Pencemaran Lingkungan

pencemaran lingkungan

pencemaran lingkungan – Saat ini, kualitas udara perkotaan tetap jadi fokus utama pemberitaan di berbagai media. Berbagai upaya telah dilakukan untuk melakukan perbaikan polusi udara, salah satunya dengan mobilisasi masyarakat menaiki transportasi umum. Tidak sedikit fakta mengatakan bahwa udara yang tercemar mampu membunuh lebih banyak orang daripada penyakit beresiko seperti malaria atau tuberculosis (TBC). Atau, setidak-tidaknya mampu menyebabkan kerusakan kebugaran kulit wajah.

Walaupun pemerintah telah bergerak untuk mengurangi polusi udara, tetap banyak yang mampu kami jalankan tidak cuman rutin memakai produk masker wajah untuk memelihara kulit dari bahaya polusi. Setiap individu perlu berkontribusi demi menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

Langkah kecil terkecuali dilakukan secara serentak, bakal terlampau artinya untuk mengurangi polusi. Lalu apa saja sih yang mampu kami lakukan?

Yuk, liat cara mengatasi polusi udara dengan tepat tersebut ini, merasa dari diri dan lingkungan sendiri!

Pencemaran Lingkungan

1. Mengurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor

Transportasi di jalanan merupakan penghasil oksida nitrogen terbesar. Nitrogen oksida merupakan polutan udara yang mempunyai dampak jelek terhadap paru-paru. Masalah polutan yang beresiko dari kendaraan bermotor mampu dirasakan di kota-kota besar dengan lantas lintas yang padat.pencemaran lingkungan

Untuk mendukung mengurangi polusi dari kendaraan bermotor kamu mampu melakukannya dengan cara seperti tidak berkendara di selagi jam macet, membawa bekal agar tidak perlu muncul berkendara selagi jam makan siang, menumpang kendaraan teman kamu.

Hindari juga untuk memakai mobil dengan bahan bakar diesel, dikarenakan mobil ini mengeluarkan lebih banyak nitrogen oksida.

2. Hemat Energi

Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa banyak masalah kesehatan yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil. Pembakaran fosil untuk memproses kekuatan mengundang polutan.

Seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida, karbon dioksida dan beberapa polutan lainnya yang berbahaya. Zat ini bukan cuma berdampak jelek terhadap kebugaran manusia, tapi juga terhadap lingkungan.

Untuk itu, cara enteng yang mampu kamu jalankan adalah dengan mengurangi pemanfaatan listrik di tempat tinggal dan tempat kerja.

Seperti menggunakan air conditioner (AC) seperlunya, mencabut colokan yang tidak digunakan, dan mematikan lampu selagi pagi siang hari.pencemaran lingkungan

3. Membeli Produk Daur Ulang

Terdapat banyak proses yang diperlukan untuk membawa dampak sebuah produk. Mulai dari bahan baku yang perlu ditambang, di angkut, diolah sampai selanjutnya diubah jadi product siap pakai.

Setiap langkah pembuatan suatu barang, disertai dengan emisi, bahan kimia gas rumah kaca, dan polutan lainnya.

Dengan memakai product daur ulang, pemanfaatan kekuatan dan polusi mampu berkurang. Jadi, kamu perlu berusaha untuk melacak product daur kembali ya sebelum akan belanja sesuatu.pencemaran lingkungan

4. Menggunakan Produk yang Sustainable

Sebuah studi terhadap 2017 yang diterbitkan dalam International Journal of Science menyatakan bahwa 22 persen kematian dini yang disebabkan oleh polusi udara berjalan di negara-negara yang memproses barang ‘murah.’

Negara yang memproses barang murah tidak mempunyai batasan emisi lantas udara kotor yang berasal dari negara mereka juga jadi udara yang kami memakai untuk bernapas.

Sehingga, pola mengkonsumsi kami terhadap sesuatu, pengaruhi tingkat polusi udara secara global. Jadi, pikir dua kali sebelum akan belanja barang baru demi kualitas udara yang lebih baik.

Jika kamu terlampau memerlukan product baru, kamu mampu melacak perusahaan yang berkomitmen di dalam mengurangi polusi udara.

5. Menanam Pohon

Menanam pohon di lebih kurang tempat tinggal merupakan cara kecil yang mampu mengurangi polusi udara secara signifikan. Berdasarkan penemuan para peneliti dari University of Southampton, pohon menyerap 850-2.000 ton partikel beresiko dari udara perkotaan setiap tahunnya.

Selain menghalau partikel, pohon juga turunkan kadar nitrogen dioksida, sulfur dioksida, karbon dioksida dan monoksida, ozon, benzena, dan dioksin.

Pohon yang ditanam di tempat tinggal kamu juga mampu memperlambat udara yang tercemar agar tidak dibawa jauh oleh angin.

6. Berjalan, Bersepeda atau Memanfaatkan Transportasi Umum

Saat ini di Indonesia, lebih-lebih kota besar, pemerintah telah banyak memberi tambahan fasilitas dan juga kemudahan untuk memakai berbagai transportasi umum. Jika kamu memakai transportasi lazim selagi bekerja, ini merupakan cara yang baik untuk mengurangi polusi.

Bahkan, cuma satu kali atau dua kali seminggu memakai transportasi umum, kamu telah berkontribusi untuk mengurangi polusi dan kemacetan lho.

Berjalan atau naik sepeda tidak kesusahan tambah memberi banyak fungsi untukmu. Kamu mampu melacak jalur pintas yang sempit dan hidup lebih sehat.

7. Makan Produk Lokal dan Organik

Industri Konvensional merupakan penghasil amonia, nitro oksida dan juga mampu pancarkan metana konsentrasi tinggi dan gas tempat tinggal kaca yang kuat. Sebuah fakta dari penelitian, menyatakan bahwa terkecuali polutan ini menyatu, maka bakal membentuk  partikel halus yang enteng menyebabkan kerusakan proses pernapasan kita.

Untuk itu, kamu perlu pertimbangkan kembali nih untuk belanja product organik daripada yang konvensional.

Selain itu, carilah product lokal dikarenakan dengan cara ini kamu mendukung berkontribusi untuk mengurangi emisi dari transportasi dan kekuatan yang diperlukan untuk memperoleh makanan kamu.

8. Mengurangi Makan Daging

Langkah lainnya yang mampu kamu jalankan adalah dengan mengurangi mengkonsumsi daging. Ilmuwan mengungkapkan bahwa daging sapi menghasilkan lima kali lebih banyak emisi gas tempat tinggal kaca.

Dengan mengurangi makan daging beberapa hari di dalam seminggu atau makan maksimum 90 gram daging sehari, kamu mampu mendukung turunkan polusi udara, dan bahkan membawa dampak pengeluaran makanmu berkurang.

9. Berkebun

Saat ini, semua bahan makanan mampu dibeli di supermarket. Mulai dari buah, sayur dan rempah-rempah tersedia. Namun, apa kamu pernah berpikir bahwa  bahan makanan ini perlu menempuh jarak yang jauh?

Cara yang paling enteng untuk berkontribusi mengurangi polusi adalah dengan menanam bahan makanan sendiri. Kamu bisa dengan enteng menanam di kebun belakang rumah, tidak cuman lebih hemat, tentu bebas dari bahan kimia.

10. Meningkatkan Kesadaran

Kesadaran yang meningkat mengenai masalah polusi mampu jadi cara awal untuk pengaruhi orang-orang di lebih kurang kamu agar mereka turut berkontribusi.

Seperti yang telah dibahas di atas, beberapa besar cara mengatasi polusi udara ini berakar dari perilakumu sehari-hari. Kamu mampu jadi contoh yang baik bagi teman, keluarga, dan lingkungan lebih kurang untuk jalankan perubahan.

11. Jika perlu mengfungsikan kendaraan bermotor, laksanakan ini

Apabila Anda terpaksa membawa kendaraan bermotor, tersedia lebih dari satu hal yang bisa dijalankan untuk sedikit mengurangi pencemaran udara, yaitu:

Tidak menyalakan mesin saat tengah berhenti dalam saat yang memadai lama.
Mengendarai motor atau mobil bersama dengan baik. Misalnya bersama dengan mengurangi rem mendadak untuk menghemat bahan bakar. Sehingga, polusi hawa pun bisa berkurang.
Jika memungkinkan, cobalah berubah ke kendaraan listrik.

12. Memelihara lebih banyak tanaman

Anda tidak perlu punya lahan yang luas untuk bisa menambah jumlah tanaman di rumah. Cukup bersama dengan memelihara tanaman hias seperti lidah mertua di pot, bisa memmbantu menyaring hawa di dalam ruangan.

13. Menghentikan tradisi merokok

Asap rokok merupakan salah satu penyebab polusi hawa di dalam ruangan yang paling umum. Sehingga, menghentikan tradisi merokok bisa jadi salah satu langkah menanggulangi polusi hawa yang ampuh.Bahaya merokok pun tidak cuma bisa merusak kesehatan perokok aktif dan perokok pasif, tapi juga perokok ketiga. Perokok ketiga atau third hand smoke, tidak perlu berada di ruangan yang mirip bersama dengan perokok untuk merasakan pengaruh buruknya. Sebab, partikel beresiko asap rokok bisa melekat di beragam layanan umum yang dulu terpapar polusi ini.

Nah, itulah cara untuk mengurangi polusi udara, yuk segera bergerak dan ambil cara kecil untuk membawa dampak perubahan besar!

Jangan anggap sepele kualitas udara yang kamu hirup sehari-hari, dikarenakan udara merupakan unsur mutlak yang mampu pengaruhi kebugaran dan pilih kualitas hidup di era kini dan era depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *