cek ip address tanpa aplikasi

cek ip address

cek ip address – Sekarang ini Anda sangat gampang gampang sekali mendapatkan berbagai Info di internet. Dengan jadi mudahnya melacak Info di internet ini, pastinya tak terlepas berasal dari yang namanya IP address yang merupakan tidak benar satu komponen dimana Anda sanggup berselancar di internet melacak berbagai Info dan hiburan yang Anda inginkan.

IP address ini terkandung di berbagai device yang terkoneksi dengan internet seperti PC, laptop, android, iOS. Sebenarnya apa itu IP address? Dan apakah Anda menyadari terkecuali IP address orang lain sanggup Anda menyaksikan dengan mudahnya? Mari kita simak apakah sebenarnya mengehtahui IP address orang lain itu berguna ataukah berbahaya?

Jenis-Jenis Network (Jaringan Komputer)

1.Berdasarkan Luas Area
Dirangkum didalam Modul Kuliah Jaringan Komputer oleh Rifkie Primartha (2020: 10), network sanggup dibagi jadi empat style berdasarkan jangkauan areanya, yaitu:

• LAN
Local area network (LAN) adalah jaringan komputer yang dibikin pada area tertutup. Misalnya, didalam satu gedung atau didalam satu ruangan.
LAN biasa digunakan untuk jaringan kecil, yang memanfaatkan resource bersama-sama, seperti pemanfaatan printer secara bersama, pemanfaatan sarana penyimpanan secara bersama, dan lain sebagainya.

• MAN
Metropolitan area network (MAN) memanfaatkan metode yang sama dengan LAN, akan tapi cakupannya lebih luas dibandingkan LAN. Area cakupan MAN sanggup sebesar satu kota atau lebih besar lagi.

• WAN
Wide area network (WAN) cakupannya lebih besar dibandingkan MAN. WAN sanggup meliputi satu negara apalagi satu benua.

• Internet
Internet adalah interkoneksi berbagai jaringan komputer yang ada di dunia. Cakupan internet capai satu planet (bahkan tidak menutup kemungkinanan antarplanet). Internet memanfaatkan protokol komunikasi yang khas, yaitu Internet Protocol (IP).

Selain LAN, MAN, WAN, dan Internet, masih ada {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} style network lainnya, yaitu:

• Storage Area Network (SAN)
• Personal Area Network (PAN)
• Cluster Area Network (CAN)

Baik SAN, PAN, dan CAN, masih sanggup dikelompokkan didalam LAN, MAN, WAN, dan Internet. Hanya saja, bentuk fasilitas dan cakupan areanya berbeda-beda. Sebagai contoh, SAN merupakan kumpulan berbagai perangkat penyimpanan (storage) yang dihubungkan lewat jaringan internet.

2. Berdasarkan Media Penghantar

cek ip address – Berdasarkan style sarana penghantarnya, network sanggup dibagi jadi dua jenis, yaitu:

• Wire Network
Wire network adalah network yang memanfaatkan kabel sebagai sarana penghantar. Jenis kabel yang umum digunakan pada network biasanya terbuat berasal dari bahan tembaga. Ada termasuk style kabel lain yang memanfaatkan bahan fiber optik atau serat optik.

• Wireless Network
Wireless network memanfaatkan sarana penghantar bersifat gelombang radio atau cahaya. Oleh gara-gara itu, pengguna sanggup dengan gampang mengakses network tanpa kudu menempatkan kabel pada komputernya.

3. Berdasarkan Pola Operasi

Network berdasarkan pola operasinya, dibagi jadi dua jenis, di antaranya meliputi:

• Client Server
Clinet server adalah network yang punya satu atau lebih komputer, yang sanggup melayani komputer lain. Komputer yang melayani ini disebut server, tetapi komputer yang dilayani disebut client. Contoh server pada lain, yaitu web site server, fire server, dan lain sebagainya.

• Peer to peer
Peer to peer adalah network yang setiap komputernya sanggup melayani atau dilayani pada selagi bersamaan. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, akan tapi bisa saja besar termasuk digunakan pada style network yang lebih besar cakupannya.

Apa Itu IP Address?

IP address adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet atau jaringan lokal. IP adalah singkatan berasal dari “Internet Protocol,” yang merupakan seperangkat keputusan yang sesuaikan format information yang dikirim lewat internet atau jaringan lokal.

Intinya, IP address adalah pengidentifikasi yang amat mungkin Info dikirim antar perangkat di jaringan: alamat berikut berisi Info wilayah dan memicu perangkat sanggup diakses untuk komunikasi. Internet perlu langkah untuk membedakan pada komputer, router, dan web site web site yang berbeda. IP address sedia kan langkah untuk melakukannya dan merupakan bagian perlu berasal dari langkah kerja internet.
IP address adalah serangkaian angka yang dipisahkan oleh titik. Ini termasuk dinyatakan sebagai satu set empat angka dan alamat semisal bisa saja 192.158.1.38. Setiap angka didalam set sanggup berkisar berasal dari 0 hingga 255. Jadi, rentang pengalamatan IP lengkap berkisar berasal dari 0.0.0.0 hingga 255.255.255.255.

IP address tidak acak. Mereka secara matematis diproduksi dan dialokasikan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah divisi berasal dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Amerika Serikat pada th. 1998 untuk menopang memelihara keamanan internet dan memungkinkannya untuk digunakan oleh seluruh orang.
Setiap kali seseorang mendaftarkan domain di internet, mereka lewat pendaftar nama domain, yang membayar sedikit biaya kepada ICANN untuk mendaftarkan domain tersebut.

Fungsi IP Address didalam Jaringan

IP address melayani dua fungsi utama. Ini mengenali host, atau lebih tertentu antarmuka pengguna jaringannya, dan sedia kan wilayah host di jaringan, dan {karenanya|sebab itu|karena itu|maka berasal dari itu} kekuatan mengembangkan jalan ke host itu. IP address termasuk mengizinkan Info untuk dikirim dan di terima oleh pihak yang benar, yang memperlihatkan bahwa mereka termasuk sanggup digunakan untuk melacak wilayah fisik pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *