Simbiosis Komensalisme

simbiosis komensalisme

simbiosis komensalisme – tersedia 3 macam simbiosis secara lazim diantaranya ialah pertalian yang saling menguntungkan, pertalian yang untungkan pada keliru satu pihak namun pihak yang lain tidak dirugikan, dan pertalian yang untungkan keliru satu pihak namun pihak lainnya dirugikan.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis Komensalisme adalah suatu pertalian yang erat dan spesifik pada dua makhluk hidup ang berbeda tipe namun cuma keliru satu pihak yang diuntungkan namun pihak lain tidak diuntungkan dan tidak dirugikan.

Disamping itu tentu saja tersedia banyak makhluk hidup yang laksanakan simbiosis komensalisme ini. Berikut bakal kita berikan semisal semisal simbiosis komensalisme yang udah kita kumpulkan dari berbagai sumber.

Hubungan Antara Anggrek dengan Pohon Mangga

Contoh Simbiosis yang pertama adalah Hubungan pada anggrek dan pohon mangga. Hubungan yang terjadi pada ke-2 tumbuhan ini adalah tumbuhan anggrek tumbuh dan berkembang dengan menempel terhadap batang pohon mangga.

Fungsinya adalah agar anggrek beroleh cahaya matahari, air dan juga zat-zat untuk laksanakan sistem fotosintesis.

Keuntungan diantara keduanya cuma didapatkan terhadap pihak anggrek layaknya menyerap zat anorganik dari kulit batang, mendapat cahaya matahari, dan mendapat air.

Sedangkan pohon mangga tidak beroleh keuntungan ataupun kerugian terhadap keberadaan tumbuhan anggrek ini.

Hubungan Antara Anggrek dengan Pohon Randu

Hubungan yang terjadi terhadap ke-2 tanaman ini adalah kala anggrek menempel terhadap pohon randu. Keuntungan yang didapatkan oleh tanaman anggrek adalah beroleh cahaya matahari dengan posisi yang lebih baik maka sistem fotosintesis jadi lebih optimal.

Sedangkan pohon randu tidak beroleh keuntungan dan termasuk tidak mendapat kerugian dengan keberadaan anggrek ini.

Hubungan Antara Tumbuhan Paku dengan Tumbuhan Jati

Pada tumbuhan paku yang menempel terhadap tumbuhan jati ini sama layaknya pertalian pada anggrek dengan mangga.

dimana tanaman paku bakal untungkan dikarenakan dengan menempel terhadap tumbuhan jati bakal memudahkannya untuk beroleh cahaya matahari untuk kepentingan sistem fotosintesisnya.

Sedangkan tanaman jati yang merupakan tempat melekatnya tumbuhan paku tidak beroleh keuntungan sama sekali, namun tidak tersedia dampak merugikan dari tumbuhan paku.

Hubungan Antara Tumbuhan Sirih dengan Inangnya

Tumbuhan Sirih (Piper Betle) yang merupakan keliru satu tipe tanaman yang kerap ditemukan di lingkungan kira-kira kita.

Hubungan yang terjadi pada tumbuhan ini dengan inangnya adalah tumbuhan sirih bakal tumbuh dengan merambat dan sesuaikan tanaman inangnya.

Selain itu tumbuhan sirih termasuk beroleh keuntungan berupa kemudahan di dalam beroleh cahaya matahari supaya mampu laksanakan sistem fotosintesis terhadap tumbuhan.

Sedangkan inangnya tidak beroleh keuntungan apa pun namun tidak berikan dampak yang merugikan sama sekali.

Hubungan Antara Paku Tanduk Rusa dengan Inangnya

Tanaman tanduk rusa merupakan tanaman yang unik dari wujud daunnya yang indah, dikarenakan keindahannya terkadang tanaman ini dijadikan sebagai tanaman hias untuk dikoelksi di kira-kira rumahnya.

Hubungan yang terjadi pada tanaman paku ini dengan inangnya sama layaknya semisal terhadap anggrek. Tanaman ini menempel terhadap suatu pohon atau inang untuk beroleh cahaya matahari untuk sistem fotosintesisnya.

Meskipun menempel terhadap suatu pohon, tumbuhan ini tidak merugikan para inangnya.

Hubungan Antara Ikan Remora Bersama dengan Ikan Hiu

Ikan Remora (Echeneida sp) mempunyai pertalian yang baik dengan ikan hiu (Carcharhinus longimanus). Dimana di di dalam laut yang luas ikan remora yang umumnya hidup berkelompok bakal selamanya tersedia di dekat ikan hiu.

Tujuannya adalah supaya tidak dimangsa oleh ikan yang lebih besar darinya. Selain itu ikan remora termasuk bakal lebih enteng beroleh makanan yang berasal dari sisa makanan hiu.

Sedangkan hiu cuma hidup layaknya biasanya, tersedia maupun tidak ada ikan remora tidak mengganggu kebiasaannya sehari-hari.

Hubungan Antara Ikan Remora Bersama dengan Ikan Pari

Hubungan pada ke-2 hewan ini sama layaknya semisal sebelumnya. Jika terhadap ikan hiu, ikan remora bakal berada di sekitarnya, namun terhadap ikan pari, remora bakal menempel lebih dekat dengan pari dengan memanfaatkan sirip punggungnya yang digunakan sebagai alat penghisap.

Keuntungan yang didapat ialah terhadap ikan remora, ikan ini bakal beroleh makanan dari sisa makanan ikan pari, namun ikan pari bakal selamanya menjalani kehidupannya layaknya biasa, walau ikan remora berada di dekatnya.

Hubungan Antara Udang dengan Timun Laut

Hubungan yang bakal terjadi terhadap ke-2 hewan ini adalah kala seekor udang bakal mendekati timun laut dan hidup diatasnya.

Tujuannya yakni supaya udang mampu beroleh makanan yang berasal dari sisa makanan yang tersedia disekitar timun laut.

Dalam pertalian ini yang beroleh keuntungan adalah udang, namun timun laut tidak beroleh keuntungan dan tidak dirugikan dengan kehadiran udang.

Hubungan Antara Ikan Pilot dengan Penyu

Hubungan yang terjadi pada ikan pilot dan penyu yakni kala ikan pilot mendekati penyu. Tujuannya adalah supaya ikan pilot beroleh sisa-sisa makanan parasit yang tersedia terhadap penyu.

Kentungan yang terjadi terhadap ke-2 hewan ini didapatkan oleh ikan pilot, namun penyu tidak terganggu sama sekali dengan kehadiran ikan pilot ini.

Hubungan Antara Ikan Gobi dengan Landak Laut

Ikan Gobi merupakan tipe ikan yang kecil dan tipis. Sedangkan landak laut merupakan hewan yang berupa bulat yang tubuhnya dikelilingi oleh duri-duri yang mempunyai kandungan racun.

Zat racun ini dimanfaatkan oleh ikan gobi untuk berlindung dari para predatornya. Selagi ikan gobi berada di dekat landak laut, ikan ini mampu melacak makanan yang berada di kira-kira landak laut dan tetap safe.

Jadi terhadap pertalian pada keduanya ikan gobi beroleh banyak keuntungan, namun landak laut tidak beroleh keuntungan apa pun, dan termasuk tidak dirugikan sama sekali.

Hubungan Antara Cacing Pipih dengan Kepiting

Hubungan yang terjadi pada keduanya adalah kala cacing pipih bakal menempel terhadap kepiting. Tujuannya adalah supaya cacing ini beroleh makanan dari kepiting yang berupa sisa yang tidak dimakan.

Jadi pertalian pada keduanya yang beroleh keuntungan adalah cacing pipih, namun kepiting tidak beroleh keuntungan ataupun kerugian dari cacing pipih.

Hubungan Antara Katak dengan Pepohonan

Keduanya punya pertalian yang sangat sederhana, Interaksi yang terjadi yakni kala hujan turun atau badai. Katak bakal segera mendekati pohon sebagai tempat berteduh dan berlindung.

Hubungan yang terjadi diantara keduanya untungkan katak, namun pohon yang digunakan katak tidak diuntungkan dan tidak dirugikan sama sekali.

Hubungan Antara Serigala Emas dengan Harimau

Serigala emas (canis atau golden jackals) dan harimau sama-sama hewan karnivora, namun keduanya tidak saling makan dan dimakan.

Hubungan yang terjadi pada ke-2 hewan ini adalah kala serigala emas yang terpisah dari rombongannya bakal mengikuti harimau dari belakang.

tujuannya adalah supaya mampu beroleh makanan sisa dari mangsa harimau.Hubungan diantara keduanya untungkan Serigala emas, namun harimau tidak terganggu sama sekali dengan keberadaan Serigala emas ini.

Hubungan Antara Burung Kuntul dengan Hewan Ternak Herbivora

Burung kuntul merupakan hewan pemakan serangga. Sedankan Hewan ternak Herbivora merupakan hewan ternak yang memakan tumbuh-tumbuhan.

Hubungan yang terjadi pada keduanya terjadi kala hewan ternak makan rumput-rumputan. Adanya hewan ternak bakal ikut menjalankan para serangga. supaya burung kuntul mampu memangsa serangga-serangga tersebut.

Hubungan yang diperoleh dari ke-2 hewan ini untungkan burung kuntul dengan memudahkannya beroleh mangsa, namun hewan ternak herbivora tidak bakal dirugikan dan tidak diuntungkan sama sekali.

Hubungan Antara Puffin Atlantic dengan Kelinci

Puffin Atlantik merupakan sejenis burung laut yang berada terhadap samudra atlantik.  Puffin umumnya memanfaatkan lubang galian yang dibikin oleh kelinci. Tujuannya adalah sebagai tempat istirahat.

Hubungan yang terjadi terhadap ke-2 hewan ini diuntungkan oleh puffin, namun kelinci tidak dirugikan dan tidak diuntungkan sama sekali.

Hubungan Antara Kalajengking Tanpa Sengat dan Kumbang Besar

Kalajengking tanpa sengat punya nama lain yaitu Pseudoscorpions. Hewan ini punya pertalian spesifik dengan kumbang besar. contoh-contoh simbiosis komensalisme sebetulnya menarik untuk dibahas

Hubungan yang terjadi pada ke-2 hewan ini adalah kala Kalajengking tanpa sengat bakal berlindung di balik sayap kumbang besar. Tujuannya adalah supaya kalajengking beroleh pemberian dari predatornya.

Hubungan ini menguntungkan Pseudoscorpions, namun tidak dirugikan maupun diuntungkan oleh kumbang besar.

Hubungan Antara Tumbuhan dengan Perawat Tanaman

Hubungan yang terjadi pada keduanya adalah kala seseorang menawarkan pemberian bibit dari cuaca dan hewan herbivora. Tidak cuma itu ia termasuk menyiram tumbuhan tersebut.

Keuntungan didapatkan oleh tumbuhan, namun manusia tidak dirugikan atau diuntungkan. Karena sebetulnya hobi mereka melindungi tanaman

Hubungan Antara Hewan dengan Pekerja Perawat Hewan

Hubungan yang terjadi pada keduanya adalah kala seseorang menawarkan untuk melindungi dan juga berikan makanan terhadap hewan.

Hubungan keduanya diuntungkan oleh hewan yang dirawat, namun manusia tidak dirugikan atau diuntungkan. Karena sebetulnya hobi mereka melindungi hewan

Hubungan Antara Tumbuhan Burdock dengan binatang

Hubungan yang terjadi anatara keduanya adalah kala tumbuhan burdock membuahkan biji berduri yang menempel terhadap bulu binatang. Tumbuhan mengandalkan metode penyebaran benih ini untuk reproduksi.

Hubungan diantara keduanya diuntungkan oleh tubuhan Burdock, namun binatang atau manusia tidak dipengaruhi sama sekali.

Hubungan Antara Burung dengan Pepohonan

Hubungan yang terjadi diantara keduanya yakni kala burung-burung mendarat di cekungan pepohonan. Tujuannya adalah senagai tempat mereka berhenti sejenak.

Keberadaan para burung terhadap pohon tidak membahayakan ataupun merugikan pohon sama sekali.

Hubungan Antara Kepiting Pertapa dan Siput

Kepiting Pertapa atau yang biasa kita sebut umang-umang adalah semisal metabiosis, sejenis komensalisme di mana satu organisme menciptakan lingkungan yang sesuai untuk yang lain.

Kepiting ini hidup dlam cangkang siput yang udah mati. Jelas sekali bahwa siput tidak terpengaruh, dan kepiting beroleh pemberian dari cangkang siput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *