Penyebab Lampu Indikator Ac Tidak Menyala

penyebab lampu indikator ac tidak menyala

penyebab lampu indikator ac tidak menyala – AC di kamar rusak? Coba cek dan atasi masalahnya sendiri dulu, yuk! AC menjadi salah satu barang elektronik di rumah yang paling sering menjadi perhatian kamu. Bagaimana tidak, jika AC rusak, sudah pasti ruangan menjadi panas dan bikin anda nggak betah. Biasanya sementara AC rusak anda segera memanggil teknisi AC langganan. Langkah ini sesungguhnya yang paling benar, sih, tetapi jika amat sering anda menjadi buang-buang uang!

Penyebab Lampu Indikator Ac Tidak Menyala

Sebelum memanggil teknisi AC, nih, tersedia baiknya anda sadar masalah yang sebabkan AC di rumah anda tidak berfaedah layaknya seharusnya. Kadang cuma sepele sehingga tidak perlu teknisi yang turun tangan.

Yuk, liat beberapa langkah sederhana yang mampu anda laksanakan sementara AC di rumah bermasalah!

1. AC tidak dingin

Nah, sebelum saat anda memanggil teknisi AC, cobalah untuk membersihkan filter pada AC khususnya dahulu jika anda merasa AC tidak dingin layaknya seharusnya.

Perlu anda ketahui bahwa pembersihan filter AC wajib dijalankan berkala, lebih-lebih bakal lebih baik jika kamu mengganti filter AC setiap 30 hingga 60 hari sekali.

Kondisi ruangan pun mempengaruhi sebab filter AC condong bakal lebih cepat kotor pada ruangan bersama dengan kuantitas orang yang banyak.

Selain itu, jika anda mempunyai kamar berukuran 3m ×3m amat dianjurkan untuk pakai AC bersama dengan 1/2 PK. Sedangkan untuk ukuran kamar lebih kurang 6m× 6m sebaiknya pakai AC bersama dengan energi 2 PK. Dengan catatan tinggi ruangan di Indonesia kebanyakan 2,5 – 3m.

Apa, sih, PK? Itu singkatan dari Paard Kracht, artinya Daya Kuda sebagai satuan energi AC. FYI, 1 PK sesungguhnya cukup untuk mendinginkan ruangan seluas 50 m3 atau 4m x 5m x 2,5m (LxPxT). Namun perihal ini juga tergantung pada kondisi suhu panas di dalam ruangan tersebut.

2. AC tidak sudi menyala

Memang, sih, jika tiba-tiba AC di kamar anda tidak sudi menyala sementara anda memunculkan remote-nya bakal bikin panik.

Buat mengatasinya coba, deh, anda cek khususnya dahulu pengaturan pada remote AC-nya. Apakah sudah berada di posisi AC atau Cool?

Jangan lupa cek juga kondisi baterai pada remote AC apakah tetap membawa daya. Kalau habis, ya, anda wajib menggantinya. Gampang, kan?

Selain itu, anda mampu cobalah mengecek sekring yang terhubung bersama dengan AC. Pastikan tidak berjalan korsleting listrik yang sebabkan AC tidak menyala.

3. Tagihan listrik membengkak atau token listrik boros

Masalah ini sesungguhnya jarang terjadi, sih. Namun, tersedia beberapa orang yang merasa tagihan listriknya tiba-tiba membengkak atau mendadak boros token listrik setelah pakai AC. Padahal, AC yang digunakan cuma bertenaga 1/2 PK.

Nah, jika mengalami masalah ini, kamu nggak wajib khawatir. Sebenarnya perihal berikut mampu menandakan jika filter AC kotor atau condenser coil (alat yang mengubah/mendinginkan gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi) pada outdoor AC sudah kotor.

Jangan lupa mengecek arus listrik yang keluar berasal dari indoor dan jalan kabel berasal dari indoor AC ke outdoor AC. Hal ini untuk menegaskan masalah yang berjalan bukan sebab kerusakan komponen AC.

4. AC mengeluarkan bunyi aneh

AC anda mengeluarkan bunyi yang aneh? Mungkin saja perihal itu berjalan sebab tersedia mur yang longgar. Namun, tidak menutup barangkali akibat kecacatan pada anggota blower motor atau kipas outdoor yang bengkok.

Sebelum anda memanggil teknisi AC, coba kencangkan anggota mur yang longgar atau memberi tambahan pelumas pada anggota blower motor dan kipas outdoor.

Jika perihal ini tetap berlanjut, barangkali sesungguhnya sudah saatnya anda memanggil teknisi AC.

5.  Indoor AC berair

Masalah ini sering banget dialami oleh mereka yang mempunyai AC bersama dengan umur terbilang cukup lama.

Meski tidak mempengaruhi udara yang dihasilkan AC, tetapi jika dibiarkan AC mampu cepat rusak. Masalah sepele, tetapi wajib perhatian, nih!

Ketika AC di kamar anda mengalami kebocoran atau berair, perihal pertama yang wajib anda wajib laksanakan adalah mengecek apakah tersedia sesuatu yang menghalangi air keluar dari selang AC.

Selanjutnya, pastikan juga pompa AC berfaedah baik, jika tidak barulah anda memanggil teknisi.

6. Angin yang dihasilkan AC panas

Kasus ini berbeda berasal dari AC yang tidak dingin layaknya biasanya. Kondisinya AC di kamar anda tetap mengeluarkan udara, tetapi condong panas. Kemungkinan penyebabnya adalah masalah pada anggota freon.

Jika cuma kehabisan freon, maka anda cukup isikan kembali saja. Namun, mampu juga barangkali buruk yang berjalan adalah freon anda rusak. Kalau ini masalahnya maka anda wajib segera mengganti freon.

7. AC mati total

Nggak usah buru-buru panik jika AC anda mendadak mati total. Kamu tinggal memanggil teknisi untuk menegaskan apakah Printed Circuit Board atau PCB pada AC error atau rusak.

PCB terdiri atas komponen-komponen penting layaknya IC program, thermistor, sensor, relay dan trafo. Nah, seumpama salah satu berasal dari komponen PCB berikut rusak/error maka perihal ini yang mampu sebabkan AC mati total.

Saat posisi AC tetap menyala, biasanya jika tersedia kerusakan PCB, AC bakal memberikan sinyal berbentuk lampu indikator yang berkedip.

Jika anda mengalaminya, cobalah cek sendiri bersama dengan langkah mencabut kabel power. Lalu tunggu beberapa sementara sebelum saat menghidupkannya lagi. Jika lampu indikator tetap berkedip, nih, artinya komponen PCB sesungguhnya mengalami kerusakan.

8. AC mati keseluruhan sebab kerusakan kompresor

Kemungkinan terburuk yang mampu berjalan sementara AC di kamar anda mati keseluruhan adalah kegagalan kompresor. Nah, kompresor merupakan inti dan nyawa berasal dari AC itu sendiri.

Jika AC di kamar anda mati keseluruhan sebab masalah ini, solusinya hanyalah mengganti unit AC lama kamu bersama dengan yang baru.

Sebenarnya AC tetap mampu diservis atau sekadar mengganti kompresor yang rusak. Namun, biayanya amat mahal lebih-lebih tidak seimbang sebab tersedia barangkali rusak lagi. Paling safe adalah belanja unit AC yang baru, deh.

Berikut ini penjelasan mengenai penyebab lampu indikator AC tidak menyala dan langkah mengatasinya.

1. Modul AC Terkena Air

 

Salah satu penyebab AC tidak dingin setelah dicuci adalah disaat modul AC terkena air sementara proses tersebut. Indikasi yang mampu keluar adalah lampu AC mati mirip sekali atau berkedip-kedip lantas mati. Biasanya kejadian ini berjalan sementara Anda laksanakan service AC secara teratur yang sesungguhnya diperlukan untuk menjaga kinerja AC selamanya normal. Hanya saja disaat proses membersihkan anggota dalam atau indoor AC ternyata tersedia air yang hingga masuk ke modul AC.

Jika begini maka cobalah untuk mematikan power AC selama beberapa saat. Tunggu hingga power AC kering dan lantas baru dinyalakan lagi.

2. Modul AC Berdebu atau Kotor

Penyebab ke-2 lampu indikator AC tidak sudi menyala atau cuma berkedip saja adalah sebab modul AC yang amat kotor dan berdebu. Kondisi ini sesungguhnya amat umum dan sering berjalan pada AC yang jarang di service. Semua kotoran dan debu mampu sebabkan sensor pada modul AC tidak bekerja bersama dengan normal. Bahkan kotoran ini juga mampu amat berbahaya juga menyebar ke perangkat dalam supaya AC menyala tetapi tidak dingin seperti ciri ciri freon AC rumah habis.

 

 

Nah untuk mengatasinya cukup ringan sekali. Anda cuma wajib mematikan power pada AC. Kemudian membersihkan modul bersama dengan lap yang bersih, menyerap debu dan tidak berserat. Dan jangan membersihkan modul AC bersama dengan lap basah sebab justru mampu mengakibatkan kerusakan modul AC. Setelah itu nyalakan power AC dan cobalah untuk menyalakan AC bersama dengan remote.

3. Soket Modul Kurang Kencang

Seringkali proses untuk laksanakan service AC teratur sesungguhnya bakal membongkar beberapa perangkat pada AC. Ini amat diperlukan untuk membersihkan seluruh kotoran yang tersedia di anggota dalam AC. Sayangnya proses ini ringan untuk membongkar soket-soket yang sudah diatur sedemikian rupa oleh pabrikan AC. Hanya saja disaat mengembalikan socket barangkali memeng kurang pas, kurang kencang atau tersedia yang tidak sesuai.

 

 

Masalah ini juga paling sering setelah Anda melakukan cara membersihkan AC rumah tanpa ikuti prosedur yang tepat. Nah untuk menanggulangi masalah ini maka Anda wajib memeriksa seluruh socket yang sudah dipasang. Pastikan setiap socket terpasang bersama dengan pas, kencang, tidak amat kencang dan tidak kendor.

4. Kerusakan pada PCB

Masalah yang lain adalah jika berjalan kerusakan pada anggota PCB di modul AC. Kejadian ini juga paling sering berjalan pada AC lama yang tidak dulu dibersihkan atau diservice secara rutin. Pada anggota PCB barangkali bakal bakal mengalami karat yang mampu sebabkan beberapa jalan pada PCB putus, juga untuk jalan lampu indikator AC.

 

 

Untuk menanggulangi masalah ini maka pertama Anda wajib terhubung AC dan memeriksa PCB yang terhubung bersama dengan modul AC. Dengan alat multitestes maka Anda mampu melihat apakah jalan ke arah lampu putus, berkarat atau kotor. Atasi cocok kondisi masalah ini supaya lampu kembali menyala. Satu tanda kembali yang amat sadar disaat PCB mengalami karatan adalah kerusakan AC yang menyebabkan AC tidak dingin cuma keluar angin.

5. Thermistor Rusak

Terkadang masalah lampu indikator AC tidak sudi menyala juga mampu tergoda oleh kerusakan pada anggota thermistor. Kerusakan ini bakal sebabkan kompresor tidak bekerja normal. Biasanya jika tersedia kerusakan ini maka suhu AC menjadi tidak normal dan tidak cocok bersama dengan pengaturan berasal dari remote. Terkadang indikasi berasal dari lampu juga tidak mampu menyala.

Solusinya adalah bersama dengan memeriksa thermistor AC Anda. Jika rusak maka tukar bersama dengan yang sesuai. Tapi jika Anda tidak sadar prosesnya maka lebih baik untuk pakai jasa service AC terdekat.

6. Kerusakan pada Blower Indoor

Terjadinya kerusakan pada anggota Blower Indoor AC ternyata juga mampu sebabkan lampu indikator AC tidak menyala. Hal ini sebab blower sesungguhnya berfaedah untuk memberi tambahan udara dingin berasal dari AC ke ruangan. Ketika lampu indikator AC tidak menyala maka AC tidak bekerja normal dan tidak tersedia aliran udara ke ruangan.

Jika berjalan masalah ini maka Anda wajib memeriksa blower AC apakah sudi bergerak atau diam saja. Kemudian Anda juga wajib memeriksa arah putaran blower. Jika berjalan kerusakan maka wajib penanganan betul-betul berasal dari service AC.

7. Freon Habis

Ketika berjalan masalah freon habis maka AC menjadi tidak dingin, keluar angin saja dan kadang kala juga lampu indikator AC tidak sudi menyala. Awalnya sesungguhnya ditunjukkan bersama dengan tanda-tanda lampu yang berkedip saja, tetapi lantas lampu bakal mati total.

Freon amat penting sebab bekerja untuk memberi tambahan udara dingin berasal dari AC ke ruangan. Cara untuk memeriksa masalah ini adalah bersama dengan memeriksa tekanan berasal dari saluran AC. Jika ternyata penyebabnya sebab freon habis maka malah isikan freon. Tapi periksa juga jika berjalan kebocoran sebab jika bocor dan diisi kembali maka percuma saja, bakal habis lagi.

Itulah berbagai perihal yang mampu anda laksanakan sementara AC di kamar anda mengalami masalah. Kamu nggak bakal panik kembali dan mampu mengatasinya sendiri sebelum memanggil teknisi AC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *