Lapisan Bumi

lapisan bumi

lapisan bumi – Bumi, daerah manusia tinggal pas ini merupakan tidak benar satu tata surya bersama dengan matahari sebagai pusatnya. Jarak bumi bersama dengan matahari kira-kira 150 juta km.

Bumi merupakan planet bersama dengan alur ketiga dari delapan planet yang dekat bersama dengan matahari. Bumi termasuk salah satu planet yang dihuni beraneka jenis makhluk hidup. Struktur bumi anggota dalam terbagi dalam sebagian bagian, layaknya halnya sebuah bawang.

Bumi secara lazim terdiri dari sebagian lapisan, perihal ini hampiir serupa layaknya lapisan atmosfer yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. Adapun anggota paling atas disebut litosfer atau crust, anggota di bawahnya adalah astenosfer atau mantel, dan yang paling bawah adalah inti bumi.

Jika bumi diiris maka akan keluar struktur atau bagian-bagian layaknya pada gambar di bawah ini:

lapisan struktur bumi
Dari gambar di atas kita mampu menyaksikan bahwa bumi memiliki kerak bumi, mantel bumi, inti luar dan inti dalam. Bagian-bagian selanjutnya akan dijelaskan pada bahasan selanjutnya.

Mengenal Struktur Lapisan Bumi

Lapisan bumi setidaknya dibagi jadi tiga bagian, yaitu:

#1. Kerak bumi
Kerak bumi merupakan lapisan anggota terluar bumi. Tebal kerak bumi raih 70 km dan merupakan lapisan tanah dan batuan.

Bagian inilah yang jadi daerah tinggal seluruh makhluk hidup. Suhu anggota bawah kerak bumi raih 1.100 ̊C. Kerak bumi ini terbagi jadi dua kategori yaitu;

Kerak samudra, merupakan anggota terluar bumi yang permukaannya adalah lokasi perairan, ketebalannya sekita 5 hingga 10 km. Komposisi penyusunnya adalah batuan basalt.
Kerak benua, merupakan anggota terluar bumi yang permukaanya adalah lokasi daratan bersama dengan ketebalannya kira-kira 20 hingga 70 km. Komposisi utamanya adalah granit. Bumi dan anggota di bawahnya hingga kedalaman 100 km dinamakan litosfer.

#2. Selimut atau Selubung Mantel

Selimut atau selubung mantel merupakan lapisan yang terletak di bawah anggota kerak bumi. Tebal selimut bumi raih 2.900 km dan merupakan lapisan batuan padat. Suhu di anggota bawah selimut bumi raih 3.000 ̊C.

Secara lazim mantel bumi dibagi jadi dua bagian, yakni mantel bumi anggota bawah dan mantel bumi anggota atas.

Mantel bumi anggota bawah berada di kedalaman 2900 km bersama dengan lapisan yang berbentuk padat, dikarenakan tersedia tekanan dari anggota di atasnya. Mantel anggota bawah mempunyai kandungan besi dan mineral SIMA.
Mantel bumi anggota atas berada di kedalaman 400 km bersama dengan lapisan yang berbentuk plastis dan semiplastis dikarenakan suhu dan tekanan pada mantel atas berada pada suasana seimbang.
Lapisan selimut bumi termasuk disebut sebagai lapisan astenosfer. Pada lapisan ini terjadi pergerakan lempeng-lempeng yang disebabkan oleh gaya konveksi atau energy dari panas bumi. Pergerakan inilah yang merubah wujud wajah bumi. Komposisi penyusun mantel bumi didominasi oleh senyawa magnesium, besi, aluminium, kalium, silicon dan oksigen. Pada lokasi mantel bumi anggota atas akan mulai terbentuk intrusi magma yang diakibatkan oleh batuan yang menyusup dan meleleh.

#3. Inti Bumi (core)

Inti bumi merupakan anggota terdalam bumi. Inti bumi terdiri dari material cair, bersama dengan penyusun utama logam besi 90%, nikel 8%, dan lain-lain yang terkandung pada kedalaman 2900-5200 km.

Secara lazim berdasarkan zat penyusunnya, inti bumi dibagi jadi dua bagian, yakni;

Inti bumi anggota luar yang tebalnya kira-kira 2000 km yang terdiri atas besi cair yang suhunya raih 2200 ̊C.
Inti bumi anggota dalam, yang merupakan pusat bumi yang berbentuk bola bersama dengan diameter kira-kira 2700 km. Inti dalam ini terdiri dari nikel dan besi yang suhunya raih 4500 ̊C.
Antara inti anggota luar dan inti anggota dalam, dipisahkan oleh lapisan yang disebut sebagai lehman discontinuity.
Bumi termasuk dilingkupi oleh lapisan atmosfer. Atmosfer adalah gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet hingga jauh di luar angkasa. Akan keluar lapisan atmosfer layaknya pada gambar berikut;
Troposfer, merupakan lapisan atmosfer yang berada di tingkatan paling rendah. Bisa dikatakan bahwa lapisan troposfer ini merupakan lapisan atmosfer yang paling dekat bersama dengan bumi. Berikut ciri-ciri lapisan troposfer ini;
Merupakan lapisan yang terkait segera bersama dengan permukaan bumi (tempat tinggal makhluk hidup)
Ketebalan kira-kira 12 km dari permukaan tanah dan jadi lapisan paling tipis di antara lapisan yang lain.
Merupakan daerah terjadinya cuaca dan iklim dan juga beraneka peristiwa cuaca saperti hujan, angina, petir, awan dan sebagainya.
Terdapat lapisan tropopause (lapisan antara troposfer bersama dengan lapisan stroposfer)
Stratosfer, lapisan ini terendah nomor dua setelah troposfer. Berikut ciri-ciri lapisan stratosfer;
Lapisan atmosfer terendah nomor dua (berada di atas lapisan troposfer)
Lapisan yang berada di ketinggian kira-kira 12 hingga 16 km
Mempunyai pembawaan udara yang kering dikarenakan tidak mempunyai kandungan uap air, awan, atau debu
Terdapat lapisan ozon (lapisan yang merawat buni dari radiasi cahaya ultraviolet bersama dengan cara menyerapnya). Karena lapisan ozon menyerap cahaya dari matahari inilah yang menyebabkan suhu jadi tinggi.
Terdapat lapisan stratopause (lapisan antara stratosfer bersama dengan mesosfer)
Mesosfer, merupakan lapisan atmosfer terendah nomor tiga dan sekaligus jadi lapisan yang berada di tengah-tengah. Lapisan mesosfer ini adalah lapisan pemberian dari benda langit yang jatuh. Berikut ciri-cirinya;
Merupakan lapisan yang berada di tengah-tengah atmosfer
Berada di ketinggian kira-kira 60 hingga 80 km
Mempunyai suhu yang rendah, antara -50 ̊ hingga 70 ̊ Celcius.
Lapisan yang merawat bumi dari jatuhnya benda-benda langit. Benda langit yang jatuh akan terbakar di lapisan ini dan akan berubah jadi meteor. Meteor selanjutnya akan terbakar dan hancur di lapisan ini dan berubah jadi kepingan-kepingan yang disebut meteorit. Nah meteorit itu akan habis sebelum akan raih permukaan bumi.
Terdapat lapisan mesopause, yakni lapisan yang berada di antara lapisan mesosfer dan termosfer.
Termosfer, lapisan yang istimewa dikarenakan mampu menolong saluran komunikasi yang tersedia di bumi. Lapisan ini membawa dua nama, tersedia yang menyebutnya sebagai lapisan termosfer tersedia termasuk yang menyebutnya lapisan ionsfer. Berikut ciri-ciri dari lapisan ini;
Lapisan tertinggi nomor dua di atmosfer
Berada di ketinggian kira-kira 80 hingga 800 km
Suhu di lapisan ini terlalu panas. Lapisan ini disebut termasuk lapisan sebagai lapisan panas (hot layer) dikarenakan puncak lapisan ini suhunya mampu raih lebih dari 1000 ̊
Terdapat lapisan ionosfer, lapisan yang berguna sebagai penyebar gelombang komunikasi.
Eksosfer, lapisan paling ujung atau paling puncak. Lapisan ini merupakan lapisan paling luar atau paling tinggi. Berikut ciri-cirinya;
Lapisan tertinggi dari seluruh lapisan atmosfer
Gaya gravitasi terlalu kecil dikarenakan berada di paling luar bumi
Memiliki kadar gas-gas atmosfer yang terlalu rendah
Berada di ketinggian lebih dari 800 km
Kesimpulan
Selain memiliki struktur bumi yang terdiri dari lapisan atas yang tersusun dari sekumpulan gas, bumi termasuk memiliki lapisan bawah yang dari daerah kaki berpijak hingga ke inti dalam bumi.

Nah demikianlah referensi bagian-bagian bumi beserta komponen penyusun dan penjelasannya. Secara lazim anggota bumi terdiri atas kerak bumi, mantel bumi, dan inti bumi anggota luar dan dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *