Teknik Dasar Bola Basket

teknik dasar bola basket

teknik dasar bola basket – Siapa sih yang nggak paham permainan bola basket? Permainan yang satu ini cukup digemari oleh banyak kalangan, baik pria maupun wanita. Permainan ini seringkali dipertandingkan sebab mempunyai cii-ciri yang menantang.

Nah, buat para wanita, pasti kalian dulu dong menyoraki kakak kelas atau gebetan kalian pas tengah bertanding basket?

Tapi, kalian tau nggak? Permainan bola basket mempunyai banyak kegunaan untuk kesehatan, lho! Salah satu kegunaan yang paling populer adalah dapat memicu tubuh kalian tinggi! Tapi, ga hanya itu aja, kok!

Permainan ini dapat tingkatkan kekuatan tahan tubuh, dan tingkatkan keterampilan motorik. Jika, dilaksanakan secara rutin basket termasuk dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular kalian.

Nah, dengan segudang kegunaan yang ditawarkan, kalian dapat menjadi mencoba untuk memainkannya. Sebelum itu, ada baiknya kalian paham sebagian teknik basic bola basket dan penjelasannya berikut!

Teknik Dasar Bola Basket

1. Teknik Memegang Bola Basket

Teknik paling basic yang perlu kalian kuasai adalah teknik memegang bola secara baik dan benar. Teknik ini berfungsi agar bola tidak mudah lepas dari tangan sepanjang permainan berlangsung.

Pertama, sikap awal tangan perlu membentuk sebuah mangkok besar, bola perlu berada diantara ke dua telapak tangan, telapak tangan menempel di samping bola dan sedikit ke belakang.

Pastikan jari-jari tangan menempel dengan mengimbuhkan jarak antar jari Lalu, menempatkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.teknik dasar bola basket

2. Teknik Mengoper Bola Basket

Teknik selanjutnya adalah teknik mengoper bola atau yang disebut passing. Teknik ini perlu dikuasai agar kerjasama didalam tim dapat terjadi dengan lancar, passing dapat dilaksanakan dengan satu maupun dua tangan.

Terdapat sebagian teknik passing yang berbeda, yaitu:

Chest Pass

Chest pass merupakan teknik passing yang dilaksanakan dengan langkah memegang bola dengan ke dua tangan di depan dada. Bola perlu dipegang menggunakkan ujung jari dari ke dua tangan, namun ibu jari berada dibagian belakang bola.

Ketika hendak melemparkan bola, ke dua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Bola yang dioper secara chest pass harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah.

Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik mengoper dengan mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola selanjutnya ke lantai. Saat melakukan bounce pass, kalian tidak dapat melakukannya didalam jarak dekat.

Overhead Pass

Sesuai dengan namanya, overhead pass adalah teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

Back Pass

Teknik passing ini dapat dilaksanakan sekiranya penerima berada dekat dengan kalian. Teknik ini dilaksanakan dengan mengfungsikan satu tangan dari posisi arah belakang punggung.

Under Pass

Teknik ini dilaksanakan dengan langkah mengoper bola pada jarak sepinggang dan diarahkan lurus kepada penerima.

3. Teknik Menangkap Bola Basket

Setelah kalian studi mengoper bola, teknik yang perlu kalian kuasai selanjutnya adalah teknik menangkap bola. Menangkap bola dapat dilaksanakan dengan satu maupun dua tangan.teknik dasar bola basket

Saat inginkan menangkap bola, kalian perlu fokus dan pastikan bola berada pada telapak tangan sambil merentangkan jari-jari tangan kalian.

Menangkap bola termasuk dapat dilaksanakan diatas kepala dan di depan dada.

4. Teknik Menggiring Bola Basket

Nah, Toppers! Setelah kalian menguasai teknik memegang dan mengoper bola. Kalian telah siap untuk mempelajari teknik menggiring bola atau dribbling.

Dribbling dilakukan dengan langkah memantul-mantulkan bola pada telapak tangan sambil berlari maupun diam.

Berikut sebagian teknik menggiring bola basket:

Teknik Dribble Rendah

Dribble dengan teknik ini akan memicu lawan susah didalam merebut bola yang kamu pegang. Sehingga, cocok digunakkan untuk menerobos area pertahanan lawan.

Saat melakukan dribble rendah, kaki hanya dibuka selebar bahu. Jika kalian menggiring dengan tangan kanan, maka kaki kiri perlu berada di depan, begitu pula sebaliknya. Hal ini bertujuan untuk menjaga bola dari incaran lawan.

Perhatikan termasuk tinggi pantulan bola, jangan hingga melebihi pinggang dan jangan lupa untuk sedikit mencondongkan badan ke arah depan.

Teknik Dribble Tinggi

Berbeda dengan dribble rendah, dribble tinggi lebih cocok digunakkan pas kalian berada jauh dari penjagaan lawan.

Pada dribble tinggi, kaki dibuka sejajar. Jika kalian mengfungsikan tangan kanan, maka bola dipantul-pantulkan di samping kanan depan, begitu pula sebaliknya. Seperti pada dribble rendah, pastikan tubuh tidak terlampau tegap, melainkan sedikit condong ke depan.

Nah, teknik dribble di atas merupakan teknik untuk pemula, jika kalian telah menguasai ke dua teknik tersebut, kalian dapat mempelajari teknik dribble lanjutan.

Beberapa teknik menggiring lanjutan yang dapat dikuasai dengan latihan rutin, yakni teknik spin dribble, teknik between the legs dribble dan teknik behind the back dribble.

5. Teknik Pivot (Cara Berputar)

Kalau teknik yang satu ini, cocok dipakai untuk mengelabui lawan . Pivot adalah sebuah teknik memutar badan yang berharap pada kaki sebagai poros.

Biasanya, kaki yang lebih kuat akan dijadikan poros untuk mencegah adanya pergeseran. Jika poros bergeser, maka pivot gagal dilaksanakan dan terjadi pelanggaran.

Saat melakukan pivot, kalian perlu menjaga bola dengan kuat agar tidak direbut lawan, kalian dapat mengfungsikan badan kalian untuk menjaga bola tesebut.

6. Teknik Menembak (Shooting) Bola Basket

Mendapatkan poin sangatlah mutlak didalam permainan bola basket, untuk itu  kalian perlu menguasai teknik menembak bola ke didalam ring secara baik.

Sebelum menembak, pastikan kalian telah memasang kuda-kuda yang baik. Jika kalian menembak dengan tangan kanan, maka kaki kanan kalian perlu berada di depan.

Tekuklah lutut kalian untuk menjaga keseimbangan, menekuk lutut akan mengimbuhkan kalian tenaga lebih pas inginkan menembak.

Ingat! Kalian perlu memegang bola dengan benar agar tembakannya akurat.

Ada macam-macam langkah untuk melakukan shooting,yaitu:

Free Throw

Dalam melakukan lemparan ini, kalian perlu berdiri dengan dua kaki sejajar dengan bahu, pada pas inginkan menembak tekuklah lutut kalian sedikit dan lepaskan bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

Jump Shot

Posisi yang diambil hampir serupa dengan free throw. Namun, saat shooting akan dilakukan, kalian perlu melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan.

Lay Up

Teknik shooting ini dilaksanakan dari arah samping kiri maupun kanan. Kunci utama dalam lay-up adalah ketepatan kaki. Sebab, lay up hanya dilaksanakan didalam tiga hitungan.

Hitungan pertama adalah mengarahkan kaki belakang ke arah depan kaki tumpuan dengan gerakan melompat. Pada hitungan ke dua dan ketiga, kaki tumpuan akan melompat ke arah depan sambil melemparkan bola dengan satu tangan.

Yang perlu diingat, pas melakukan lay up tidak boleh lebih dari dua langkah, sebab akan dianggap pelanggaran travelling.

7. Teknik Rebound Bola Basket

Teknik ini bertujuan untuk mengambil alih kembali bola basket yang gagal masuk ke didalam ring. Terdapat dua jenis rebound, yaitu defensive rebound dan offensive rebound.

Defensive rebound adalah teknik merebut kembali bola yang gagal dimasukkan oleh lawan. Sedangkan rebound offensive adalah memasukkan kembali bola yang gagal dimasukkan teman ke ring lawan.

8. Teknik Bertahan (Defense)

Tujuan defense adalah untuk mencegah lawan didalam mencetak poin. Defense dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu personal defense dan team defense.

Personal defense terdiri dari:

Standard Defense

Standard defense bertujuan untuk mengarahkan lawan pembawa bola ke arah samping dan ikuti pergerakan lawan.

Deny Defense

Teknik defense ini mengupayakan menjaga lawan yang tidak mempunyai bola dengan menutup passing line dari lawan.

Triangle Defense

Teknik ini mengupayakan merebut bola pas lawan tengah melakukan passing.

Sedangkan, team defense terdiri dari:

Zone Defense

Teknik pertahanan ini mengfungsikan langkah pertahanan wilayah, dimana setiap orang memiliki post-nya masing-masing didalam menjaga lawan.

Man-to-Man

Pertahanan dimana setiap orang menjaga setiap orang didalam tim lawan satu per satu.

Fix Defend

Merupakan pertahan yang menggabungkan zone defense dan man-to-man.

9. Teknik Screen

Screen digunakkan untuk membiarkan pemain lain agar dapat melakukan shooting atau passing yang lebih terbuka. Screen dapat digunakkan untuk melawan teknik pertahanan man-to-man yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam melakukan screen, kalian perlu bersentuhan dengan lawan, namun tidak hingga mencegah atau mendorong. Untuk mencegah adanya dorongan, menempatkan tangan didepan dada dengan membentuk huruf “X”.

Buka ke dua kaki lebar-lebar, agar tidak terjadi pergerakkan sebab pas melakukan screen kalian tidak boleh bergerak. Saat melakukan screen, pastikan sudut yang kalian ambil tepat.

Jika tidak, lawan akan dengan mudah menjauhi kalian.

10. Teknik Slam Dunk

Slam Dunk merupakan teknik yang cukup mudah dilaksanakan sekiranya kalian mempunyai tubuh yang tinggi dan besar. Cara melakukan slam dunk yang paling populer adalah dengan langkah melompat sejauh dan setinggi mungkin, lantas langsung menembakkan bola ke dalam ring.

Saat melompat, tubuh kalian keluar seolah-olah tengah terjadi di udara. Biasanya, pas selesai menembakkan bola permukaan telapak tangan akan menyentuh ujung dari ring basket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *