Contoh Paragraf Deskripsi

contoh paragraf deskripsi

contoh paragraf deskripsi – Paragraf deskriptif adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu bersama paham supaya pembaca seolah-olah membuktikan atau mengalami sendiri perihal atau peristiwa yang digambarkan. Dalam menulis paragraf deskripsi, penulis dituntut untuk menjabarkan objek yang telah dilihatnya secara detail. Aspek-aspek yang menjadi pemaparan penulis didalam karangannya mampu berwujud keadaan, tempat, sifat dan perasaan.

Paragraf atau teks deskriptif mampu pula disebut paragraf pemerian dikarenakan paragraf selanjutnya bertalian bersama usaha untuk beri tambahan perincian-perincian dari objek yang tengah dibicarakan atau diamati. Oleh dikarenakan itu benar-benar pas kalau paragraf deskriptif senantiasa digunakan untuk menggambarkan objek-objek hasil observasi.

Pada peluang kali ini kita bakal studi tentang contoh-contoh paragraf gambaran yang bertopik tentang lingkungan, sekolah, hewan atau binatang, manusia, tumbuhan dan benda baik didalam wujud paragraf panjang maupun paragraf singkat. Untuk itu, silakan kalian review penjelasan selanjutnya ini. Selamat membaca dan belajar.

Contoh Paragraf Deskripsi Tentang Lingkungan

Contoh 1:
Keindahan Alam Pantai Pangandaran
Ketika berada di pantai, pasti tersedia keinginan untuk me nyaksikan matahari terbit dan matahari terbenam. Begitu pula, ketika berada di Pantai Pangandaran, Jawa Barat, matahari terbit dan terbenam mampu disaksikan bersama indah. Bentuk semenanjung dari Pantai Pangandaran memicu kita mampu nikmati matahari terbit di sisi pantai timur dan tenggelam di sisi pantai barat.contoh paragraf deskripsi

Pemandangan Pantai Pangandaran benar-benar memesona. Di sebelah kanan keluar perbukitan yang memanjang. Sementara itu, di sisi kiri terdapat perkampungan nelayan bersama bermacam perahu tradisional. Selain itu, di sisi kanan pun terdapat hutan cagar alam Pananjung yang dipakai sebagai penyangga ekosistem sekaligus tujuan wisata.

Di pantai ini pun banyak dipenuhi kios cinderamata, peng inapan, dan toko kelontong. Hal ini benar-benar menarik kalau mengabadikan pantai bersama kawan atau keluarga didalam media foto atau video. Selain itu, perihal ini pun mampu dijadikan pengalaman yang tidak bakal terlupakan.

Contoh 2:
Tanjung Lesung Resort
Liburan panjang kemarin kamu pergi ke Tanjung Lesung Resort. Air laut yang tenang memberi keindahan tersendiri waktu memandangnya dari teras Krakatau Bar, Tanjung Lesung Resort. Sebuah pemandangan yang menakjubkan, serasa berada persis di bibir pantai dikarenakan pantulan warna air dari kolam renang di depan bar seakan menyatu bersama air laut. Tak terlalu berlebih kalau banyak yang menggambarkan keindahan pantai ini laksana surga.

Contoh 3:
Sungai Yeh Ayung
Sungai Yeh Ayung adalah sebuah sungai terpanjang di Bali. Dengan panjang 68,5 km, sungai ini lewat Kabupaten Bangli, Badung, Gianyar, dan Kota Denpasar. Muara sungai ini terdapat di sebelah utara Pantai Padang Galak, Sanur. Sedangkan hulu sungai berada di Kintamani, Bangli.

Di kawasan Gianyar, Sungai Ayung dimanfaatkan untuk wisata rafting atau arung jeram. Sungai ini sebenarnya dikenal punya arus yang deras dan menantang supaya banyak yang dambakan jalankan arung jeram disana. Air dari sungai ini termasuk dimanfaatkan petani untuk mengairi sawah di sekitarnya bersama sistem Subak.contoh paragraf deskripsi

Contoh 4:
Keindahan Kota Magetan
Aku adalah seorang masyarakat dari salah satu kota yang tersedia di Indonesia. Kota yang saya tempati adalah sebuah kota kecil tapi benar-benar indah yakni bernama kota magetan. Mungkin dikarenakan saking kecilnya kota ini memicu nama ini begitu asing bagi telinga kalian. salah satu kota yang menjadi batas antara Jawa Timur bersama Jawa Tengah.

Yang berada pas di bawah lereng Gunung Lawu, dikarenakan termasuk didalam lokasi pegunungan kota ini benar-benar segar dan sejuk. Sehingga kota ini punya julukan ASRI yakni Aman, Segar, Rindang dan Indah. Selain itu kota ini termasuk punya salah satu tempat wisata andalan yakni Telaga Sarangan.

Kota magetan adalah salah satu kota yang sepi penduduk, misalnya telah memasuki malam setelah  Isya kota ini bakal sepi. Walaupun kalian tengah berada di tempat perkotaan, kalau untuk hari sabtu malam, terlebih di alun alun. Kota ini punya satu alun-alun bersama luas sekitar 800 m persegi yang berada pas di depan Masjid Agung.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Sekolah
Contoh 1:
Taman Depan Sekolahku
Taman depan sekolahku tampak sederhana. Bentuknya seperti parabola yang disandarkan miring ke pagar depan. Pada posisi tengah dibentuk kolam kecil, arena bermain ikan emas dan gurame, sedangkan di kanan kiri kolam tersedia batu bulatan yang menyerupai pagupon. Amat unik.

Taman ini tidak luas, lebih-lebih mampu dikatakan benar-benar kecil kalau dibandingkan luas pekarangan sekolah. Lebih tidak cukup 40m2 terlihat makin lama indah bersama aneka ragam bunga yang menghuninya.

Sebelah kiri dan kanan pohon palm, 4 m tingginya. Daunnya cukup lebat berdampingan bersama batu pagupon. Tepat di samping kiri, nyaris batas taman terdapat pohon cemara. Setiap pohon palm dan pohon cemara termasuk batu pagupon tadi, dikelilingi bunga-bunga yang berwarna-warni.

Contoh 2:
Lapangan Sekolah
Lapangan sekolah kita berada pas di tengah-tengah gedung sekolah. Di tiap tiap sisi lapangan terdapat taman-taman kecil bersama aneka bunga dan tumbuhan lainnya. Lapangan selanjutnya berukuran 1/2 100 x120 meter. Lumayan luas, bukan?

Selain untuk upacara penaikan bendera, kadang kita mengfungsikan lapangan selanjutnya untuk bermain basket atau sepak bola. Di sebelah utara, tepatnya di dekat kelas kami, terdapat tiang bendera. Adapun di sebelah timur dan barat terdapat ring basket. Di bagian-bagian khusus tersedia lubang yang berguna sebagai pancang tiang untuk net voli atau net sepak takraw.

Contoh 3:
Keadaan Sekolah di Pagi Hari
Ruangan itu tetap tampak sepi ketika saya datang. Hanya tersedia tiga orang murid, termasuk aku. Di luar sana, tepatnya di halaman, hanya tersedia sebagian anak tengah ngobrol. Pak Samin, tukang kebun sekolahku, keluar tengah menyapu halaman. Sementara, Pardi, anaknya yang baru berumur lima tahun, keluar ikut menolong ayahnya menyiram tanaman. Makin siang, makin lama banyak murid yang datang. Beberapa diantaranya langsung masuk keruangan mereka. Ada termasuk yang datang ke kantin atau sekadar duduk di taman sambil membaca buku.

Contoh 4:
Tiang Bendera
Sekolahku punya tiang bendera bersama tinggi sekitar 7 meter. Letaknya berada di sebelah barat lapangan. Tiang selanjutnya terbuat dari besi dan dicat putih. Di bawahnya terdapat podium berukuran besar bersama bahan batu granit. Konon junior di sekolah ini dilarang menginjak podium itu. Jika melanggar, bakal dikenakan sanksi oleh OSIS sekolah. Setiap hari Senin diselenggarakan upacara bendera. Bendera kemudian diturunkan terhadap sore harinya.

Contoh 5:
Keindahan Sekolahku
Sekolahku punya kawasan bersih dan benar-benar indah, dan punya hawa yang sangar sejuk. Karena sekolah selanjutnya berada pas di bawah lereng Gunung Merapi. Yang punya halaman parkir dan bola voli yang luas terhadap bagian depan sekolah. Pada bagian samping kiri sekolah ditumbuhi oleh bermacam macam tumbuhan, supaya melengkapi keindahan sekolahku.

Karena termasuk sekoah favorit, lantai semua ruangan terhadap sekolahku telah memakai keramik. Sekolahku memililki sekitar 30 area kelas, supaya sekolahku keluar luas. Karena semua area kelas berada pas di atas tanah atau tidak di tingkat.

Sekolahku punya sebuah masjid yang biasa digunakan sholat oleh guru maupun para siswa. Bukan hanya itu masjid di sekolahku termasuk biasa digunakan untuk kegiatan sekolah. Seperti halnya pondok ramadhan, persentasi atau untuk pelajaran agama.

Karena termasuk sebagai salah satu sekolah yang maju, sekolahku punya 4 laboraturium yang berbeda. Warna seragam olahraga merah hitam menjadi ciri khas dari sekolahku. Selain itu waktu masuk tercepat termasuk menjadi salah satu keunikan dari sekolahku.

Contoh Paragraf Deskriptif Tentang Hewan
Contoh 1:
Blacky
Aku punya kucing bernama Blacky, dia berwarna hitam pekat bersama mata yang benar-benar putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus. Blacky benar-benar senang bermain bola dan gemar memakan ikan dan nasi. Blacky senantiasa menjaga kebersihan bersama pipis di tempat yang telah disediakan. Itulah Blacky kucing keakunganku.

Contoh 2:
Gajah
Gajah adalah mamalia darat terbesar yang dikenal dikarenakan punya belalai dan gading. Gajah merupakan hewan herbivora yang mampu memakan semua jenis vegetasi seperti rumput, daun, dan buah. Hewan ini punya kulit berambut tipis, empat kaki, punya ekor, dan bertelinga lebar.

Gajah kebanyakan hidup berkelompok. Karena punya daun telinga yang lebar, pendengaran gajah menjadi benar-benar peka supaya mampu mendengar nada dari jarak sekitar sepuluh kilometer. Hewan ini termasuk hewan langka yang dilindungi. Banyak pemburu mengincar gajah dikarenakan harga gadingnya yang benar-benar mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *