Jenis Jenis Unggas

Jenis Jenis Unggas

jenis jenis unggas – Mungkin kebanyakan dari kami kerap mendengar bersama sebutan hewan unggas. Tetapi mungkin kebanyakan dari kami termasuk belum mengenal lebih jauh mengenai hewan unggas. Apa pengertiannya? hewan apa yang termsuk jenisnya? dan apa saja ciri-cirinya?

Maka dari itu, pada peluang kali ini saya akan sedikit share mengenai hewan unggas. Untuk hanya menaikkan ilmu dan wawasan kami atau bahkan untuk menyita manfaat dari hewan ini. Tidak usah berlama-lama saya akan share ilmu mengenai hewan unggas.

Selamat Membaca!!

Jenis Jenis Unggas

Unggas adalah sejenis hewan ternak grup dari sejenis burung yang akan dimanfaatkan daging, telur dan bulunya. Pada kebanyakan hewan ini termasuk anggota dari grup ordo gallifermos dan anserifornes. Memiliki wujud tubuh layaknya ayam atau layaknya bebek.

Secara umum kebanyakan hewan type ini memang membawa wujud tubuh layaknya ayam dan bebek. Biasanya hewan-hewan unggas kerap dijadikan sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan. Karena hewan type ini enteng dirawat dan termasuk hewan yang produktif.

Akan tapi hewan unggas punyai daya tubuh yang lemah, maka hewan ini kerap terkena virus atau penyakit. Kata unggas pada kebanyakan digunakan untuk burung pemakan daging. Atau lebih umumnya, kata ini termasuk sanggup digunakan untuk menyebut jenis-jenis burung lainnya.

Ciri-ciri Hewan Unggas

Setelah kami tahu pengertian dari hewan unggas. Alangkah baiknya jikalau kami termasuk tahu bagaimana ciri-ciri hewan unggas. Agar kami sanggup membedakan hewan yang tergolong hewan unggas bersama hewan yang bukan termasuk golongan hewan unggas.

Biasanya punyai bulu yang menutupi tubuhnya.
Hewan unggas punyai jantung bersama empat ruang: bilik kanan, bilik kiri, serambi kanan dan serambi kiri.
Kebanyakan hewan unggas bernafas manfaatkan paru-paru. Akan tapi tersedia beberapa hewan unggas yang punyai alat bantu perafasan yaitu pundi udara, untuk membantunya saat terbang.
Pada kebanyakan berkembang biak bersama cara ovipar (Bertelur).
Cara fertilisasinya yaitu bersama fertilisasi internal.
Termasuk dalam golongan hewan yang berdarah panas atau homoioterm.
Pada umunya punyai organ gerak berwujud sepasang kaki dan sepasang sayap. Meskipun tersedia beberapa hewan unggas yang tidak sanggup terbang. Hal ini karena yang tidak sanggup terbang tidak punyai kantong udara pada sayapnya.
Jenis-Jenis Hewan Unggas

Setelah tahu mengenai pengertian dan ciri-ciri hewan unggas akan lebih lengkap jikalau kami termasuk tahu jenis-jenisnya. Kerena kebanyakan hewan unggas berada disekitar kita, untuk lebih jelasnya mari kami memasuki materi mengenai jenis-jenis hewan unggas.

1. Angsa

Angsa adalah sejenis burung yang hidup di air yang punyai ukuran yang besar, hewan ini berasal dari genus Cygnus. Angsa adalah hewan terbesar dari golongan keluarga anatidae. Sekaligus salah satu burung terbesar yang sanggup berenang dan termasuk sanggup terbang.

Spesies terbesar dari angsa adalah angsa putih, angsa trompet dan angsa whooper. Yang panjang  tubuhnya sanggup meraih 60 inci dan membawa berat 50 pound. Selain itu angsa type ini termasuk punyai leher dan kaki yang lebih besar.

Angsa yang telah dewasa punyai ciri khusus, yaitu mata dan paruhnya tidak ditutupi bulu. Tetapi spesies angsa jantan serupa bersama spesies angsa betina untuk tunjukkan sifat dimorfisme seksual. Pada umumya angsa jantan punyai ukuran tubuh lebih besar dari angsa betina.

Angsa pada kebanyakan hidup di tempat bersama iklim tropis sedang dan jarang berada pada tempat tropis. Lima type angsa tersebar di bumi anggota utara, satu type hidup di Negara Australia. Dan sisanya tersebar di semua Benua Amerika.

Angsa termasuk termasuk dalam keluarga hewan pemakan rumput (Herbivora) . Walaupun angsa termasuk kerap memakan hewan-hewan akuati kecil yang hidup disekitar habitatnya. Hewan ini sanggup hidup di tempat perairan atau hidup di tempat darat.

2. Bebek

Bebek atau termasuk biasa bersama sebutan itik adalah hewan unggas selanjutnya. Bebek adalah burung akuatik yang memilliki ukuran badan lebih kecil dari angsa. Bebek sanggup hidup di darat maupun di air, akan tapi bebek akan lebih banyak di temukan di perairan air tawar.

Bebek kadang waktu disamakan bersama beberapa burung air yang lain yang membawa wujud serupa dengannya. Seperti loon grebe, gallinule, coot dan tetap banyak lagi. Beberapa type bebek termasuk biasa lakukan kawin silang, tapi hasilnya condong tidak stabil.

Bebek punyai tubuh berlekuk, lebar dan punyai leher yang relative panjang. Paruhnya berwujud lebar yang mengandung lamellae untuk menyaring makanan. Tetapi pada type bebek penangkap ikan, membawa paruh lebih panjang dan lebih kuat.

Bebek memakan berbagai macam makanan layaknya rumput, cacing, ikan, serangga, tanaman air dan lain-lain. Untuk type bebek penyelam dan bebek laut mereka melacak makan di dalam air. Untuk memudahkan mereka menyelam, mereka membawa massa yang lebih besar dari bebek type lain.

3. Tinamus

Tinamus adalah ayam liar yang merupakan hewan asli Amerika Serikat, termasuk dalam ordo timamidae. Hewan tinamus adalah salah satu unggas yang termasuk dalam golongan neotropis di Indonesia. Populasi terbesar timanus tersedia di tempat Amerika Tengah, Amerika Selatan dan tempat Meksiko Selatan.

Tinamus membawa ciri-ciri tubuh agak beasr, leher langsing dan paruh yang pendek dan melengkung ke bawah. Hewan ini membawa habitat utama di atas pohon, bersama bertengger. Namun tinamus memicu sarang di atas permukaan tanah, dan telur hewan ini berwarna biru, hijau zaitun dan keungu-unguan.

4. Burung Puyuh

Hewan yang termasuk dalam keluarga unggas seterusnya adalah burung puyuh. Burung puyuh punyai ukuran tubuh menengan bahkan condong bertubuh kecil. Burung puyuh adalah hewan unggas daratan yang kecil tapi punyai perut yang gemuk.

Pada kebanyakan burung puyuh adalah salah satu hewan yang tergolong dalam hewan pemakan biji-bijian. Selain pemakan biji-bijian burung puyuh termasuk pemakan serangga atau hewan kecil lainnya. Karena paruh yang dimiliki burung puyuh kecil dan melengkung ke bawah.

Burung puyuh biasa memicu sarang dan hidup dipermukaan tanah. Tetapi jangan salah burung puyuh termasuk burung  yang punyai kapabilitas untuk terbang bersama tinggi. Akan tapi bersama jarak tempuh yang pendek, tidak layaknya type burung lainnya.

5. Puyuh Salju

Puyuh salju atau dalam bhs latin biasa dikenal dengan Anurophasis monorthonyx adalah hewan unggas selanjutnya. Puyuh salju punyai panjang lebih kurang 28 cm, dan kebanyakan berwarna coklat gelap. Ini adalah hanya satu burung yang termasuk dalam golongan genus anurophasis.

6. Itik Serati

Itik serati merupakan sejenis burung atau hewan unggas yang termasuk dalam keluarga bebek. Di negara kami hewan ini merupakan hewan yang paling banyak jadi hewan ternak atau hewan peliharaan. Untuk dimanfaatkan daging dan telurnya karena punyai persentase protein yang tinggi.

Itik serati adalah hewan yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Itik type ini biasa hidup di alam liar layaknya rawa-rawa, danau, sungai dan lain-lain. Perlu diketahui itik serati adalah hasil dari perkawinan silang antara bebek biasa dan itik.

7. Kalkun

Ayam kalkun adalah sebutan untuk dua spesies burung yang punyai ukuran tubuh besar. Hewan ini termasuk dalam keluarga galliformes genus meleagris. Spesies kalkun betina punyai ukuran lebih kecil dari spesies jantan, dan tidak punyai variasi warna pada tubuhnya.

Kalkun liar merupakan salah satu hewan yang di buru di Negara Amerika Utara. Akan tapi kalkun type ini tidak serupa bersama kalkul-kalkun yang kerap kami jumpai. Karena kalkun type ini termasuk hewan yang gesit dan termasuk hewan yang sanggup terbang.

8. Ayam

Ayam adalah sejenis unggas yang kerap dijadikan sebagai hewan ternak atau hewan peliharaan. Karena type unggas yang satu ini membawa banyak manfaat. Mulai dari telurnya, dagingnya dan kototannyapun sanggup dimanfaatkan jadi pupuk kompos.

Perkawinan silang antara ayam telah membuahkan berbagai type ayam di wajah bumi ini. Dan ayam yang paling populer dan yang kerap kami temui adalah type ayam petelur. Ayam peliharaan termasuk kerap dikawinkan bersama ayam hutan yang membuahkan type ayam bekisar.

Pada tahun 2003 jumlah populasi ayam yang hidup diseluruh dunia sejumlah 24 milyar ekor. Encyclopaedia mengatakan bahwa jumlah ini lebih banyak dari jumlah burung yang tersedia di dunia. Ayam membawa dua sumber protein dalam makanan yaitu pada telur dan dagingnya.

Sebagai hewan peliharaan, ayam punyai kapabilitas beradatasi benar-benar baik. Ayam termasuk benar-benar adaptif atau sanggup disebut bersama hewan yang sanggup hidup di sembarang tempat. Dengan syarat tempat itu membawa sumber makanan bagi ayam, ayam termasuk termasuk golongan hewan pemakan segala.

9. Ayam bekisar

Ayam bekisar adalah hasil perkawinan antara dari ayam hutan bersama ayam kampung. Ayam type ini punyai ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan bersama ayam kampung jantan. Bulu ayam bekisar berwarna hitam kehijauan dan mengkilap.

Karena ayam type ini merupakan ayam perrsilangan dari dua type yang berbeda maka ayam ini mandul. Akan tapi tidak semua ayam bekisar mandul, tapi beberapa besar ayam ini mandul. Ayam bekisar punyai ciri-ciri spesifik yaitu bulu leher yang ujungnya bulat atau tidak berwujud lancip.

Apabila ayam bekisar dibandingkan bersama ayam jago biasa, maka akan terlihat perbedaanya bersama jelas. Salah satu type ayam yang punyai kesamaan fisik bersama ayam bekisar adalah ayam bekikuk. Bentuk dan posturnya serupa tapi kadang waktu bulu lehernya berbeda.

Ayam bekisar akan banyak kami temui di pulau Madura. Karena ayam bekisar adalah spesies asli Kota Sumenep. Tidak hanya itu ayam bekisar termasuk jadi maskot fauna provinsi Jawa Timur.

10. Ayam Hutan

Ayam hutan adalah ayam yang habitat aslinya berada di alam liar. Pada kebanyakan ayam type ini membawa beberapa kelebihan dari ayam type lain. Misal ayam ini merupakan type ayam yang sanggup terbang biarpun bersama jarak tempuh yang pendek.

Ayam hutan merupakan salah satu hewan unggas yang tergolong pemakan segala, meski condong pemakan biji-bijian. Ayam hutan biasa hidup berdampingan atau hidup bersama berkelompok. Tidur dan bersarang di atas pohon, tapi ketinggian pohon tergolong pendek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *