Organisasi Dibawah Naungan PBB

organisasi dibawah naungan pbb

organisasi dibawah naungan pbb – PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan organisasi internasional yang beranggotakan 193 negara di seluruh dunia. Dalam menjalankan tugasnya, PBB punya beberapa organisasi dan badan khusus yang bergerak di bidang-bidang tertentu, jikalau WHO (kesehatan), FAO (pangan dan pertanian), IMO (maritim), dan lain sebagainya.

PBB sendiri didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945. Nama resminya adalah United Nations, biasa disingkat UN. Beberapa tujuan PBB adalah untuk merawat perdamaian dan keamanan dunia, memajukan pertalian persaudaraan antarbangsa lewat penghormatan HAM, dan juga untuk membina kerjasama internasional di dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Selain itu, terkandung banyak organisasi dan badan khusus PBB yang berfungsi untuk bekerja pada isu-isu khusus cocok spesialisasi masing-masing. Berdasarkan Piagam PBB atau UN Charter perlihatkan bahwa tiap tiap organ utama PBB dapat membangun beraneka badan khusus untuk mencukupi tugasnya masing-masing.

Beberapa instansi PBB yang paling tenar adalah WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), World Bank (Bank Dunia), UNESCO (Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB), FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian), dan lain sebagainya. Tiap badan khusus PBB menjalankan program dan tugasnya secara langsung.

Organisasi Di Bawah Naungan PBB

Berikut ini merupakan 17 nama-nama organisasi, lembaga, dan badan khusus di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) beserta profil, tahun dibentuk, letak markas, tugas dan obyek dan juga keterangannya lengkap.organisasi dibawah naungan pbb

1. FAO

Nama formal : Food and Agriculture Organization
Nama Indonesia : Organisasi Pangan dan Pertanian
Tahun dibentuk : 1945
Markas : Roma, Italia

FAO atau Organisasi Pangan dan Pertanian merupakan tidak benar satu organisasi PBB yang bertujuan untuk tingkatkan tingkat nutrisi dan taraf hidup, untuk tingkatkan produksi, proses, pemasaran dan penyaluran product pangan dan pertanian, untuk mempromosikan pembangunan di pedesaan, dan juga untuk menghilangkan kelaparan.

2. IAEA

Nama formal : International Atomic Energy Agency
Nama Indonesia : Badan Tenaga Atom Internasional
Tahun dibentuk : 1957
Markas : Vienna, Austria

IAEA atau Badan Tenaga Atom Internasional merupakan organisasi independent PBB yang didirikan pada tahun 1957. Tujuan IAEA adalah mempromosikan penggunaan daya nuklir secara damai dan juga menangkal penggunaannya untuk kepentingan perang dan militer.

3. ICAO

Nama formal : International Civil Aviation Organization
Nama Indonesia : Organisasi Penerbangan Sipil Internasional
Tahun dibentuk : 1947
Markas : Montreal Quebec, Kanada

ICAO atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional merupakan organisasi PBB yang bergerak di bidang penerbangan sipil. Tujuannya adalah mengembangkan tehnik dan prinsip-prinsip navigasi hawa internasional dan juga mendukung perkembangan perencanaan dan pengembangan angkutan hawa internasional untuk menegaskan pertumbuhannya terencana dan aman.

4. IFAD

Nama formal : International Fund for Agricultural Development
Nama Indonesia : Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian
Tahun dibentuk : 1977
Markas : Roma, Italia

IFAD atau Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian adalah badan di bawah naungan PBB yang bertujuan untuk sedia kan pendanaan dan menjalankan sumber-sumber tambahan untuk program-program yang khusus dirancang untuk pengembangan ekonomi lokasi miskin, terutama bersama mengembangkan produktivitas agrikultural.organisasi dibawah naungan pbb

5. ILO

Nama formal : International Labor Organization
Nama Indonesia : Organisasi Buruh Internasional
Tahun dibentuk : 1946
Markas : Jenewa, Swiss

ILO atau Organisasi Buruh Internasional merupakan instansi PBB yang berfokus pada isu buruh di seluruh dunia. Lembaga ini udah tersedia sejak tahun 1919 sebagai anggota berasal dari Persetujuan Versailles usai Perang Dunia II, dan menjadi anggota PBB usai dibentuk pada tahun 1945.

6. IMO

Nama formal : International Maritime Organization
Nama Indonesia : Organisasi Maritim Internasional
Tahun dibentuk : London, Inggris
Markas : 1948

IMO atau Organisasi Maritim Internasional adalah instansi PBB yang bertugas untuk mengkoordinasikan keselamatan maritim internasional dan pelaksanaannya. IMO termasuk mempromosikan kerjasama antar pemerintah dan antar industri pelayaran untuk tingkatkan keselamatan maritim dan untuk menghambat polusi air laut.

7. IMF

Nama formal : International Monetary Fund
Nama Indonesia : Dana Moneter Internasional
Tahun dibentuk : Washington DC, Amerika Serikat
Markas : 1945

IMF atau Dana Moneter Internasional adalah organisasi internasional yang bertujuan untuk mempererat kerja mirip moneter global, memperkuat kestabilan keuangan, mendorong perdagangan internasional, memperluas lapangan pekerjaan dan perkembangan ekonomi berkelanjutan, dan juga mengentaskan kemiskinan di seluruh dunia.

8. ITU

Nama formal : International Telecommunication Union
Nama Indonesia : Uni Telekomunikasi Internasional
Tahun dibentuk : 1947
Markas : Jenewa, Swiss

ITU atau Uni Telekomunikasi Internasional merupakan organisasi internasional yang didirikan untuk meregulasi radio internasional dan telekomunikasi. Tujuan ITU adalah jalankan standardisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian alur interkoneksi pada negara-negara berlainan untuk amat mungkin panggilan telepon internasional.

9. UNESCO

Nama formal : United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization
Nama Indonesia : Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB
Tahun dibentuk : 1946
Markas : Paris, Prancis

UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Sains, dan Kebudayaan PBB merupakan badan khusus PBB yang bertujuan untuk mendukung perdamaian, dan keamanan bersama mempromosikan kerja mirip antar negara lewat pendidikan, pengetahuan pengetahuan, dan budaya di dalam rangka tingkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, ketentuan hukum, HAM, dan kebebasan hakiki.

10. UNIDO

Nama formal : United Nations Industrial Development Organization
Nama Indonesia : Organisasi Pengembangan Industri PBB
Tahun dibentuk : 1967
Markas : Vienna, Austria

UNIDO atau Organisasi Pengembangan Industri PBB merupakan instansi PBB yang bertujuan untuk mempromosikan dan mempercepat perkembangan industrial di negara-negara berkembang dan negara-negara yang tengah di dalam era transisi ekonomi, dan juga untuk mempromosikan kerjasama industrial internasional.

11. UNWTO

Nama formal : United Nations World Tourism Organization
Nama Indonesia : Organisasi Pariwisata Dunia PBB
Tahun dibentuk : 1974
Markas : Madrid, Spanyol

UNWTO atau Organisasi Pariwisata Dunia PBB merupakan badan khusus yang berada di bawah naungan PBB yang berfokus untuk menangani masalah pariwisata di seluruh dunia. Organisasi UNWTO dibentuk pada tahun 1974 dan kini bermarkas di kota Madrid, Spanyol.

12. UPU

Nama formal : Universal Postal Union
Nama Indonesia : Kesatuan Pos Sedunia
Tahun dibentuk : 1947
Markas : Bern, Swiss

UPU atau Kesatuan Pos Sedunia merupakan instansi internasional yang udah dibentuk sejak tahun 1874, dan lantas menjadi badan khusus PBB sejak tahun 1947. Organisasi ini udah bergerak di dalam bidang pengiriman barang dan prangko.

13. World Bank

Nama formal : World Bank
Nama Indonesia : Bank Dunia
Tahun dibentuk : 1945
Markas : Washington DC, Amerika Serikat

World Bank atau Bank Dunia merupakan instansi keuangan internasional yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan di seluruh dunia. Tugas Bank Dunia adalah sedia kan utang kepada negara-negara yang di dalam bagian berkembang untuk program dukungan modal.

14. WFP

Nama formal : World Food Programme
Nama Indonesia : Program Pangan Dunia
Tahun dibentuk : 1963
Markas : Roma, Italia

WFP atau Program Pangan Dunia merupakan instansi PBB yang didirikan oleh FAO atau Organisasi Pangan dan Pertanian. Tujuannya adalah untuk memberi tambahan dukungan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang untuk program pangan di negara-negara berkembang.

15. WHO

Nama formal : World Health Organization
Nama Indonesia : Organisasi Kesehatan Dunia
Tahun dibentuk : 1948
Markas : Jenewa, Swiss

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia merupakan tidak benar satu badan khusus di bawah naungan PBB yang bergerak di bidang medis dan kesehatan. WHO bertindak sebagai koordinator kebugaran umum internasional. Kini WHO bermarkas di Jenewa, Swiss.

16. WIPO

Nama formal : World Intellectual Property Organization
Nama Indonesia : Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia
Tahun dibentuk : 1974
Markas : Jenewa, Swiss

WIPO atau Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia adalah tidak benar satu organisasi di bawah naungan PBB yang bertujuan untuk mendorong kreativitas dan memperkenalkan dukungan kekayaan intelektual ke seluruh dunia.

17. WMO

Nama formal : World Meteorological Organization
Nama Indonesia : Organisasi Meteorologi Dunia
Tahun dibentuk : 1950
Markas : Jenewa, Swiss

WMO atau Organisasi Meteorologi Dunia merupakan instansi di bawah naungan PBB yang berfokus pada bidang meteorologi, hidrologi, dan geofisika. Lembaga ini udah dibentuk sejak tahun 1873 secara independen, namun baru menjadi badan khusus PBB sejak tahun 1950.

Nah itulah referensi 17 nama-nama organisasi di bawah naungan PBB beserta nama resmi, tahun dibentuk, letak markas, dan obyek organisasinya. Semoga tingkatkan referensi berkenaan organisasi dan lembaga-lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *