Contoh Simbiosis Parasitisme

contoh simbiosis parasitisme

contoh simbiosis parasitisme – tersedia 3 macam simbiosis secara umum diantaranya ialah hubungan yang saling menguntungkan, hubungan yang untungkan antara tidak benar satu pihak tapi pihak yang lain tidak dirugikan, dan hubungan yang untungkan tidak benar satu pihak tapi pihak lainnya dirugikan

Contoh Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang erat dan khusus antara dua makhluk hidup yang untungkan tidak benar satu pihak, sedangkan pihak lainnya dirugikan. oleh dikarenakan itu kami harus mengetahui contoh-contoh simbiosis parasitisme, untuk hindari akhluk-makhluk yang merugikan ini

Disamping itu tentunya tersedia banyak makhluk hidup yang lakukan simbiosis parasitisme ini. Berikut bakal kami berikan semisal semisal simbiosis parasitisme yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber.contoh simbiosis parasitisme

Hubungan Antara Nyamuk bersama Manusia

Hubungan nyamuk dan manusia tentunya sudah sanggup kami tebak sesudah membaca judulnya. yup simbiosis parasitisme. Hubungan yang terjadi antara keduanya yaitu sementara nyamuk menggigit lalu menghisap darah manusia.

tidak hanya itu tipe nyamuk khusus seperti Aedes Aegypti memberikan efek terhadap manusia berbentuk penyakit demam berdarah.

Dalam hubungan keduanya yang mendapatkan keuntungan sebatas nyamuk, sedangkan manusia mengalami kerugian bereupa hilangnya darah, tidak hanya itu manusia termasuk sanggup berujung terhadap kematian.

Hubungan Antara Manusia bersama Cacing Pita

Cacing pita merupakan cacing yang miliki wujud yang rata, serupa bersama pita dan miliki ruas-ruas terhadap tubuhnya.

Hubungan yang terjadi antara keduanya adalah sementara cacing pita berada terhadap proses pencernaan manusia dan merugikan manusia.

Kenapa?

Karena bersama keberadaan cacing pita, manusia bakal kehilangan sari makanan perlu bagi manusia untuk jadi energi.

Dalam hubungan keduanya yang mendapatkan keuntungan sebatas cacing pita, sedangkan manusia mendapatkan kerugian berbentuk sari makanan yang bermanfaat sebagai metabolisme.

Baca Juga: Contoh Contoh Simbiosis Komensalisme

Hubungan Antara Manusia bersama Cacing Tambang

Cacing tambang adalah cacing parasit (nematoda) yang hidup pada usus kecil sebagai inangnya. Hubungan antara keduanya serupa layaknya hubungan manusia bersama cacing pita.

hal itu terjadi sementara cacing tambang menuju usus lalu menyerap darah terhadap tubuh manusia. Dalam hubungan keduanya yang mendapatkan keuntungan sebatas cacing tambang.

Sedangkan manusia yang didapatkan sebatas kerugian dikarenakan cacing pita menyerap darah manusia, sehingga sanggup memicu manusia kekurangan darah atau anemia.

Hubungan Antara Sapi bersama Cacing Hati

Cacing hati (Fasciola Hepatica) merupakan cacing yang miliki 2,5 cm sampai 3 cm dan lebar 1 cm sampai 1,5 cm. Hubungan di antara keduanya adalah sementara cacing hati menuju ke hati sapi dean mendapatkan makanan dari sapi.

Hubungan di antara keduanya hanya diuntungkan oleh cacing hati, sedangkan sapimengalami kerugian dikarenakan kesehatannya bakal terganggu dan diserang penyakit.

 

Hubungan Antara Kutu bersama Hewan

Kutu merupakan organisme yang berukuran kecil yang menghisap darah makhluk hidup sebagai makanannya. Hubungan yang terjadi di antara keduanya adalah sementara kutu hinggap terhadap tubuh hewan, seperti

sapi,
kerbau,
anjing, dan
kambing.

Hubungan di antara keduanya hanya untungkan kutu, sedangkan hewan mengalami kerugian dikarenakan darahnya yang dihisap.contoh simbiosis parasitisme

Hubungan Antara Kutu Daun bersama Tumbuhan

Kutu daun (afid atau aphid) merupakan serangga kecil yang memakan getah tanaman. Biasanya makhluk ini hidup berkelompok dan  merupakan hama tanaman. Kutu daun umumnya berada di tumbuh-tumbuhan dan merugikan tumbuhan yang ia tempati.

Hubungan di antara keduanya yang mendapatkan keuntungan sebatas kutu daun, sedangkan tumbuhan mengalami kerugian dikarenakan diserap oleh kutu daun.

Hubungan Antara Kutu bersama Manusia

Kutu yang hinggap terhadap manusia umumnya ditemukan terhadap area kepala. Hubungan di antara keduanya serupa layaknya hubungan kutu dan hewan. keberadaan kutu terhadap kepala manusia bakal mengundang rasa gatal yang memicu manusia tidak mulai nyaman.

Hubungan di antara keduanya hanya diuntungkan oleh kutu, dikarenakan kutu mendapatkan makanan dan area tinggal di rambut kepala.

Hubungan Antara Benalu bersama Tumbuhan Inangnya

Hubungan antara keduanya terjadi sementara benalu yang merupakan tanaman parasit yang menumpang terhadap inangnya. Hubungan di antara keduanya hanya diuntungkan oleh benalu. Karena mengambil alih air dan mineral dari inangnya dikarenakan benalu tidak miliki akar.

Sementara tumbuhan inangnya bakal dirugikan dikarenakan kehilangan air dan mineral yang digunakan untuk proses fotosintesis sehingga menahan proses perkembangan inangnya.

Hubungan Antara Tali Putri bersama Tumbuhan Inangnya

Saat awal-awal kemunculannya, tali putri tidak mengganggu bersama tumbuhan inangnya, tapi lama kelamaan tumbuhan ini, membelit, sesudah itu melilit tumbuhan inangnya.

Hubungan di antara keduanya merugikan tumbuhan inangnya dikarenakan kebutuhan, mineral, air, serta nutrisi dari inangnya diambil alih oleh tumbuhan ini.

Tidak hanya menghisap sedikit dari nutrisi inangnya, tumbuhan ini termasuk beradu terhadap inangnya di dalam hal memperebutkan area serta bagian cahaya matahari bersama inangnya.

Hubungan di antara keduanya untungkan terhadap tali putri sedangkan tumbuhan inangnya dirugikan bersama keberadaan parasit ini.

Hubungan Antara Bunga Rafflesia Arnoldi bersama Inangnya

Bunga Raflessia Arnodi merupakan bunga langka yang sanggup ditemukan di area Bengkulu, Sumatera. Bunga ini merupakan parasit yang merugikan tumbuhan inangnya.

Hubungan di antara keduanya untungkan bunga Raflesia arnoldi yang mendapat makanan dari hasil fotosintesis tanaman inangnya. Sedangkan Inangnya menglami kerugian berbentuk terambilnya hasil fotosintesisnya oleh rafflesia arnoldi.

Hubungan Antara Alang-Alang bersama Tanaman Produksinya

Hubungan antara alang-alang bersama tanaman produksinya merupakan simbiosis parasitisme. dikarenakan alang-alang termasuk tanaman gulma yang biasa digunakan terhadap budidaya produksi. Meski begitu alang-alang merugikan tanaman memproduksi tersebut.

Hubungan di antara keduanya hanya diuntungkan terhadap alang-alang dikarenakan mendapt air, mineral dan cahaya matahari. Sedangkan tanaman memproduksi mengalami kerugian dikarenakan mendapat saingan di dalam mendaatkan air mineral.

selain itu tanaman memproduksi termasuk dirugikan dikarenakan alang-alang termasuk menyebarkan senyawa yang memiliki kandungan racun.

Hubungan Antara Kelelawar Vampir bersama Hewan Mamalia

Kelelawar vampir atau vampire bat adalah tipe kelelawar penghisap darah yang umumnya menghisap darah terhadap hewan mamalia yang ditemuinya. dikarenakan itu, hubungan di antara keduanya merupakan hubungan simbiosis parasitisme.

Hubungan di antara keduanya juga, hanya diuntungkan kelelawar vampir. Sedangkan hewan mamalia yang jadi obyek Kelelawar ini mengalami kerugian dikarenakan berkurangnya darah mereka yang dihisap.

Hubungan Antara Lalat Buah bersama Buah

Hubungan di antara lalat buah bersama buah merupakan hubungan simbiosis parasitieme. dikarenakan terdapatnya lalat buah terhadap buah bakal merugikan buah tersebut. Why?

karena lalat buah bakal bertelur dan berkembah di di dalam buah tersebut.

Sedangkan kerugian yang terkandung terhadap buah memicu buah membusuk dan tidak sanggup dikonsumsi manusia.

Hubungan Antara Tikus bersama Petani

Hubungan antara tikus dan petani merupakan hubungan simbiosis parasitisme. Hal berikut terlalu mulai bagi penghasilan para petani yang menurun.

Why?

Karena terdapatnya tikus terhadap lingkungan sawah sanggup merugikan para petani dikarenakan sanggup menyerang padi.

jadi, terhadap hubungan keduanya yang mendapatkan keuntungan sebatas para petani yang padinya konsisten dimakan tikus. tapi tahukah kamu kecuali tersedia burung hantu disekitar sawah bakal lebih untungkan para petani?

karena burung hantu yang berada di kurang lebih sawah bakal memangsa tikus-tikus tersebut. hubungan antara petani dan burung hantu merupakan simbiosis mutualisme

Hubungan Antara Jamur Panu bersama Manusia

Mungkin kamu sudah mengetahui apa itu panu, tapi tahukah kamu hubungan di antara keduanya merugikan bagi manusia.

Why?

Karena jamur panu mendapat area tinggal dan mendapat makanan dari protein kulit manusia.

Sedangkann manusia bakal dirugikan dikarenakan bersama terdapatnya jamur ini memicu manusia merasakan gatal-gatal yang tidak nyaman. Selain itu terdapatnya jamur ini termasuk memicu warna belang terhadap tubuh kita.

Hubungan Antara Jamur Rhinosporidium Seeberi dengan Manusia

Jamur Rhinosporidium Seeberi merupakan jamur yang menyerang melalui air. Hubungan antara Jamur Rhinosporidium Seeberi merupakan hubungan simbiosis  parasitisme.

 

Why?

Karena Jamur ini umumnya masuk terhadap tubuh manusia melalui kelenjar mata, kulit, dan anggota tubuh lainnya. obyek jamur ini adalah sehingga sanggup berkembang biak di dalam tubuh manusia.

Siapakah yang diuntungkan?

yang diuntungkan hanyalah Jamur Rhinosporidium Seeberi, sedangkan manusia hanya mendapatkan kerugian dikarenakan jamur ini bakal memicu manusis diserang penyakit.

Hubungan Antara Serangga Triatomine bersama Manusia

Serangga triatomine merupakan tipe serangga yang berada terhadap lokasi Amerika Tengah dan Amerika Selatan.  Hubungan antara serangga triatomine bersama manusia merupakan hubungan simbiosis parasitisme.

Hal tersebu terjadi sementara serannga ini menempel terhadap kulit manusia dan menggigitnya sehingga memicu manusia diserang penyakit.

Siapakah yang diuntungkan?

yang diuntungkan sebatas serangga triatomine dikarenakan mendaptkan sari makanan dari manusia. Sementara manusia diserang banyak penyakit, layaknya memicu gagal jantung, peyakit trypanosoma cruzi, pembearan esofagus dan pembesaran usus.

Hubungan Antara Ikan Pearl bersama Timun Laut

Hubungan antara ikan pearl dan timun laut merupakan hubungan simbiosis parasitisme. Ikan pearl umumnya hidup di dalam membran pernapasan atau kloaka timun laut. Caranya yaitu bersama masuk melalui anus sesudah itu menuju kloaka.

Siapakah yang bakal diuntungkan?

Yang diuntungkan sebatas ikan pearl, dikarenakan begitu sampai kloak timun laut ikan pearl bakal memakan jaringan dan gonad dari timun laut. Sementara timun laut bakal dirugikan bersama keberadaan ikan pearl di dalam tubuhnya.

Hubungan Antara Paus bersama Teritip

teritip adalah artropoda anggota infrakelas Cirripedia, subfilum Crustacea, sehingga berkerabat bersama kepiting dan udang. teritip termasuk merupakan semacam antropoda yang hidup di laut khususnya di laut dangkal atau pakai yang bergelombang kuat. Hubungan antara paus dan teritip merupakan hubungan simbiosis parasitisme.

Why?

Karena teritip umumnya hidup di dalam tubuh ikan paus sehingga terhadap paus memicu rasa gatal dan rasa tidak nyaman.

Siapakah yang diuntungkan?

yang diuntungkan adalah teritip, sedangkan paus sebatas mendapatkan kerugian.

Hubungan Antara Lintah bersama Organisme Hidup Lain

Lintah merupakan organisme parasit, umumnya hidup terhadap area yang berlembab. hubungan antara lintah bersama organisme hidup lain adalah hubungan sibiosis parasitisme.

why? Karena

lintah sanggup hidup menempel dan masuk terhadap makhluk hidup sesudah itu menghisap darahnya

Selain itu lintah termasuk mendapat area tinggal. Sedangkan Organisme lain yang ia tinggali mengalami kerugian. Karena terdapatnya lintah memicu organisme berikut kekurangan darah lebih-lebih sanggup memicu kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *