Majas Personifikasi

majas personifikasi

majas personifikasi – Majas sering digunakan didalam dunia literasi, baik didalam wujud puisi, pantun, cerpen, novel, ataupun lirik lagu

Penggunaan majas ditujukan untuk memperindah style bahasa. Dari beragam macam majas yang ada, majas personifikasi adalah salah satu yang paling sering digunakan.

Apa itu Majas Personifikasi?

Personifikasi berasal dai bhs Yunani, yaitu prosopopoeia yang artinya membawa dampak suatu hal jadi layaknya manusia.

Untuk lebih mudahnya, Personifikasi ini dapat disimpulkan membawa dampak makhluk atau benda punya sifat-sifat manusia atau seolah-olah layaknya manusia.

Ciri-ciri Majas Personifikasi

Setiap majas punya ciri khas yang melekat, begitu pula bersama Personifikasi. Untuk dapat membedakan Personifikasi, kami jabarkan ciri-cirinya didalam penjelasan tersebut ini:

Melekatkan karakter manusia kepada benda atau makhluk hidup tak sekedar manusia layaknya hewan dan tumbuhan.
Gambaran yang di sajikan jadi lebih nyata atau konkret
Tujuan berasal dari pemanfaatan majas ini adalah agar benda atau makhluk yang dibandingkan bersama manusia tersebut terkesan berperilaku layaknya manusia.

Ada banyak sekali semisal majah personifikasi yang akan kami sajikan didalam ulasan tersebut ini. Ada banyak objek yang dapat dijadikan personifikasi bersama menyebut tabiat objek tersebut yang layaknya manusia.

Contoh Majas Personifikasi dan Artinya

Personifikasi dapat diambil berasal dari objek benda, makhluk hidup, maupun objek lain. Yang memahami semua objek tersebut dapat diasumsikan punya karakter atau tabiat layaknya manusia.

Contoh Kalimat Majas Personifikasi bersama Objek Benda

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh personifikasi dan artinya. Jadi, Anda akan lebih memahami perihal majas tersebut.

Mentari malu-malu menampakkan dirinya di ufuk timur.

Arti semisal personifikasi: Matahari malu-malu artinya senang terbit

Mobil tua itu merangkak perlahan sementara melalui tanjakan tajam.

Arti semisal kata-kata  personifikasi: Mobil tua yang berlangsung benar-benar lambat disaat berada di jalur beranjak

Honda beat keluaran baru berwarna pink itu benar-benar cantik.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: motor bebek merk Honda Beat yang baru diproduksi punya desain dan warna feminim.

Sejak kepergianmu, aku duduk sendiri setiap malam di teras ini dan hanya ditemani bulan yang tersenyum.

Arti personifikasi contoh: bulan yang tersenyum seolah seorang manusia yang menemani, padahal hanya deskripsi berasal dari kesepian.

Gaun pengantin yang kau merampungkan kemarin sore benar-benar anggun dan cantik.

Arti personifikasi semisal : anggun dan cantik adalah karakter fisik manusia, tapi disematkan terhadap sebuah gaun untuk menggambarkan keindahannya.

Banjir bandang yang berlangsung di pertengahan th. 2017 itu sudah menyapu desa kelahiranku.

Arti semisal kata-kata personifikasi: banjir bandang di sini menggambarkan akibat kejadian layaknya manusia yang tengah menyapu, yaitu bersihkan apa yang dilewatinya. Arti berasal dari kata-kata ini adalah banjir yang berlangsung itu menghancurkan nyaris keseluruhan desa)

Makanan yang di sajikan di meja itu sungguh menggoda untuk dicicipi.

Arti semisal personifikasi: kata “menggoda” adalah tingkah laku manusia. Kata tersebut dilekatkan terhadap makanan bersama maksud bahwa makanan tersebut nampak benar-benar sedap apabila dinikmati.

Teriakan petir sore itu sungguh memekakkan telinga.

Arti semisal kata-kata personifikasi: kata “teriak” selayaknya merupakan tingkah laku manusia. Namun, didalam kata-kata ini digunakan untuk menggambarkan sebuah petir. Maksud berasal dari majas tersebut adalah nada petir yang benar-benar keras.

Sepeda motor keluaran th. 2000-an itu sudah menemani hidupku selama sepuluh th. terakhir.

Arti majas personifikasi semisal : kata menemani selayaknya hanya ditunaikan oleh manusia. Maksud berasal dari kata sepeda motor menemani ini adalah sudah dipakai selama sepuluh th. lamanya.

Santi terkesima melihat awan yang berlangsung indah di langit biru.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: awan yang berlangsung di sini punya makna bergerak. Kata awan berlangsung berniat memperindah kalimat.

Rina sudah menarikan jemarinya diatas keyboard komputer semalaman suntuk.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: kata menari sesungguhnya adalah sebuah aktivitas yang ditunaikan oleh manusia. Jemari dikatakan menari artinya tengah bergerak memencet tuts-tuts keyboar atau tengah mengetik.

Petugas pemadam kebakaran sudah bertarung lima jam lamanya melawan si jago merah.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: kata-kata tersebut menggambarkan kalau pemadam kebaran tengah bertarung bersama si jago merah yang sesungguhnya adalah sebuah benda. Maksud berasal dari kata-kata ini adalah pemadam kebarakan bekerja keras untuk memadamkan api.

Kobaran api melahap setiap sudut gedung apartemen itu.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: melahap merupakan kata yang biasa disematkan terhadap manusia. Dalam semisal kata-kata majas personifikasi tersebut punya maksud bahwa api sudah memakar nyaris semua gedung.

Aku termenung mengenang jaman lalu di bibir Pantai Larung.

Arti semisal kata-kata personifikasi: bibir adalah anggota tubuh manusia. Dalam kata-kata ini maksud kata “bibir Pantai Larung” adalah tepian pantai.

Pada malam naas itu, aku mendengar mobil polisi yang meraung-raung.
BACA :  Pengertian Simbiosis Beserta Contoh Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, dan Parasitisme

Arti semisal kata-kata personifikasi: mobil tersebut berbunyi kencang layaknya manusia yang tengah meraung.

Malam hari matahari tertidur digantikan rembulan.

Arti semisal majas personifikasi: Matahari tenggelam dan seakan-akan tidur layaknya manusia

Dinginnya hawa malam di pegunungan ini menusuk tulangku.

Arti semisal majas personifikasi: Udara benar-benar dingin seakan-akan jadi sampai menusuk di tulang

Angin topan itu mengamuk meluluh-lantakkan permukiman didesaku.

Arti semisal majas personifikasi: Angin topan mengamuk layaknya manusia mengamuk, sama-sama membawa dampak orang lain resah

Aroma masakan ibu menggodaku yang tengah melakukan diet.

Arti semisal majas personifikasi: Sebenarnya hidung yang terangsang oleh aroma masakan, bukan aroma masakan yang menggoda

Menu spicy wings restoran ternama itu menggetarkan lidahku.

Arti semisal majas personifikasi: Saking pedasnya menu tersebut, lidah kami benar-benar kepedesan sampai seakan-akan bergetar.

Contoh Majas Personifikasi dan Artinya bersama Objek Makhluk Hidup

Contoh majas personifikasi dan artinya tidak hanya dapat digunakan terhadap objek benda, melainkan terhitung terhadap hewan dan manusia. Berikut ini semisal majas personifikasi untuk hewan atau tumbuhan yang dapat dijadikan referensi.

Lambaian nyiur menyempurnakan pemandangan tepi pantai.

Arti majas personifikasi contoh: lambaian nyiur artinya gerakan daun nyiur dikarenakan tiupan angina.

Sebuah pohon akasia berdiri gagah di tepi jalur rumahku.

Arti majas personifikasi contoh: pohon akasia yang berukuran besar dan lurus menjulang.

Aku benci setiap malam mesti mendengar pohon bambu di belakang rumah berisik.

Contoh majas personifikasi dan artinya: berisik adalah salah satu tingkah laku manusia. Pada dasarnya, bambu tidak dapat bicara agar makna yang terdapat didalam kata-kata tersebut adalah pohon bambu yang tertiup angin agar mengundang nada berasal dari gesekan.

Bila belum dulu mampir kesana, Anda pasti tidak memahami kalau di belakang pohon pisang yang berbaris rapi itu adalah kuburan masal.

Arti majas personifikasi contoh: pohon pisang berbaris rapi tersebut punya makna ditanam bersama jarak yang pas agar layaknya pasukan manusia yang tengah berbaris.

Para nyamuk liar di tempat ini akan bernyanyi setiap menjelang malam.

Arti semisal majas personifikasi: bernyanyi adalah aktivitas mengeluarkan nada bersama keputusan nada yang indah. Bernyanyi hanya dapat ditunaikan oleh manusia, bukan nyamuk. Kalimat ini artinya nada nyamuk yang banyak seolah tengah bernyanyi.

Aku bahagia berada di bawah pohon beringin yang memayungi di sementara terik.

Contoh majas personifikasi dan artinya: pohon beringin pasti tidak dapat benar-benar memayungi, maksud kata-kata ini adalah daun lebat terhadap pohon beringin seolah jadi paying bagi siapa saja yang berada di bawahnya.

Burung kenari itu bersiul-siul bersama lantangnya di pagi hari.
Contoh Kalimat Majas Personifikasi Lainnya

Contoh kata-kata majas personifikasi terhitung dapat digunakan terhadap objek lainnya. Berikut adalah semisal majas personifikasi dan artinya bersama objek campur:

Tanah longsor mengubur semua rumah di Desa Sekarsari.

Arti semisal personifikasi: tindakan “mengubur” selayaknya ditunaikan oleh manusia, tapi disematkan terhadap tanah longsor bersama pengertian bahwa tanah longsor tersebut menimbun secara keseluruhan semua yang ada di wilayah Desa Sekarsari.

Kemarin, Saya pergi ke Bandung ditemani Avansa Veloz warna putih.

Arti semisal personifikasi : mobil Avansa Veloz disebut menemani yang selayaknya aktivitas tersebut ditunaikan oleh manusia. Arti kata “menemani” di sini adalah mengendarai.

Api sudah melahap semua anggota keluargaku sepuluh th. yang lalu.

Arti semisal personifikasi: kata “Api melahap” didalam kata-kata ini punya makna “membakar bersama cepat dan menyeluruh”. Melahap sesungguhnya adalah kata kerja untuk manusia.

Tsunami yang berlangsung beberapa th. lalu itu sudah menyapu bersih lima desa di sekitarnya.

Arti semisal personifikasi : kata kerja “menyapu” biasanya dipakai untuk manusia, tapi kali ini disematkan terhadap subjek “tsunami” bersama maksud “menghanyutkan sampai habis.

Aku terbangun di malam hari dikarenakan bisikan angin yang entah berasal darimana.

Arti semisal personifikasi: kata “bisikan” adalah untuk manusia, tapi disematkan terhadap subjek “angin” bersama maksud “membangunkan bersama nada pelan”.

Aku mendengar teriakan guntur sebelum saat gempa tektonik dahsyat itu terjadi.

Arti semisal personifikasi: teriakan guntur punya makna nada guntur yang benar-benar keras atau menggelegar.

Jari Raisa menari-nari di atas piano, mengalunkan nada-nada indah.

Arti semisal personifikasi: maksud berasal dari “menari-nari” di didalam kata-kata tersebut adalah memencet piano.

Tyas tidak menginginkan malam merenggut kegembiraan yang dirasakannya siang tadi.

Arti semisal personifikasi: “malam merenggut keceriaan” pasti bukan makna sesungguhnya dikarenakan malam adalah benda mati yang tidak mungkin melakukan suatu perbuatan. Makna “merenggut” di sini adalah “berganti”.

Angin topan kemarin sore sudah membawa kabur sepedaku yang terparkir di depan rumah.

Arti semisal personifikasi: maksud berasal dari kata “membawa kabur” di sini adalah “terseret bersama”.

Setahun sudah hidupku ditemani gemerlap bintang malam.

Arti semisal personifikasi : bintang malam tidak benar-benar menemani, tapi dikiaskan demikianlah sebagai deskripsi kesepian.

Daun-daun kelapa itu melambai-lambai kepadaku, seolah menginginkan aku duduk di bawah pohonnya.

Arti semisal personifikasi: sesungguhnya daun-daun tersebut bergerak dikarenakan tertiup angin. Namun, didalam kata-kata tersebut dibikin layaknya melakukan tingkah laku manusia, yaitu “melambai-lambai”.

Aku bahagia mendengar radio tua itu menyanyikan tembang kenangan.
BACA :  Contoh Surat Resmi; Struktur dan Penjelasannya

Arti semisal personifikasi: radio tua itu memutar lagu tembang kenangan.

Sore itu, aku berjalan-jalan di kurang lebih taman kota ditemani oleh scoopy merah kesayanganku.

Arti semisal majas personifikasi: scoopy merah di sini sesungguhnya bukan “menemani” melainkan “dikendarai oleh pemiliknya.

Mendung bergelayutan manja di langit, menandakan akan turun hujan sebentar lagi.

Arti semisal majas personifikasi: mendung tidak bergelayutan layaknya ditunaikan oleh manusia, tapi hanya bergerak memenuhi atmosfir.

Aku jemu bersama raungan mobil tua ini apabila diajak naik gunung.

Arti semisal personifikasi: mobil tua di sini dibikin seolah dapat meraung layaknya layaknya manusia. Padahal yang dimaksud adalah mengeluarkan bunyi mesin yang keras.

Satu jam yang lalu perutku meronta minta diisi, itulah alas an keberadaanku di sini sekarang.

Arti semisal majas personifikasi: perut tidak benar-benar meronta layaknya yang ditunaikan manusia, tapi mengeluarkan bunyi gas menandakan lapar.

Alika jemu bersama nyanyian sendu tape recorder itu.

Arti semisal  personifikasi: lagu yang diputar oleh tape recorder.

Cermin klasik berwarna perak itu sudah menggambarkan kecantikanku secara sempurna.

Arti semisal  personifikasi: menggambarkan adalah aktivitas yang ditunaikan manusia, cermin tidak dapat melukis

Ombak besar menelan perahu nelayan yang tengah melaut.

Arti semisal majas personifikasi: menelan adalah tabiat manusia dan pasti tidak dapat ditunaikan oleh ombak.

Sepucuk undangan merah itu melenyapkan harapannya untuk bersanding bersama Alika di pelaminan.

Arti semisal majas personifikasi: isikan undangan tersebut membawa dampak harapannya pupus.

Angin topan itu berlangsung cepat menuju arah timur.

Arti semisal personifikasi: “berjalan cepat” punya makna “bergerak”.

Tsunami menerjang apa-pun yang dilaluinya.

Arti semisal personifikasi : “menerjang” punya makna “arus tsunami membawa serta”.

Mata Vania membunuh siapapun yang dipandangnya.

Arti semisal majas personifikasi: “membunuh” punya makna “sangat menakutkan”.

Gemuruh petir menakuti orang-orang desa sore itu.

Arti semisal majas personifikasi: “menakuti” artinya membawa dampak orang-orang jadi kuatir dikarenakan kerasnya nada petir.

Gemericik air sungai bernyanyi cocok bersama nada seruling yang ditiup lelaki desa itu.

Arti semisal personifikasi: “bernyanyi” punya makna berbunyi.

Badai sudah menyita paksa rumah-rumah masyarakat Desa Majusari.

Arti semisal majas personifikasi : “mengambil paksa” berniat bahwa badai membawa dampak rumah-rumah jadi roboh dan berserakan.

Album foto pernikahan itu mengajak Raisa mengenang jaman lalu bersama Dilan.

Arti semisal personifikasi: “mengajak” punya makna membawa dampak Raisa mengenang jaman lalu.

Rumah tua ini melihat pertengkaran hebat Alan dan Denisa setiap malam.

Arti semisal personifikasi: kata-kata tersebut artinya pertengkaran itu berlangsung di sebuah rumah tua.

Bumi menangis melihat tingkah laku orang-orang yang makin lama tak acuhkan terhadap kelestarian alam.

Arti semisal majas personifikasi: menggambarkan kerusakan alam yang terjadi.

Suara gamelan tetangga memecah kesunyian malam.

Arti semisal personifikasi : “memecah” punya maksud membawa dampak kondisi sunyi jadi ramai.

Gua itu memelihara Alan berasal dari panas dan hujan disaat tersesat di hutan.

Arti semisal personifikasi: “melindungi” berniat bahwa Alan berteduh di didalam gua.

Buah pisang menyelamatkan perut Darius disaat kehabisan bekal sementara turun gunung.

Arti semisal majas personifikasi: “menyelamatkan” punya makna bahwa Darius memenuhi keperluan makanannya berasal dari buah pisang.

Aliran air sungai menyentuh kakiku bersama lembut.

Arti semisal personifikasi: kakiku dimasukkan ke didalam air sungai.

Secarik kertas pengumuman ini sudah merobek-robek harapanku jadi seorang PNS.

Arti semisal majas personifikasi: pengumuman terhadap kertas itu tidak cocok harapan.

Pohon beringin di lapangan itu memayungi anak-anak yang tengah latihan baris.

Arti semisal personifikasi: anak-anak berteduh di bawah rimbunnya daun pohon beringin.

Baju baruku menggoda untuk langsung dikenakan.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: aku benar-benar menyukai pakaian itu agar menginginkan langsung memakainya.

Kotak beludru berwarna biru punya ibu menyimpan kenangan selama dua puluh th. bersama ayah.

Arti semisal majas personifikasi: subjek aku yang sesungguhnya menyimpan benda-benda bersejarah bersama ayahnya di didalam kotak beludru.

Koyo cabe yang kupasang barusan memijat-mijat punggungku yang pegal.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: “memijat-mijat” punya makna rasa hangat yang ada terhadap koyo cabe layaknya rasa pijatan manusia.

Segelas air melenyapkan dahagaku setelah berolahraga.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: rasa dahaga hilang setelah minum air.

Sepiring nasi menyingkirkan rasa laparku sejak tadi pagi.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: rasa lapar jadi kenyang setelah memakan sepiring nasi.

Buku-buku tebal di perpustakaan mengajariku langkah berbisnis bersama benar.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: subjek aku membaca buku yang isinya perihal langkah berbisnis.

Secangkir kopi menemaniku mengerjakan laporan sampai larut malam.

Arti semisal kata-kata personifikasi: maksud kata “menemani” didalam kata-kata ini adalah tersedia.

Tangisan bayi tetangga memecah kesunyian malam.

Arti semisal kata-kata personifikasi: maksud kata “memecah” didalam kata-kata ini adalah mengubah suasana.

Bulan malu-malu menampakkan diri berasal dari peraduannya.

Arti semisal kata-kata majas personifikasi: maksud kata “malu-malu” didalam kata-kata ini adalah nampak sedikit.

Meteor berlarian ke arah bumi, tapi habis digerus atmosfir.

Arti semisal kata-kata personifikasi: maksud kata “berlarian” didalam kata-kata ini adalah bergerak bersama cepat.

Aku tetap menatap nisan ibu sementara hujan berlarian menuju bumi.

Arti semisal kata-kata personifikasi: maksud kata “berlarian” didalam kata-kata ini adalah turun deras.

Pagar tinggi depan rumah menghambat penjahat yang hendak masuk diam-diam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *