Pengertian Lingkungan Hidup

pengertian lingkungan hidup

pengertian lingkungan hidup – Hamparan laut biru yang luas, dataran, bukit-bukit, pegunungan, langit yang biru yang disinari matahari, semuanya merupakan lingkungan alam. Lingkungan hidup mencakup lingkungan alam yang meliputi lingkungan fisik, biologi, dan budaya.

Undang-Undang Lingkungan Hidup No. 4 tahun 1982 yang disempurnakan dengan Undang-Undang Lingkungan Hidup No. 23 tahun 1997 pasal 1 menyebut pengertian lingkungan hidup sebagai berikut. “Lingkungan hidup adalah kesatuan area dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, juga manusia dan perilakunya, yang merubah perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.”

Lingkungan hidup sebagaimana yang dimaksud didalam undang-undang tersebut merupakan suatu sistem yang meliputi lingkungan alam hayati, lingkungan alam nonhayati, lingkungan buatan, dan lingkungan sosial. Semua komponen-komponen lingkungan hidup seperti benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup bergabung didalam satu wadah yang menjadi daerah berkumpulnya komponen itu disebut ruang. Pada area ini berlangsung ekosistem, yakni suatu susunan organisme hidup di mana salah satu lingkungan abiotik dan organisme tersebut berhubungan pertalian yang serasi dan stabil, saling berikan dan terima kehidupan.

Pengertian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah bahagian yang tidak terpisahkan didalam kehidupan manusia. Untuk itu,sudah seharusnya kami memperlakukannya dengan istimewa. Apabila lingkungan hidup kami terpelihara maka kami dapat survive di bumi ini. Tetapi, sebaliknya manakala lingkungan hidup kami rusak maka nyawa adalah taruhannya. Sebagai semisal kecil berasal dari kehidupan kami sehari-hari: kami melepaskan selokan kami kotor dan menjadi daerah pembuangan sampahsampah tempat tinggal tangga kita. Akhirnya, air menjadi tergenang dan menjadi daerah perkembangbiakan nyamuk berbahaya (malaria). Akibat ulah kami malas membersihkan selokan dan tidak menyingkirkan sampah secara benar, nyawa pun menjadi melayang.

Dalam pelihara lingkungan hidup, antara lain adalah:

Pertama,menanamkan kesadaran keseluruhan terhadap makna perlu sebuah lingkungan. Para elite perlu mengakses mata lahir dan hati berapa banyak udah jiwa yang melayang karena ulah kami mendambakan mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Lingkungan hidup bukan untuk digarap habis untuk kami tetapi mencermati anak cucu kami ke depan.

Kedua,menyadariakibat buruk berasal dari pengrusakan lingkungan. Sudah banyak semisal konkrit di negeri ini akibat kelalaian kami merawat lingkungan ratusan apalagi ribuan nyawa perlu melayang.
Ketiga, menumbuhkan motivasi cinta lingkungan. Cinta kepada lingkungan perlu dibuktikan bukan hanya hanya slogan, seminar lingkungan hidup di hotel dan sebagainya. Seperti mulailah: membersihkan lingkungan kami berasal dari hal-hal yang kotor. Menjadi penduduk yang bersih. Rasulullah Saw. bersabda: kebersihan itu lebih dari satu berasal dari iman. Buanglah sampah terhadap tempatnya dan hijau kan lingkungan kami dengan tanaman tanaman yangmenyejukkan.

Keempat,wujudkansikapramah terhadaplingkungan. Seperti daur lagi sampah sebagaimana strategi Ibu Dewi Budiarti TJ Said (aktivis Peduli Iingkungan Hidup) dengan Pilah Tanam terhadap sampah Rumah Tangga. Selain melestarikan lingkungan juga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi keluarga.
Kelima,aktualisasikan “kearifan lokal” (Local Wisdom) didalam mengoptimalkan lagi keperdulian dan pelestarian terhadap lingkungan hidup.

Keenam, tanamkan ke didalam jiwa komitmen “apa yang kami laksanakan hari ini adalah untuk anak-cucu kami kelak”. Mudahmudahan Allah Swt. menunjuki jalur terbaik bikin kami untuk memperlakukan lingkungan dengan istimewa dengan senantiasa melestarikannya. Wallahu a’lamu.

Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian lingkungan hidup yang dikemukakan oleh lebih dari satu ahli.

JONNY PURBA
Lingkungan hidup merupakan suatu wilayah yang merupakan daerah berasal dari berlangsungnya bermacam macam pertalian sosial diantara berbagai group beserta juga pranatanya dengan simbol serta nilai.
SRI HAYATI
Lingkungan hidup merupakan suatu kesatuan area dengan semua benda dan juga situasi makhluk hidup. yang Termasuk di dalamnya adalah manusia serta juga perilakunya yang melangsungkan perikehidupan serta kesejahteraan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.
MUNAJAT DANUSAPUTRA
Lingkungan hidup merupakan semua benda dan juga situasi yang juga di dalamnya manusia dan juga aktifitasnya, yang terkandung didalam area yangmana manusia itu berada serta mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga kesejahteraan manusia serta jasad hidup lainnya.
EMIL SALIM
Lingkungan hidup merupakan segala benda, kondisi, keadaan, serta juga pengaruh yang terkandung didalam suatu ruangan yang kami menduduki serta juga mempengaruhi perihal yang hidup juga didalam kehidupan manusia.
UU NO. 32 TAHUN 2009
Menurut Undang-Undang Lingkungan Hidup Nomor. 23 Thn 1997 Pasal 1 yang lantas disempurnakan oleh Undang-Undang No. 32 Thn 2009, keduanya itu mendeskripsikan perihal pengertian lingkungan hidup ialah sebagai berikut: “Lingkungan hidup merupakan kesatuan area dengan semua benda, daya, keadaan, serta juga makhluk hidup juga manusia dan juga perilakunya, yang merubah perikehidupan serta juga kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lain.” Selanjutnya didalam UU No. 32 Tahun 2009, pengertian lingkungan hidup tersebut diperjelas lagi dengan pasal perihal pengendalian lingkungan hidup ialah sebagai berikut:”Pengedalian pencemaran atau rusaknya lingkungan hidup tersebut dijalankan didalam rangka pelestarian manfaat lingkungan hidup.
Manfaat Lingkungan Hidup

Dengan kemampuan yang dimilikinya, manusia tidak hanya dapat menyesuaikan diri. Akan tetapi, manusia juga dapat mengfungsikan potensi lingkungan untuk lebih mengembangkan mutu kehidupannya. Bagi manusia, tak sekedar sebagai daerah tinggalnya,

lingkungan hidup juga dapat dimanfaatkan sebagai:

Media penghasil bahan kebutuhan pokok (sandang, pangan, dan papan
wahana bersosialisasi dan berinteraksi dengan makhluk hidup atau manusia lainnya
sumber energi
sumber bahan mineral yang dapat dimanfaatkan untuk menopang kelangsungan hidup manusia; serta
media ekosistem dan pelestarian flora dan fauna serta sumber alam lain yang dapat dilindungi untuk dilestarikan.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Lingkungan Sosial : Pengertian, Faktor, Dan Jenis Beserta Contohnya Lengkap

Usaha dan Masalah Lingkungan Hidup
Usaha -Usaha Pelestarian Lingkungan Hidup

Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dijalankan dengan cara-cara tersebut ini.

Melakukan pengolahan tanah cocok situasi dan kemampuan lahan, serta menyesuaikan sistem irigasi atau drainase supaya aliran air tidak tergenang.
Memberikan perlakuan tertentu kepada limbah, seperti diolah khususnya dahulu sebelum akan dibuang, supaya tidak mencemari lingkungan.
Melakukan reboisasi terhadap lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta laksanakan sistem tebang menentukan atau tebang tanam supaya kelestarian hutan, sumber air kawasan pesisir/pantai, dan fauna yang tersedia di dalamnya dapat terjaga.
Menciptakan dan mengfungsikan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan.
Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap tingkah laku para pemegang Hak Pengusahaan rimba (HPH) supaya tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran.

Sementara itu, sebagai seorang pelajar apa usaha yang dapat kalian laksanakan didalam usaha pelestarian lingkungan hidup? Beberapa perihal yang dapat kalian laksanakan sebagai wujud usaha pelestarian lingkungan hidup, antara lain sebagai berikut:

Menghemat pemanfaatan kertas dan pensil,
Membuang sampah terhadap tempatnya,
Memanfaatkan barang-barang hasil daur ulang,
Menghemat pemanfaatan listrik, air, dan BBM, serta
Menanam dan merawat pohon di kurang lebih lingkungan tempat tinggal tinggal.
Masalah – Masalah Pada Lingkungan Hidup

Dalam lingkungan hidup penduduk di Indonesia, banyak berlangsung masalah di sungai, laut, tanahdan hutan yakni sebagai berikut:

Pencemaran Sungai dan lautSungai dan laut dapat tercemar berasal dari kesibukan manusia seperti pemanfaatan bahan logam berat, pembuangan limbah cair kapal dan pemanfaatan air panas. Secara biologis, fisik dan kimia senyawa seperti logam tidak dapat dihancurkan. Di berbagai sektor industridan tempat tinggal tangga seperti pemanfaatan bahan-bahan berasal dari plastik.

Pencemaran TanahTanah dapat dapat tercemar andaikan pemanfaatan secara berlebihan terhadap pupuk dan bahan pestisida. Pencemaran tanah mempunyai ciri yakni terdapatnya perubahan tanahmenjadi kering dan keras, perihal ini disebabkan oleh kuantitas kadar garam yang sangat besar yang terkandung di didalam tanah. Selain itu, pencemara tanah juga dapat disebabkanoleh sampah plastik karena terhadap umumnya sampah plastik tidak mengalami proses penghancuran secara sempurna.

Pencemaran HutanHutan juga dapat mengalami rusaknya andaikan didalam pemanfaatannya tidak terkendalidengan baik. rimba merupakan tidak benar satu sumber energi alam yang dapat diperbaharui.Salah satu semisal pencemaran atau rusaknya hutan adalah terdapatnya penebangan secaraliar. Jika kesibukan tersebut dijalankan secara berkesinambungan maka dapat sebabkan penggundulan hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *