Macam Macam Lipatan Daun Pisang

macam macam lipatan daun pisang

macam macam lipatan daun pisang – Kita sebagai masyarakat Indonesia tentu tidak asing bersama dengan berbagai macam kudapan yang dibungkus bersama dengan daun.

Makanan yang dibungkus daun tak hanya lebih cantik termasuk jadi lebih harum. Inilah alasan mengapa bungkus daun tetap eksis sampai sekarang.

Jika diperhatikan, ternyata ada banyak model lipatan yang digunakan. Antara makanan kering dan berkuah termasuk tentu tidak sama model lipatannya. Ini belum termasuk daun yang digunakan untuk hiasan tumpeng, wah beda lagi.

Macam Macam Lipatan Daun Pisang

Pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Dengan harganya yang relatif murah dan gampang dibudidayakan, tanaman ini menjadi ikon favorit bagi semua kalangan.

Tanaman yang dipercayai berasal dari daratan Papua ini populer sebagai tanaman serbaguna. Sejak zaman nenek moyang, lebih dari satu bagian dari tanaman ini digunakan sebagai lauk pendamping di dalam setiap sajian. Seperti contohnya jantung pisang, buah pisang, dan daun pisang.

Daun pisang sesungguhnya populer digunakan sebagai bungkus makanan atau alas untuk hidangan. Diyakini sanggup menaikkan cita rasa, daun pisang sendiri mempunyai kandungan lebih dari satu senyawa perlu untuk tubuh kita, lho.

Senyawa ini adalah polifenol, lignin, hemiselulosa, protein, allantoin, dan lain-lain. Maka dari itu, daun ini tidak cuma berguna sebagai pembungkus dan penambah cita rasa, tetapi sanggup memberikan banyak kegunaan bagi kebugaran dan di dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Daun Pisang

Berikut beragam kegunaan daun pisang untuk kesehatan:

Mengobati gigitan serangga

Siapa sangka daun pembungkus tempe ini sanggup membuat sembuh kuka bekas gigitan serangga. Hal ini karena antioksidan alami yang terkandung di dalam daun ini, yang berguna untuk sistem pengobatan gigitan serangga.

Iritasi kulit

Daun pisang terhitung sanggup mengurangi iritasi pada kulit. Bagaimana bisa? Daun pisang ini akan diekstrak yang dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun. Hal ini akan mempermudah penggunaan dan sanggup mengurangi rasa perih pada iritasi di dalam penggunaan rutin.

Mengatasi mimisan

Banyak dari kita yang mengalami mimisan selagi sedang kedinginan atau kelelahan beraktivitas, tetapi siapa sangka daun pisang ini sanggup menjadi obat alternatif untuk mimisan. Caranya dengan menghaluskan daun pisang ini hingga halus, lalu dioleskan sedikit ke bagian di dalam hidung.

Mengobati disentri

Daun pisang ini miliki suatu senyawa aktif yang sanggup menghentikan peradangan pada usus yang membawa dampak keluarnya darah yang terlihat dikala beuang air besar. Cara membawa dampak ramuan ini amat mudah, kita cuma lumayan meminum air rebusan dari dapun pisang paling tidak satu kali sehari untuk pengobatan.

Pengobatan sakit tenggorokan

Rasa radang pada tenggorokan kerap kali mampir selagi cuaca sedang panas atau perubahan musim. Biasanya ditandai selagi menelan sesuatu, kita merasakan sakit di area tenggorokan. Obat alternatif dari daun pisang ini sanggup mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, dengan cara meminum air rebusan daun pisang secara rutin.

Menghaluskan rambut

Siapa sangka daun ini sanggup menghaluskan rambut yang kering dan kulit ketombe pada kulit kepala? Dengan cara menghaluskan daun pisang ini secara tertib dan menggunakannya rutin sebagai masker setelah keramas, hasilnya akan maksimal.

Meredakan demam

Saat demam, para ibu biasanya mengompres anaknya dengan handuk dingin untuk meredakan demamnya. Sekarang para ibu sanggup menggantinya dengan daun pisang. Caranya adalah olesi minyak kelapa seecara merata pada permukaan daun oisang, lalu diterapkan pada bagian dahi.

Selain itu, masih terkandung bermacam kegunaan lainnya dari daun pisang ini yang tidak boleh anda lewatkan. Beberapa kegunaan lainnya dari daun pisang yaitu sebagai pembungkus makanan layaknya tempe, tape, oncom, dan tauge. Bahan baku kerajinan tangan terhitung biasanya memakai bahan basic daun pisang untuk tempat pembuatannya.

Nah, supaya lebih paham yuk liat ulasan macam macam lipatan daun dan langkah membuatnya selanjutnya ini.

Macam Macam Lipatan Daun Untuk Wadah

Lipatan pertama yang bakal kami bahas adalah model lipatan daun untuk wadah. Ada 11 macam lipatan daun untuk wadah yaitu:

Lipatan Pincuk
Lipatan Pinjung
Lipatan Samir
Lipatan Sudi
Lipatan takir
Lipatan Sumpil
Lipatan Tum
Lipatan Tempelang
Lipatan Pasung
Lipatan Lemper
Lipatan Lontong
Lipatan Pincuk

Lipatan pincuk adalah model lipatan yang terbuat dari daun pisang yang sesudah itu dibentuk segitiga dan disemat lidi. Bentuknya sama layaknya serok atau pengki. Pincuk adalah model lipatan paling simpel dan praktis.

Lipatan pincuk akrab digunakan untuk pecel, nasi langgi, sate, nasi liwet dan sebagainya. Dengan kata lain, lipatan pincuk adalah pengganti kegunaan dari piring.

Lipatan pincuk tidak dapat berdiri sendiri, jadi mesti dipegang.

Saat ini, lipatan pincuk dibikin bersama dengan mendobelnya seiring bersama dengan kertas bungkus atau koran supaya lebih kuat.

Lipatan Pinjung

Macam macam lipatan daun yang ke dua adalah lipatan pinjung.

Lipatan pinjung bersifat layaknya piramida atau kerucut. Jadi bagian atasnya tertutup. Selanjutnya sisa daun bagian bawah dimanfaatkan untuk penutupnya.

Lipatan pinjung digunakan untuk sebabkan mendhut atau koci koci, lebih dari satu model botok, meniran dan bunga rampai.

Lipatan Samir

Lipatan samir merupakan model lipatan namun tidak dilipat, hehehe. Lipatan ini dibikin bersama dengan sebabkan daun pisang jadi bersifat bulat.

Ukuran bulatannya sesuai bersama dengan wadah utamanya, sebab samir digunakan sebagai alas saja. Misal untuk alas nasi, kue ku dan berbagai macam kue lain. Samir termasuk dapat digunakan alternatif tutup makanan.

Lipatan Sudi

Selain digunakan untuk makanan berat, daun termasuk dapat digunakan untuk makanan gampang layaknya klepon, cenil, dan kue kecil lain.

Nah, model lipatan yang sesuai untuk kue kue manis semacam itu adalah lipatan sudi.

Lipatan senang dibikin bersama dengan membulatkan daun pisang yang sesudah itu disemat bersama dengan lidi, setelah itu bagian daun yang runcing ditekan ke di dalam supaya keluar ditengah tengah.

Lipatan Takir

Jika anda melacak model lipatan yang dapat digunakan untuk makanan berkuah, maka lipatan takir adalah model yang cocok.

Lipatan ini bentuknya balok bersama dengan sematan lidi di kanan kirinya.

Lipatan takir digunakan untuk bubur, kolak atau apalagi makanan lengkap terdiri dari nasi dan lauk pauk sekaligus.

Lipatan Sumpil

Macam macam lipatan daun pisang setelah itu adalah lipatan sumpil. Ini merupakan model lipatan mini yang rapat.

Cara membuatnya mudah, pertama bersama dengan pilih daun pisang yang panjang sesudah itu bagian ujungnya dilipat segitiga dan diisi bahan makanan. Selanjutnya, gulung bersama dengan terus menjaga wujud segitiga-nya. Terakhir sisakan sedikit bagian dan kaitkan supaya makanan dapat terkunci.

Makanan yang dibungkus bersama dengan lipatan sumpil berbagai macam, misalnya layaknya lupis, nagasari, lepet, bucang dan tempe.

Lipatan Tum

Lipatan tum sering kami jumpai di dalam kehidupan sehari-hari. Ya! ini adalah model lipatan yang digunakan untuk nasi bungkus.

Lipatan tum dibikin bersama dengan menarik ke dua ujung daun (biasanya daun pisang) ke bagian tengah atas.

Di Bali ada makanan terkenal yang mengfungsikan bungkus lipatan tum yakni tum ayam, tum bebek dan tum ikan.

Sedangkan di Jawa, kami mengenal berbagai makanan yang dibungkus bersama dengan lipatan tum layaknya misalnya jongkong kopyor, garang asem, bothok, gadon daging, dan lainnya.

Lipatan Tempelang

Jenis lipatan yang ke tujuh adalah lipatan tempelang. Lipatan tempelang mengfungsikan dua bulembar daun pisang. satu untuk tutup dan satu ulang untuk alasnya.

Lipatan ini digunakan untuk membungkus nasi (biasanya di dalam acara selamatan). Selain praktis, nasi nasian yang dibungkus bersama dengan daun pisang termasuk jadi lebih sedap.

Lipatan Pasung

Jika lipatan pinjung menghadap bawah dan tertutup, maka lipatan pasung justru sebaliknya. Jika diamati lipatan pasung bakal serupa bersama dengan cone ice cream.

Cara sebabkan lipatan pasung benar-benar mudah. Pertama kami butuh daun pisang yang bersifat bulat sesudah itu kami tinggal menggulungnya jadi wujud kerucut. Terakhir masukkan isi.

Lipatan pasung biasa diisi kue clorot, atau dumbek, apem jadul dll.

Lipatan Lemper

Pertama kalian kemungkinan bertanya-tanya bukankah lemper adalah nama makanan? ya ini benar dan tahukah anda jika memang nama lemper sendiri ternyata disita dari model lipatan bungkusnya. Ya, lipatan lemper.

Lipatan lemper dibikin bersama dengan isikan daun pisang kosong lantas menggulungnya baru sesudah itu ke dua sisinya dibentuk segitiga dan dikunci bersama dengan lidi atau staples.

Lipatan Lonton

Macam macam lipatan daun pisang untuk wadah yang paling akhir adalah lipatan lontong.

Lontong sendiri merupakan tidak benar satu model olahan beras yang biasa disajikan di dalam menu gado gado, opor ayam atau rujak.

Nah, sebelum banyak cetakan lontong dan pemakaian plastik, orang pernah biasa sebabkan lontong bersama dengan memasukkannya pada gulungan daun pisang.

Bentuk fisik lipatan ini serupa bersama dengan lipatan lemper cuma saja lebih panjang dan ke dua ujungnya tidak dibentuk segitiga.

Nasi lontong yang dibungkus daun pisang luarnya bakal berwarna kehijauan dan mengeluarkan aroma khas yang enak saat di rebus.

Itulah berapa model lipatan daun pisang yang digunakan untuk wadah makanan. Selanjutnya, kami bakal menyaksikan menyaksikan model lipatan untuk hias tumpeng. Seperti apa? cek di bawah ini.

Macam Macam Lipatan Daun Untuk Hiasan Tumpeng

Tumpeng yang cantik bakal tambah elok jika ditempatkan di dalam wadah yang cantik pula. nah, tidak benar satu rutinitas urun temurun dari nenek moyang kita, jika sebabkan tumpeng tentu bawahnya bakal dialasi bersama dengan tempeh yang sesudah itu dihias bersama dengan dekorasi daun pisang di sisinya.

Ada banyak variasi lipatan untuk tumpeng supaya orang tidak bosan. selanjutnya ini lebih dari satu diantaranya.

Itulah dia macam macam lipatan daun pisang untuk wadah dan hiasan. semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *