Kebiasaan Orang Sunda

kebiasaan orang sunda

kebiasaan orang sunda – Indonesia miliki banyak sekali suku yang tersebar di seluruh daerahnya. Setiap suku miliki keunikannya masing-masing yang menarik untuk dipelajari. Salah satu suku yang banyak mengambil perhatian adalah suku sunda atau dikenal pula dengan orang sunda.

Suku Sunda merupakan group etnis dari Sunda dan merupakan keliru satu etnis yang paling dikenal di negara Indonesia. Etnis ini berasal dari provinsi Jawa Barat. Suku atau orang sunda miliki lebih dari satu ciri khas yang unik jadi dari ragam bahasa, kebiasaan, budaya, sampai sifat-sifat penduduknya.

Berbicara mengenai orang sunda bermakna bicara mengenai penduduknya yang lekat dengan kesan ramah dan humoris. Selain itu, ternyata ada banyak perihal mengenai suku sunda yang dapat membuat kami jatuh hati, terutama soal sifat dan kebiasaanya yang unik dan menarik.

Kebiasaan Orang Sunda

Sifat dan Karakter Orang Sunda

1. Ramah dan Murah Senyum

Siapapun yang pernah bersua atau berinteraksi dengan orang sunda tentu setuju jika suku sunda merupakan suku yang ramah dan tidak mahal senyum. Kebiasaan orang sunda terlalu menghargai tinggi nilai-nilai kesopanan, supaya mereka jadi biasa untuk bersikap sopan dan tidak mahal senyum kepada siapa saja.

Orang sunda juga menghargai tinggi pedoman hidup yang menghargai sesama, supaya mereka dapat hidup rukun dan saling menyayangi tanpa berselisih memahami antar etnis.

Salah satu filosofi mereka adalah Soméah Hade ka Sémah yang bermakna bersikap baik, ramah, menjaga, membahagiakan, dan juga menjamu setiap tamunya. Bahkan ketika bersua dengan orang yang belum dikenal pun mereka tidak segan-segan untuk menegur dan berbasa-basi. Menyenangkan, bukan?

2. Humoris

Bisa dibilang bahwa selera humor orang sunda terlalu tinggi, supaya mereka condong bersifat humoris didalam segala kondisi. Dalam suasana yang benar-benar pun, mereka tidak lupa untuk bercanda semata-mata untuk mencairkan suasana.

Selain itu, di suku sunda juga banyak banyolan atau lawakan berbahasa sunda yang membuat seluruh orang tergelitik dan tertawa geli. Bahkan didalam suasana marahpun, orang-orang dari suku sunda tetap terdengar lucu.

Coba hitung saja, berapa banyak komedian di negara kami yang berasal dari suku sunda?

3. Romantis

Siapa yang akan menyangkal pengakuan yang menjelaskan suku sunda adalah suku paling romantis di Indonesia? Tidak ada. Nada bicara orang sunda yang terlalu khas tetap sukses menciptakan kesan romantis bagi siapa saja yang mendengarnya.

Ucapannya yang sopan dan manis dapat membuat lawan bicaranya jadi terpesona. Kebiasaan ini udah ada sejak masa dahulu.

Orang sunda jika disapa akan membalas dengan suara yang halus, terutama terhadap lawan jenis. Apalagi, jika yang dilontarkan adalah rayuan-rayuan gombal. Duh, siapa tahan?

4. Kreatif

Suku sunda juga terkenal miliki sifat kreatif dan inovatif yang terlalu tinggi. Mereka dapat menyulap benda apapun menjadi buah tangan yang menarik. Tengok saja sentra kerajinan tangan hasil kreativitas penduduk sunda layaknya yang ada di Bandung.

Sebut saja benda apapun. Pasti sepenuhnya ada. Mau melacak Tas? Sepatu? Sandal? Bahkan souvenir khas bandung? Semuanya benda-benda dapat didapatkan dengan mudah dan dengan harga yang relatif terlalu murah.

Orang sunda juga terlalu inovatif terhadap karya-karyanya, supaya hasil kerajinannya miliki bentuk yang pun cukup unik supaya miliki nilai khasnya tersendiri.

Kebiasan orang sunda terlalu mencintai keindahan, supaya mereka tetap bersemangat untuk merubah lingkungan area tinggalnya supaya menjadi lebih cantik.

5. Menjunjung tinggi Budaya

Mengunjungi suatu area yang ditinggali oleh penduduk sunda sebagai mayoritas bermakna datang ke cagar budaya asli yang tetap tetap dilestarikan. Sebut saja kota-kota besar di Jawa Barat.

Kita dapat dengan mudah mendapatkan pertunjukan kesenian yang ditampilkan oleh para penduduknya. Contohnya adalah pertunjukan angklung, sisingaan, dan lain-lain. Bukan rahasia kembali jika penduduk suku sunda sangan menghargai dan menghargai tinggi budaya yang diwariskan oleh leluhur kepada mereka.

Sehingga untuk mempelajari budaya asli suku sunda sebetulnya bukanlah suatu perihal yang sulit, mengingat mereka tetap terlalu memelihara tradisi kehidupan mereka cocok dengan budaya aslinya.

Tidak heran jika banyak sekali wisatawan domestik maupun turis mancanegara yang berkunjung untuk menengok atau mempelajari kebudayaan mereka.

6. Memiliki Skill tinggi didalam Seni

Berhubungan dengan sifat kreatif mereka, Orang sunda menjadi sebuah group yang miliki sisi sensitivitas yang tinggi terhadap suatu karya seni. Hampir seluruh penduduk suku sunda mengaku dapat memainkan alat musik atau menari tarian tertentu.

Padahal, mereka tidak miliki latar belakang sebagai seorang seniman. Hal ini juga menjadi energi tarik yang tetap sukses menggaet para wisatawan untuk berkunjung dan nikmati keindahan budaya suku sunda.

Kesenian yang paling khas dan yang paling disukai adalah kesenian angklung. Pertunjukan musik angklung tidak pernah sepi dari penonton. Lihat saja keliru satu pusat pelestarian budaya Saung Mang Udjo yang tidak pernah sepi dari pengunjung.

7. Gareulis dan Garanteng

Yap. Istilah diatas adalah makna lain untuk menyebut cantik dan ganteng. Tatar sunda sebetulnya udah terlalu terkenal akan penduduk perempuannya yang gareulis atau cantik dan juga pemudanya yang ganteng-ganteng.

Di lebih dari satu area yang tetap terlalu kental kebiasaan istiadat sundanya tetap menyimpan penduduk yang miliki kecantikan alami, jauh dari polesan make up. Karena itu, sifat polos yang ditampilkan pun terlalu kuat, supaya meningkatkan kesan menarik.

Orang Sunda merupakan keliru satu kandidat yang kuat jika kamu menginginkan jodoh yang cantik atau ganteng, lho.

8. Sangat Relijius

Satu perihal yang juga harus digaris bawahi dari para orang sunda adalah mereka terlalu relijius. Perkara nilai-nilai keagamaan, mereka tidak dapat ditawar.

Orang sunda dapat dibilang sebagai keliru satu suku yang tetap menomorsatukan urusan ibadah. Mereka tidak sungkan-sungkan meninggalkan urusan pekerjaan cuma untuk melaksanakan ibadah.

Apalagi, banyak sekali ulama yang lahir dari tanah sunda. Hal ini membuat sunda menjadi keliru satu area yang miliki banyak sekali pusat pengajaran agama layaknya pondok pesantren.

9. Santai

Jika berkelanjutan membayangkan kehidupan dan isinya, maka yang ada kami akan tetap meningkatkan beban untuk diri kita. Mereka tidak membayangkan gengsi tertentu, supaya condong miliki sifat yang santai dan tidak ribet.

Ketika lebih dari satu suku dikenal dengan keuletan, keseriusan, atau kegigihannya, maka suku sunda dikenal sebaliknya. Mereka dengan santai tetap bekerja namun tidak melupakan urusan ibadah. Dengan begitu, hidup mereka tetap berlangsung dengan seimbang.

 

10. Tekstur Wajah yang Khas

Selain dari jenis bhs dan suara bicaranya yang unik, Orang sunda juga terkenal dengan tekstur wajah dan juga kulitnya. Keturunan suku sunda biasanya miliki tekstur wajah yang kalem dan kulit putih atau sawo matang.

Orang sunda dapat dibilang suku yang miliki warna kulit condong putih, supaya kelihatan menarik di Indonesia yang mayoritas miliki warna kulit sawo matang sampai cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *