Contoh Memo

contoh memo

contoh memo – Memo merupakan keliru satu surat kecil yang memuat pesan singkat yang bertujuan kepada seseorang atau suatu kelompok. Biasanya memo dituliskan kalau pengirim sedang tidak tersedia di tempat.

Memo kebanyakan memuat pesan singkat yang bertujuan untuk mengarahkan pembaca untuk melaksanakan sesuatu. Contoh memo bisa saja besar kerap ditemui, lebih-lebih bisa saja dulu Anda buat.

Teknik penulisan memo memiliki susunan yang berbeda-beda dalam praktiknya. Umumnya, memo hanya ditulis bersama bagian mengisi yang memiliki panjang maksimal kurang lebih 5-6 baris saja. Akan tetapi, lebih dari satu ilmuwan di Inggris dan Amerika mengembangkan teks memo lebih detil dan komprehensif layaknya yang dituliskan di bawah ini.

Contoh Memo

Memo yang baik bukan masalah panjang atau pendek, namun paham atau tidak.

Cara Membuat Memo

Ketiklah kata “MEMORANDUM” atau “MEMO” terhadap bagian atas kertas yang Anda tulis. Ukuran tulisannya kurang lebih 18-22 dan memiliki huruf kapital semua. Adapun marginnya adalah 3 cm dan ditulis bersama huruf tebal (bold).contoh memo
Tulislah nama penerima memo bersama lengkap, boleh kepada group maupun individu perorangan. Kalau memo menjadi sarana komunikasi perusahaan (instansi) yang formal, maka penerima pun patut tercantum secara form Maka dari itu, tulislah nama lengkap dan gelar penerima memo jikalau itu perorangan.
Untuk memo online, tulislah nama penerima salinan Memo terhadap baris Cc (Courtesy of Copy). Jika tidak tersedia penerima Courtesy of Copy, maka isilah bersama menyertakan sinyal strip (-). Cc terhitung mampu menjadi pihak yang paham bahwa memo berikut telah dibikin dan mampu dikirim kepada penerimanya.
Tulislah nama Anda secara lengkap terhadap kolom nama penulis Memo.
Tulislah tanggal terhadap Memo berikut secara akurat.
Tentukan dan tulis subjek atau mengenai dalam memo dalam kolom “Subject” (untuk online) atau Perihal. Pastikan mengenai tidak amat panjang, memadai tulis 5-7 kata yang mampu mewakili.
Jika memo berikut dibikin terhadap atau atas nama perusahaan, Anda mampu mengimbuhkan kop surat di bagian atas, tepatnya di atas judul atau kata “MEMORANDUM”.

Menulis Badan (Isi) Memo
Lihat Audiens yang menjadi target Memo
Karena memo memiliki target pembaca yang spesifik, maka Anda harus perhatikan type bahasa, panjang, dan tingkat kebiasaan penjelasan yang bakal Anda sampaikan terhadap memo yang bakal ditulis. Hal berikut sehingga audiens mampu paham permasalahan yang sedang berlangsung dan mampu melaksanakan instruksi kelanjutan bersama baik. Pastikan memo yang Anda tulis dituliskan bersama bahasa yang lugas, sehingga mampu meminimalisir adanya pertanyaan atau penafsiran yang kurang paham dari penerima memo.
Jangan Memberikan sapaan amat Formal
Dalam menulis badan memo, tidak harus mencantumkan sapaan resmi kepada penerima memo. Hal berikut sehingga mengisi memo bersifat to the point, di mana instruksi maupun permasalahan dalam memo tidak bertele-tele.
Tuliskan Permasalahan yang Akan Dibahas
Pada paragraf pertama, tuliskanlah permasalahan yang sedang dihadapi dan bakal dibahas dalam memo. Permasalahan ini idealnya hanya 2 sampai 3 kalimat, sehingga pastikan permasalahan ditulis sesingkat mungkin.
Tambahkan Mulai Berlakunya Permasalahan yang Akan Dibahas Jika Ada
Anda terhitung mampu mengimbuhkan penegasan bersama berikan keterangan mulainya permasalahan berikut kalau ada. Misalnya, “Sejak Mei 2015, harga BBM telah naik dan pengaruhi harga product perusahaan ini.”
Jelaskan konteks dari isu yang Anda kemukakan dalam memo
Latar belakang bisa saja menjadi poin penting yang dibutuhkan audiens untuk paham permasalahan yang dihadapi. Cukup sampaikan hal-hal yang penting saja dalam memo yang Anda tulis. Jika relevan, Anda terhitung mampu menuliskan rancangan kebijakan yang bakal Anda berikan.
Berikan penjelasan terhadap mengisi (pembahasan) Memo untuk memperkuat instruksi
Jelaskan secara singkat rancangan yang bakal Anda lakukan. Anda terhitung mampu mengimbuhkan bukti pendukung yang mampu menjelaskan rancangan Anda kepada audiens.
Berikan instruksi atau usulan perintah terhadap pembaca Memo
Pada dasarnya, Memo memiliki kegunaan untuk berikan pandangan atau Info mengenai suatu permasalahan. Pada pembahasan memo terhitung dibutuhkan suatu instruksi yang paham untuk merampungkan suatu permasalahan yang ada. Di situlah Anda harus mengimbuhkan instruksi yang solutif terhadap pembaca memo.
Tutuplah memo bersama memberikan dukungan terhadap pembaca
Pada paragraf atau kalimat terakhir dalam memo kebanyakan dijelaskan cara konkrit untuk merampungkan suatu masalah. Dan jangan lupa Anda mampu memberikan dukungan terhadap pembaca sebagai bentuk solidaritas atau rancangan tindak lanjut.

Cara Menutup Memo

Dalam penutupan memo ini, hendaknya Anda paham format memo bersama baik. Hal berikut mampu menolong Anda dalam meninjau ulang memo Anda sebelum saat dipublikasikan kepada pembaca.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

Pakai format standar sehingga memo enteng dan nyaman
Ketik memo bersama format sebagai berikut: font Times New Roman atau Arial atau Calibri dengan ukuran 12, line spacing 1,15 atau 1,5 dengan spacing before after 0. Untuk ukuran kertas  margin kiri, kanan, atas, dan bawah sepenuhnya adalah 3 cm. Format berikut adalah format umum yang digunakan oleh perusahaan dalam menulis Memo.
Periksa ulang memo Anda
Sebelum memo dikirim, alangkah baiknya Anda mengecek ulang untuk menegaskan bahwa isinya telah benar, jelas, singkat, dan persuasif. Memo mampu selesai kalau telah mencukupi standar penulisan yang tepat. Hilangkan terhitung Info berlebihan dan jargon yang tidak dibutuhkan atau tidak relevan.
Berikan paraf di samping nama Anda
Berilah paraf di bagian bawah memo disamping nama atau inisial Anda. Memo tidak harus ditandatangani, memadai bersama paraf telah perlihatkan persetujuan dari Memo yang Anda tulis. Dan jangan lupa periksa ulang ejaan, tata bahasa, dan pembahasan yang keliru atau yang tetap kurang. Perhatikan terhitung penulisan nama, tanggal, angka, dan nama instansi kalau ada.
Tentukan cara pengiriman dan publikasi Memo
Dalam perihal pengiriman memo terhitung harus Anda perhatikan. Memo mampu dikirimkan kepada penerima lewat surat elektronik (e-mail). Atau Anda terhitung mampu mengirmkannya bersama cara dicetak lantas ditempel di tempat yang strategis, atau kerap dikunjungi oleh para pembaca.
Contoh Memo dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional, sehingga memo instansi atau institusi berskala internasional bakal memakai Bahasa Inggris.

Cara penulisan memo dalam bahasa Inggris tetap sama, hanya saja memakai bahasa Inggris yang lugas dan enteng dipahami.

Di bawah ini tercantum semisal memo berbahasa Inggris dan artinya.

MEMORANDUM

TO: All Head Person of  Company Divisions
CC: Peter Spielberg
FROM: Yedlin Suarez, Head of Director
DATE: 23 March 2017
SUBJECT: DIVISION STAFF ROLLING

Since our company regenerations must be fullfilled on 1 may 2017, we shall to roll plus replot our staff on all divisions. And our company have stagnant progress on marketing plus production matters.

Every staff on this company divisions must rolled each other to stimulate our company marketing plus production progress.

All Staf Head Person must roll their staff to other divisions before the dateline. All Staff Head Person must be coordinated together to replot their new staff.

This decision is emergency plus must be fullfiled for our company wealth.

I’ll very open to discuss plus consultate to realize this program.

Sincerely,

Yedlin Suarez
Head of Director

Artinya:

MEMORANDUM

Penerima: Semua Kepala Divisi Perusahaan
CC: Peter Spielberg
Pengirim: Yedlin Suarez, Kepala Direktur
TANGGAL: 23 Maret 2017
SUBYEK: ROLLING STAFF DIVISI

Karena regenerasi perusahaan harus dipenuhi sejak 1 Mei 2017, kami harus merombak dan mengganti staf kami di seluruh divisi. Dan perusahaan kami mengalami kemajuan stagnan dalam perihal pemasaran dan masalah produksi.

Setiap staf di divisi perusahaan ini harus diplot ulang satu serupa lain untuk menyebabkan kemajuan memproduksi perusahaan kami.

Semua Kepala Staf harus mengeplot ulang staf mereka ke divisi lain sebelum saat dateline. Pergantian posisi harus dikoordinasikan bersama oleh Kepala Staf.

Keputusan ini berbentuk darurat dan harus dipenuhi demi kelangsungan perusahaan kita.

Saya bakal amat terbuka untuk berdiskusi dan berkonsultasi untuk mewujudkan program ini.

Hormat kami,

Yedlin Suarez
Kepala Direktur

***

MEMO

TO: Rene Janlapova Andreich
CC: –
FROM: Audrey Stevens
DATE: 7 August 2018
SUBJECT: OUR PARTY PREPARATION

Rene, today is three days before our party will held. Please prepare the decoration plus audience consumtions for our party. Also, please make the invitation letter to our guests. Tell me if you have any difficulties. Thank you!

With love,

Audrey Stevens

Artinya:

MEMO

UNTUK: Rene Janlapova Andreich
CC: –
DARI: Audrey Stevens
TANGGAL: 7 Agustus 2018
PERIHAL: Persiapan pesta kita

Rene, pesta kami kurang tiga hari lagi. Tolong siapkan dekorasi dan konsumsi peserta. Tolong membuat undangan pesta juga. Kabari aku kalau tersedia kesulitan. Terima kasih!

Dengan cinta,

Audrey Stevens

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *