk sebabkan kliping, maka cara sesudah itu adalah menggunting gambar-gambar atau bermacam artikel yang telah disatuka sebelumnya. Kemudian tempelkan bahan-bahan kliping tersebut di atas kertas.

Untuk tata cara mengguntingnya sendiri Anda dapat manfaatkan garis manual dan dapat termasuk sebabkan suatu pola khusus di dalamnya.

Untuk satu ini tujuannya adalah meningkatkan kreasi pembuatan kliping Anda. Di samping itu, hasilnya termasuk bakal keluar lebih bagus.

Tempelkan Bahan Kliping

Setelah Anda sukses menggunting bahan dan sebabkan pola yang diinginkan, maka proses sebabkan kliping sesudah itu adalah dengan menempelkan bahan-bahan sebabkan kliping.

Namun sebelum akan itu, Anda kudu untuk menyusun gambar tersebut dengan lebih sistematis dan rapi.

Usahakan untuk menyusun berdasarkan th. terbitnya agar hasilnya termasuk bakal makin rapi dan bagus. Dan jangan lupa termasuk untuk menempelkan secara hati-hati bermacam artikel yang tadinya telah Anda dapatkan.

Baik itu yang sumbernya dari internet, koran, majalah, buku, novel dan lain sebagainya.

Jika Anda telah masuk ke cara menempelkan bahan ini, maka letak inovasi Anda adalah di sini cocok dengan selera dan kesukaan Anda.

Dalam cara ini, Anda termasuk disarankan untuk sebabkan hiasan khusus seandainya bunga atau hiasan jenis lain terhadap halaman utama kliping dan termasuk halaman yang lainnya.

Di samping hiasan jenis bunga, Anda termasuk dapat memberi tambahan pernak-pernik menarik lain cocok dengan apa yang di inginkan agar hasil klipingnya lebih baik dan menarik.

Cover untuk Kliping

Langkah sebabkan kliping sesudah itu adalah dengan sebabkan cover dari kliping tersebut. Namun sebelum akan ini, Anda sebaiknya menegaskan terutama dahulu bahwa penempelan kliping Anda telah rapi dan terlalu telah menempel.

Sesudah terlalu rapi dan lengkap, maka sesudah itu adalah sebabkan covernya. Adapun cover di sini tujuannya adalah untuk menarik perhatian dan rasa penasaran dari para pembaca untuk lantas membaca kliping yang telah dibuat.

Dalam pembuatan cover ini usahakan sebaik dan serapi kemungkinan agar terlalu dapat menarik hati pembaca. Usahakan pula sebabkan cover yang kekinian agar kelihatan lebih fresh dan indah.

Membuat Daftar Isi

Setelah selesai sebabkan cover untuk kliping, sesudah itu adalah sebabkan daftar isi. Oleh sebab itu, sisakan barang satu atau dua lembar terhadap halaman pertama untuk nanti dibikin sebagai daftar isi.

Di samping itu, berikanlah nomer terhadap bagian halaman footer HVS Anda agar lebih mudah bagi si pembaca sebab halamannya telah tercantum di didalam daftar isi.

Langkah sebabkan kliping ini tentu bakal menjadi perihal yang terlalu mudah bukan? Anda cuma kudu berkreasi secara independen agar kliping yang dibikin dapat menjadi lebih menarik dan sedap untuk dibaca banyak orang.

Sistem Penyusunan Kliping

Membuat kliping sebetulnya hampir sama dengan sebabkan suatu karya tulis. Ada sistematikanya tersendiri agar kliping tersebut dapat menjadi baik dan menjadi karya yang utuh.

Di samping itu, dikehendaki nantinya ia dapat menjadi karya yang tersusun dengan baik dan rapi. Nah, untuk memudahkan praktek pembuatan kliping, tersebut ini adalah ulasan berkenaan sistematika penyusunan kliping yang dapat dijadikan sebagai acuan.

Cover

Sistematika penyusunan kliping yang pertama adalah dengan sebabkan cover. Cover di sini adalah salah satu bagian yang kudu tersedia waktu Anda sebabkan sebuah kliping.

Hal itu sebab sebagai layanan agar kliping yang dibikin dapat kelihatan lebih menarik di harapan pembaca dan pada akhirnya mereka rela untuk membaca isinya lebih dalam.

Adapun tugas Anda adalah sebabkan cover atau biasa dikenal dengan sampul kliping yang dapat mengatakan total dari isi kliping tersebut agar pembaca dapat mengira-kira dan mudah didalam sadar total tema dari kliping yang dibuat.

Kata Pengantar

Sistematika cara membuat kliping sesudah itu sehabis sampul atau cover adalah kata pengantar. Sebenarnya, di didalam kliping sendiri kata pengantar jarang dimasukkan.

Namun, tidak tersedia salahnya kata pengantar ditambahkan terhadap kliping yang telah dibikin agar terasa lebih lengkap.

Dalam sebabkan sebuah kata pengantar, sebaiknya Anda membuatnya dengan baik dan benar cocok kaidah bahasa waktu Anda sebabkan sebuah bentuk karya ilmiah.

Daftar Isi

Sistematika penyusunan cara membuat kliping sesudah itu adalah pembuatan daftar isi.

Di didalam kliping, daftar isi terlalu diperlukan sebab ada daftar isi tidak menyulitkan para pembaca di didalam melacak artikel yang mengidamkan dibaca dan ditemui.

Dengan ada daftar isi, letak lembaran yang sedang dicari oleh pembaca dapat dilacak dengan mudah tanpa kudu kerepotan.

Di samping itu, daftar isi termasuk berfungsi di didalam menjadikan sebuah karya kliping menjadi lebih baik da suara nilai malah di dalamnya.

Pembahasan

Selanjutnya adalah isi cara membuat kliping atau pembahasan. Untuk bagian ini sebaiknya kudu cocok dengan tema serta judul yang telah dibuat.

Dengan begitu, pada judul dan isinya satu sama lain bakal saling berkaitan. Dan usahakan untuk bagian ini manfaatkan bahasan yang berbobot dan berkualitas namun selamanya menarik untuk dibaca. Dan jangan lupa pula untuk menampilkan sumber yang digunakan untuk memenuhi kliping tersebut.

Kesimpulan dan Saran

Sistematika dari pembuatan kliping sesudah itu sehabis pembahasan atau isi adalah pemikiran dan termasuk saran.

Kedua perihal ini amatlah perlu untuk tercantum di didalam kliping sebab agar pembaca dapat sadar pemikiran dari total kliping yang telah dipaparkan di pembahasan.

Selain itu, termasuk untuk sadar sudut pandang dari si pembuat kliping atas tema yang dijelaskan tersebut.

Daftar Pustaka

Selain itu, sistematika yang termasuk kudu tersedia di didalam sebuah kliping adalah daftar pustaka. Daftar pustaka di sini isinya adalah bermacam sumber yang dijadikan sebagai rujukan informasi di didalam pembuatan kliping Anda.

Dengan menyusun bermacam sistematika ini secara lengkap dan sistematis, maka Anda tentu bakal kelihatan handal dan termasuk professional.

Beberapa tips menyusun cara membuat kliping sistematis ini bakal menunjang Anda didalam sebabkan sebuah kliping yang sempurna dan mempunyai nilai tinggi.

Dengan begitu, informasi yang hendak disampaikan kepada pembaca pun termasuk dapat tersampaikan serta dimengerti dengan baik.

Dan untuk membuatnya lebih menarik, Anda dapat memberi tambahan hiasan yang menarik dan kekinian. Ini terlalu perlu untuk menghindarkan terhadap pembaca dari rasa jemu dan jemu waktu membaca kliping Anda.

Contoh Kliping Bencana Alam

Siapa sih di pada kita yang tidak mengingat bencana alam terbesar selama sejarah di Negeri ini, yakni bencana di Acah terhadap th. 2004 lalu yang merupakan bencana gempa serta tsunami paling dahsyat terjadi. Tepatnya di bulan Desember 2004.

Tsunami berlangsung di Aceh dengan kekuatan gempa yang terlalu besar, raih 8,5 SR tiap-tiap detiknya dan ketinggiannya raih 35 meter. Ini tentu terlalu dahsyat bukan.

Nah, sebetulnya bencana alam yang berlangsung seandainya di Aceh atau apalagi tempat lain di Negara ini memperingatkan kita seluruh untuk dapat beralih menjadi pribadi yang lebih baik ulang dan selamanya mematuhi perintahnya yang menguasai Langit dan Bumi.

Contoh Kliping Olahraga

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang permainannya dijalankan dengan cara berkelompok.

Kelompok tersebut umumnya bakal terdiri dari dua group yang tiap kelompoknya mempunyai lima pemain dan lebih dari satu kuantitas pemain cadangan yang tugasnya mengambil alih pemain inti waktu mereka kelelahan atau cidera.

Jika terdapat turnamen atau pertandingan basket, maka pertandingan ini terlalu menarik untuk ditonton sebab jenis permainan ini dapat dijalankan didalam ruangan tertutup dan dapat termasuk dijalankan di lapangan yang lumayan kecil khusus untuk permainan basket saja.

Di samping itu, permainan basket ini termasuk lebih menyatakan persaingan atau kerap disebut lebih kompetitif sebab tempo terhadap permainannya lebih cepat jikalau dibandingkan dengan permainan olah raga lain seperti sepak bola.

Jenis permainan bola basket termasuk menjadi salah satu cabang dari olah raga yang terlalu mudah dan digemari oleh pendudukan di seluruh dunia terutama penduduk Amerika. Di pada penduduk yang gemar memainkan jenis permainan ini adalah Indonesia, Eropa Selatan dan Lithuania.

Terdapat banyak kejuaraan bola basket yang kerap diadakan tiap tahunnya. Misalnya saja British Basketball league di kawasan Inggris, dan termasuk National Basketball Association di kawasan Amerika Serikat.

Contoh Kliping Seni Budaya

Musik adalah salah satu jenis suara atau suara khusus yang ditata dengan manfaatkan beragam cara dan termasuk suara agar ia mempunyai irama dan termasuk lagu yang melukiskan keharmonisan.

Misalnya saja suara yang dihasilkan oleh jenis alat musik seandainya biola, piano, gitar, suling dan bermacam jenis alat music lain yang dapat membuahkan suara nan indah.

Sekalipun musik adalah jenis sinyal intuisi untuk persembahan dan menciptakan sesuatu di didalam bentuk seni, music ternyata termasuk menjadi menandakan yang lumayan unik untuk membuahkan lebih dari satu jenis alat musik.

Setiap musik merupakan bagian dari kegiatan hidup manusia yang digunakan untuk layanan menuangkan perasaan serta tingkat kreatifitasnya.

Seni musik, di samping menjadi bagian khusus didalam kehidupan manusia, ia termasuk menjadi suara dan bunyi yang memberi tambahan kesan kepada sesuatu yang ditangkap oleh indera manusia.

Contoh Kliping Sejarah

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan kehidupan kerajaan dahulu di Indonesia serta menjadi salah satu jenis budaya Indonesia yang telah tenar dan termasuk tenar apalagi di seluruh dunia.

Candi besar nan megah ini menjadi bangunan candi Budha yang menjadi candi terbesar di dunia. Bahkan ia telah ditetapkan sebagai salah satu warisan yang diwarisi oleh budaya dunia UNESCO.

Candi ini mempunyai bentuk dan termasuk bentuk yang lumayan mewah dan tentu saja itu lantaran arsitekturnya yang lumayan unik.

Bahkan sebab saking uniknya, candi ini banyak menarik minat penduduk dunia untuk berkunjung ke salah satu warisan budaya Candi Borobudur yang indah dan menarik ini.

Bahkan, banyak sekali orang yang terasa tertarik dengan cerita yang tersedia di dalamnya.

Sejak HC Cornelius mendapatkan lokasi candi ini atas perintah dari Sir Thomas Stamford Raffles th. 1814, candi ini sukses mengambil perhatian dunia sejak waktu itu.

Kemudian penggalian tempat yang besar itu dilanjutkan oleh Hotman yang merupakan salah satu pejabat dari pemerintahan Belanda di jaman itu.

Akhirnya banyak arkeolog yang coba melacak sadar sebetulnya candi tersebut berasal dari mana.

Contoh Kliping Ekonomi

Hasil usaha dari pertanian merupakan salah satu jenis usaha yang membuahkan bermacam bahan pangan di Indonesia.

Negara Indonesia sebetulnya dikenal sebagai Negara agraris dimana tanah atau lahan subur menjadi tempat tumbuhnya bermacam jenis bahan pangan yang menjanjikan.

Dan sebab keadaan iklim serta lahannya yang terbaik itu, maka lebih dari satu besar mata pencaharian di Negara ini adalah petani.

Di pada bermacam jenis pangan yang dihasilkan dari pertanian di Indonesia adalah padi, jagung, sawit, cengkeh, kopi, sayuran, dan bermacam jenis buah-buahan.

Bahkan banyak dari product tersebut yang mempunyai mutu ekspor ke Negara lain. Maka tidaklah mengherankan jikalau dulunya penjajah tertarik untuk menguasai Indonesia beserta bermacam hasil pertaniannya.

Perdagangan

Adapun perdagangan adalah salah satu jenis usaha yang di dalamnya tersedia kegiatan menyalurkan barang memproses yang asalnya dari produsen kepada konsumen.

Dan pedagang tersebut pada akhirnya menjajakan suatu barang kepada konsumen. Sehingga, menurut usaha yang dilakukannya, pedagang adalah salah seorang perantara.

Ada lebih dari satu jenis pedagang yang tersedia di Negara ini, pertama adalah pedagang selamanya yang menjajakan dagangannya di lokasi yang tetap.

Biasanya pedagang dengan jenis ini telah mempunyai toko tersendiri. Kedua adalah pedagang asongan yang merupakan pedagang tidak tetap.

Biasanya jenis pedagang ini bakal berkeliling untuk menjajakan dagangannya. Adapun yang sesudah itu adalah pedagang kaki lima yang merupakan pedagang tidak selamanya atau berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Peternakan

Peternakan merupakan salah satu jenis usaha yang di dalamnya tersedia proses pelihara sesuatu untuk lantas diambil alih manfaatnya.

Di Indonesia sendiri tersedia lumayan banyak jenis hewan yang dijadikan ternak. Mulai dari sapi, kambing, burung, bebek, ayam, dan masih banyak ulang yang lainnya. Lantaran pangan yang lumayan mudah, maka banyak orang Indonesia yang memilih untuk menjadi peternak.

Perikanan

Perikanan adalah salah satu jenis usaha khusus dimana seseorang pelihara aneka jenis ikan dengan mutu dan spesifikasi tersendiri.

Jumlah ikan di Negara ini lumayan banyak dan melimpah. Sehingga tidak mengherankan jikalau usaha ini banyak lirik oleh masyarakat. Hasil perikanan sendiri didistribusikan ke bermacam Negara dan mempunyai mutu ekspor yang bagus.

Sehingga perikanan menjadi pendorong ekonomi di didalam Negara ini dengan nilai yang lumayan besar.

Demikianlah gambaran berkenaan kliping, terasa dari cara pembuatan serta contoh-contohnya yang dapat dijadikan sebagai acuan atau rujukan waktu Anda hendak melacak sadar berkenaan apa itu kliping dan mengidamkan sebabkan karya kliping yang serupa. Semoga berfungsi dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *