Inilah Penyebab Dan Cara Menghilangkan Trypophobia

inilah penyebab dan cara menghilangkan trypophobia

inilah penyebab dan cara menghilangkan trypophobia – Nggak lebay, sesungguhnya ada sebagian orang yang bakalan ngerasa mual, gatal, dan gejala nggak sedap lainnya tiap mereka memandang gambar bersama banyak lubang. Dan ini disebut bersama penyakit trypophobia.

Beberapa tahun yang selanjutnya terkecuali nggak keliru ulang rame banget kasus penyakit trypophobia ini. Banyak orang yang ngerasa takut, jijik atau geli selagi memandang suatu gambar yang menampilkan banyak lubang. Dan sayangnya, ada banyak orang terhitung yang entah hanya bercanda atau gimana, justru berbagi banyak visual lubang-lubang berikut di account media sosial mereka.

Inilah Penyebab Dan Cara Menghilangkan Trypophobia

Padahal, barangkali untuk mereka, gambar berikut bukan bermakna apa-apa. Namun untuk penderitanya, beraneka gejala berupa takut, hingga rasa gatal segera menyerang.

Penyakit Trypophobia

Penyakit trypophobia adalah kekuatiran yang menyerang selagi memandang gambar lubang, didalam pola tertentu. Misalnya nih, gambar berupa lubang air, tubuh strawberry, dan benda lainnya.

Meski begitu, penyakit trypophobia ini nggak diakusi secara formal didalam penyakit phobia. Studi tentang penyakit ini terhitung terbatas. Dan kalaupun ada, penelitian yang ada terpisah jadi dua kubu yakni kub yang berasumsi ini merupakan suasana yang resmi, atau tidak.

 

Trypophobia, Penyakit atau Bukan?

Jadi sesungguhnya trypophobia ini merupakan penyakit atau bukan sih?

Penyakit trypophobia selagi ini nggak masuk didalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders atau DSM-5, yakni alat taksonomi dan diagnostik yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association. Dan hingga sekarang , para peneliti terhitung nggak sepakat apakah memasukkan penyakit trypophobia sebagai penyakit yang nyata atau enggak.

Sebuah penelitian tentang penyaki ini mengungkapkan, terkecuali trypophobia barangkali aja merupakan perpanjangan berasal dari kekuatiran biologis terhadap hal-hal yang berbahaya.

Tapi, nggak sedikit orang yang mengalami penyakit trypophobia ini. Bahkan diperkiran ada 15 persen orang dewasa yang mengalami gejala hingg ataraf tertentu.

Orang yang mengalami gejala trypophobia seringkali dipicu oleh gambar-gambar tertentu berasal dari objek yang berukuran kecil, lubang nggak beraturan, seperti

Spons
Gelembungs abun
Karang
Sarang madu
Sarang lebah
dan lainnya

Gejala yang terlihat terhadap penderita penyakit trypophobia diantaranya

Perasaan jijik, takut, nggak nyaman
Merinding
Kulit gatal-gatal
Perasaan kayak ada yang merangkak di kulit
Berkeringat
Mual
Penyebab Penyakit Trypophobia

Penyakit Trypophobia disebabkan oleh sebagian hal. Dilansir dari verywellmind.com, penelitian tentang pnyakit ini masih benar-benar terbatas. Tapi ada sebagian teori kenapa seseorang mampu mengalami etakutan terkecuali ngeliat lubang, diantaranya

Evolusi

Penyebab sesesorang mampu terkena penyakit trypophobia yakni gara-gara tanggapan evolusi terhadap hal-hal yang berbahaya. Ini berdasarkan teori yang paling populer, yah.

Maksudnya gimana nih? Jadi, orang yang mengidap penyakt trypophobia ini punya persepsi terkecuali gambar sekumpulan lubang, tonjolan dan lain-lain berikut merupakan insyarat ada parasit. Misalnya, kutu dan patogen yang ditularkan melalui kulit.

Akhirnya, penderita bakalan mengalami gejala penyakit trypophobia setiap memandang gambar yang berkaitan.

Hubungan bersama Hewan Berbahaya

Teori lain menyebutkan terkecuali lubang-lubang yang berkelompok berikut punya penampkana yang sama bersama pola kulit hewan berbisa. Akhitnya, orang menjadi kekuatiran terhadap pola berikut gara-gara jalinan yang nggak disadari.

Hubungan bersama Patogen Infeksi

Penderita punya asumsi terkecuali gambar yang menyebabkan penyakit trypophobia ini persis bersama gambar patogen infeksi. Akibatnya, penderita jadi ngerasa gatal-gatal dan layaknya ada yang merangkak di kulit.

Respon Karakteristik Visual

Beberapa penelitian menujukkan terkecuali rasa nggak nyaman akibat penyakit trypophobia ini terlihat akibat visual berasal dari pola itu sendiri. inilah yang menyebbakan pembicaraan apakah penyakit trypophobia merupkan type ketakutan, atau emang semacam tanggapan alami terhadap suatu wujud visual tertentu.

Hubungan bersama Gangguan Lainnya

Apa artinya? Orang bersama penyakit trypophobia punya barangkali punya gejala kekuatiran ataupun depresi juga.

 

Cara Menghilangkan Penyakit Trypophobia

Dikutip dari Healthline, nggak ada pengobatan tertentu yang terbukti efektif untuk penyakit trypophobia ini. Tapi, ada banyak pengobatan yang biasa digunakan untuk fobia spesifik, katanya mampu menopang didalam mengurangi gejalanya. Apa aja tuh?

Terapi Paparan

Dilakukan bersama penderita harus memandang objek yang ditakuti, dan dilaksanakan secara progresif. Harapannya sih biar seiring waktu, paparan ini mampu menyebabkan gejala ketakutannya jadi berkurang.

Proses ini kebanyakan dilaksanakan secara bertahap, nggak tiba-tiba gitu yah.

Terapi Perilaku Kognitif

Dilakukan bersama dukungan terapis untuk membuat perubahan asumsi dan tabiat yang mendasari kemunculan trypophobia ini. Biasanya dilaksanakan bersama diskusi mengnai asumsi yang nggak realistis, dan lantas diharapkan terhadap pergantian perilaku.

Ini dilaksanakan gara-gara banyak orang yang menderita fobia karen apunya asumsi yang bahaya terhadap objek ketakutannya. Akhirnya, penderita jadi punya asumsi yang negatif terhadap objek itu deh.

Teknik Relaksasi

Ada tahapan visualisasi, pernapasan didalam dan relaksasi otot progresif untuk menopang mengurangi gejala penyakit trypophobia ini.

Pengobatan Trypophobia

Jika Anda menderita penyakit trypophobia dan itu mempengaruhi kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya Anda harus mencari dukungan berasal dari seorang profesional kesehatan mental (psikolog) sesegera mungkin. Berikut sebagian tips mengobati trypophobia:

Memahami trypophobia.

Dengan demikian Anda akan yakin bahwa suasana ini tidaklah wajar. Tidak semestinya Anda khawatir bersama lubang-lubang yang barangkali saja hanya buatan dan pasti saja hal itu tidak akan membahayakan.

Cobalah untuk mendapatkan penyebab ketakutan.

Apakah kekuatiran Anda disebabkan oleh pengalaman yang buruk, kesal, atau hanya jijik semata. Dengan demikian Anda mampu lebih mengendalikan diri.

Hadapi Rasa Takutmu.

Pada reaksi pertama Anda memandang pola lubang berkerumun barangkali Anda mengusahakan untuk menjauh atau menutup mata dan coba untuk berkhayal suatu hal yang lain. Padahal hal ini hanya akan memperkuat rasa takut. Sebaliknya, coba untuk memaksa diri hadapi sumber ketakutandan langkah itu akan menyebabkan Anda lebih berani.

Jaga dirimu baik-baik.

Latihan atau olahraga, makanan sehat dan memadai merupakan komponen perlu berasal dari kesegaran mental yang baik.

Mencari dukungan psikolog.

Jika penyakit trypophibia hingga mengganggu kapabilitas Anda untuk melakukan aktivitas normal dan nikmati hidup, maka tidak harus menanti lagi, segeralah mencari dukungan berasal dari seorang terapis kesegaran mental berlisensi. Berapa metode terapi barangkali diterapkan untuk Anda seperti:

Cognitive Behavioral Therapy. Memahami bahwa rasa cemas itu tidaklah perlu, lantas dilaksanakan usaha untuk menghadapinya.
Exposure Therapy. Terapi pemaparan akan memaksa Anda untuk hadapi hal-hal yang Anda takuti tadi. Dengan sesuaikan dosis paparan secara bertahap terapi ini akan berhasil.
Obat. Jika kekuatiran hingga menyebabkan serangan kekuatiran atau panik yang parah, maka terapis mampu merujuk Anda ke seorang psikiater (dokter ahli jiwa) yang mampu memberi tambahan resep obat untuk mampu menopang meringankan.

Kalau ternyata penyakit trypophobia ini nggak mengganggu keseharian penderita, maka barangkali pengobatan nggak benar-benar diperlukan. Dan terkecuali kamu bukan keliru satu orang yang menderita penyakit ini, maka jangan dulu berbagi foto-foto yang mampu membangkitkan gejala bagi mereka, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *