Tingkatan Pangkat Tni AD

tingkatan pangkat tni ad

tingkatan pangkat tni ad – Tentara Nasional Indonesia atau biasa disingkat sebagai TNI merupakan sebuah nama angkatan perang yang dimiliki oleh negara Indonesia. TNI diresmikan terhadap tanggal 3 Juni 1947 oleh Dr. Ir. H. Soekarno sebagai presiden pertama Indonesia. TNI dulu dibentuk sebagai tanda perjuangan bangsa Indonesia untuk mempertahankan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terhadap kala itu diancam oleh Belanda yang inginkan menguasai dan menjajah lagi Indonesia melalui kekerasan senjata.

Dalam perjalanannya, TNI sempat berpindah ganti nama. Di awal, nama TNI adalah BKR (Badan Keamanan Rakyat). Kemudian terhadap 5 Oktober 1945 jadi TKR (Tentara Keamanan Rakyat) dan diubah lagi jadi TRI (Tentara Republik Indonesia). Sampai nama selanjutnya digantilah jadi TNI sampai sekarang.Menurut web resmi TNI, peran TNI yakni sebagai alat negara di bidang pertahanan yang dalam mobilisasi tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara

Tingkatan Pangkat Tni AD

Fungsi TNI

Adapun Fungsi TNI menurut website resmi berasal dari TNI yakni :

(1) TNI sebagai alat pertahanan negara, bermanfaat sebagai;

penangkal terhadap tiap-tiap wujud ancaman militer dan ancaman bersenjata berasal dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa;
penindak terhadap tiap-tiap wujud ancaman sebagaimana dimaksud terhadap ayat (1) huruf a; dan
pemulih terhadap keadaan keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.

(2) Dalam melakukan faedah sebagaimana dimaksud terhadap ayat (1), TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara.tingkatan pangkat tni ad

Tugas TNI

Tugas TNI adalah mempertahankan keutuhan lokasi NKRI dan menegakkan kedaulatan negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Selain itu, tugas yang tidak kalah mutlak adalah memelihara bangsa Indonesia berasal dari ancaman dan masalah yang mengancam keutuhan bangsa dan negara.

Tugas-tugas TNI ini sudah tercantum terhadap ayat (1), ayat (2), dan ayat (3).

Angkatan TNI

TNI sendiri dibagi jadi 3 Matra/Angkatan yakni TNI-AD (Tentara Nasional Angkatan Darat), TNI-AU (Tentara Nasional Angkatan Udara), dan TNI-AL (Tentara Nasional Angkatan Laut). Berikut penjelasan umum 3 angkatan TNI :

TNI-AD

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan keliru satu cabang angkatan berasal dari TNI yang bertanggung jawab mempertahankan keutuhan lokasi dan operasi pertahanan negara Republik Indonesia di Darat.

TNI-AD dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) yang memimpin di Markas Besar Angkatan Darat (MABESAD). Saat ini TNI-AD terdiri berasal dari 2 komando utama tempur yakni Kostrad dan Kopassus. Mereka terhitung punyai 15 Komando Daerah Militer dan 46 Komando Resor Militer. Selain itu mereka terhitung punyai komando utama pendidikan, nah bagi anda yang tertarik untuk mengikuti pendidikan tentara, anda mampu mengikuti pendidikan tentara ini di Akademi Militer, Secapa, Seskoad dan komando utama pengembangan dan doktrin (Kodiklat TNI AD).

TNI-AU

Nah, seperti namanya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU), angkatan berasal dari TNI ini bertanggung jawab atas operasi pertahanan RI di Udara.

TNI-AU dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) yang memimpin di Markas Besar Angkatan Udara (MABESAU). TNI-AU mempunyai 3 komando operasi yakni Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I), Komando Operasi Angkatan Udara II (Koops AU II), dan Komando Operasi Angkatan Udara III (Koops AU III). Satuan tertentu berasal dari TNI-AU disebut dengan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Paskhas TNI-AU) atau biasa dikenal dengan sebutan Korps Baret Jingga.

Karena mereka beroperasi di Udara, maka TNI-AU ini punyai 110 pesawat tempur dengan 37.850 personel. Wah, keren ya teman-teman!

TNI-AL

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut bertanggung jawab dan beroperasi di laut. TNI-AL dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang memimpin Markas Besar Angkatan Laut (MABESAL). Sama seperti TNI-AU, TNI-AL mempunyai 3 komando armada yaitu, Komando Armanda 1 (Koarmada I), Komando Armada II (Koarmada II), Komando Armada III (Koarmada III). Mereka terhitung membawahi Korps Marinir.

Sistem Kepangkatan TNI

Kali ini kami akan mengkaji mengenai pangkat berasal dari TNI-AD, TNI-AU, dan TNI-AL. Bagi anda yang inginkan jadi bagian berasal dari TNI, anda perlu menyadari mengenai hal ini!

Pangkat Kehormatan

Pangkat Kehormatan merupakan pangkat paling tinggi yang mampu dicapai oleh seorang perwira TNI. Nama pangkat berasal dari tiap-tiap 3 Matra TNI ini terhitung berbeda-beda. Pangkat Kehormatan untuk TNI AD dijuluki sebagai Jenderal Besar, TNI AU dijuluki Marsekal Besar, dan TNI AL dengan nama Laksamana Besar. Pangkat ini dilambangkan dengan 5 bintang.

Urutan Pangkat Angkatan Darat TNI AD
Perwira Tinggi

Pangkat TNI AD yang satu ini terdiri berasal dari 4 kepangkatan yakni Jendral, Letnan Jendral, Mayor Jendral, dan Brigadir Jendral.tingkatan pangkat tni ad

Jendral

Pangkat Jendral terhadap TNI AD ini merupakan pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan TNI AD, simbol pangkat TNI ini adalah empat bintang.

Letnan Jendral

Letnan Jendral mampu disingkat dengan Letjen, simbol pangkat TNI yang satu ini dilambangkan dengan tiga bintang. Tingkatan pangkat TNI Letjen ini berada di bawah Jendral.

Mayor Jendral

Tingkatan pangkat Mayor Jendral ini berada di bawah Letnan Jendral dan berada di atas Brigadir Jendral. Mayor Jendral biasa disingkat dengan Mayjen. Lambang berasal dari pangkat TNI AD Mayjen adalah dua bintang.

Brigadir Jendral

Brigadir Jenderal meruapakan pangkat terendah di jajaran pangkat perwira tinggi terhadap sistem kepangkatan TNI AD. Lambang pangkat brigjend ini adalah satu bintang.

Perwira Menengah

Urutan pangkat TNI AD ini mempunyai 3 tingkat kepangkatan yakni ada Kolonel, Letnan Kolonel, dan Mayor.

Kolonel

Kolonel TNI AD merupakan pangkat tertinggi terhadap jajaran Perwira Menengah. Lambang pangkat Kolonel adalah 3 bunga melati berwarna emas.

Letnan Kolonel

Letnan Kolonel biasa disingkat dengan Letkol ini merupakan pangkat ke-2 atau berada di bawah kolonel. Lambang berasal dari pangkat Letnan Kolonel adalah dua bunga melati berwarna emas.

Mayor

Pangkat TNI AD yang satu ini merupakan pangkat yang berada terhadap jajaran pangkat Perwira Menengah yang paling bawah. Dalam TNI AD, Mayor dilambangkan dengan satu bunga melati berwarna emas.

Perwira Pertama

Pada pangkat Perwira Pertama terkandung 3 pangkat TNI yakni Kapten, Letnan Satu, dan Letnan Dua.

Kapten

Pangkat TNI AD yang satu ini merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Perwira Pertama. Kapten dilambangkan dengan tiga balok berwarna emas.tingkatan pangkat tni ad

Letnan Satu

Letnan satu merupakan urutan pangkat TNI yang ke-2 dalam jajaran Perwira Pertama atau berada di bawah Kapten. Letnan Satu biasa dilambangkan dengan dua balok berwarna emas.

Letnan Dua

Letnan Dua atau biasa kami sebut sebagai Letda merupakan pangkat paling bawah terhadap jajaran Perwira Pertama. Letnan Dua dilambangkan dengan satu balok berwarna emas juga.

Bintara Tinggi

Bintara Tinggi mempunyai dua pangkat didalamnya yakni Pembantu Letnan Satu dan Pembantu Letnan Dua.

Pembantu Letnan Satu

Pembantu Letnan Satu atau mampu disingkat dengan Peltu ini merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Tinggi. Peltu dilambangkan dengan dua balok berwarna emas.

Pembantu Letnan Dua

Pembantu Letnan Dua atau disingkat dengan Pelda ini merupakan pangkat terendah dalam jajaran Bintara Tinggi. Pelda dilambangkan dengan satu balok berwarna emas.

Bintara

Bintara mempunyai empat pangkat di dalamnya yakni Sersan Mayor, Sersan Kepala, Sersan Satu, dan Sersan Dua.

Sersan Mayor

Sersan Mayor atau mampu disingkat Serma merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara. Serma dilambangkan dengan empat balok kuning yang berupa seperti huruf V.

Sersan Kepala

Sersan Kepala TNI AD atau mampu disingkat dengan Serka adalah pangkat yang berada di bawah Sersan Mayor dan berada di atas Sersan Satu. Tanda pangkat Seka dilambangkan dengan tiga balok kuning yang berupa seperti huruf V.

Sersan Satu

Pangkat ini mampu disingkat dengan Sertu. Sertu merupakan pangkat yang berada di bawah Sersan Kepala dan di atas Sersan Dua. Pangkat Sertu mampu dilambangkan dengan dua balok kuning yang berupa seperti huruf V.

Sersan Dua

Sama halnya dengan pangkat di atasnya, Sersan Dua atau Serda ini dilambangkan dengan balok kuning berupa seperti huruf V tetapi hanya ada satu balok saja. Serda merupakan pangkat terendah dalam jajaran Bintara.

Tamtama Kepala

Dalam pangkat Tamtama Kepala TNI AD ini ada tiga pangkat yakni Koprak Kepala, Kopral Satu, Kopral Dua.

Kopral Kepala

Kopral Kepala atau Kopka ini dilambangkan dengan 3 garis panah berwarna merah. Kopka merupakan tingkatan TNI AD tertinggi dalam jajaran Tamtama Kepala.

Kopral Satu

Kopral Satu atau Koptu merupakan tingkatan ke-2 berasal dari atas dalam jajaran Tamtama Kepala. Koptu dilambangkan dengan dua garis panah berwarna merah.

Kopral Dua

Kopral dua atau Kopda adalah tingkatan terendah terhadap jajaran Tamtama Kepala dan dilambangkan dengan satu garis panah yang berwarna merah juga.

Tamtama

Pada pangkat Tamtama terkandung 3 jenjang pangkat di dalamnya yakni Prajurit Kepala, Prajurit Satu, dan Prajurit Dua.

Prajurit Kepala

Prajurit Kepala atau Praka ini merupakan tingkatan tertinggi dalam jajaran Tamtama. Praka dilambangkan dengan tiga balok lurus berwarna merah.

Prajurit Satu

Tingkatan ini merupakan tingkatan yang berada di bawah Prajurit Kepala dan diatas Prajurit Dua. Prajurit Satu atau Pratu dilambangkan dengan dua garis lurus berwarna merah.

Prajurit Dua

Prajurit Dua atau Prada adalah tingkatan paling bawah terhadap jajaran Tamtama. Lambang berasal dari Prada adalah satu balok lurus berwarna merah.

Baca juga: 9 Cara Melatih Kesehatan Mental

Urutan Pangkat TNI AU

TNI-AU punyai struktur pangkat berasal dari atas sampai bawah sebagai selanjutnya :

Perwira Tinggi
Marsekal

Marsekal atau mampu disingkat sebagai Mars merupakan tingkatan paling tinggi dijajaran Perwira Tinggi. Lambang terhadap pangkat ini adalah empat bintang.

Marsekal Madya

Marsekal Madya merupakan pangkat TNI-AU di bawah Marsekal terhadap sistem kepangkatan di Perwira Tinggi dan dilambangkan dengan tiga bintang.

Marsekal Muda

Pangkat TNI AU ini dilambangkan dengan dua bintang dan merupakan pangkat di bawah Marsekal Madya.

Marsekal Pertama

Pangkat ini mampu disingkat sebagai Marsma. Marsma merupakan pangkat TNI AU terendah dalam jajaran Perwira Tinggi dan dilambangkan dengan satu bintang.

Perwira Menengah
Kolonel

Pangkat TNI AU yang satu ini merupakan tingkatan pangkat tertinggi dalam jajaran Perwira Menengah dan dilambangkan dengan tiga simbol.

Letnan Kolonel

Letnan Kolonel atau mampu disingkat dengan Letkol merupakan pangkat di bawah Kolonel. Letkol dilambangkan dengan dua simbol.

Mayor

Mayor merupakan pangkat terendah dalam jajaran Perwira Menengah terhadap sistem kepangkatan TNI AU. Mayor mampu dilambangkan dengan satu simbol.

Perwira Pertama
Kapten

Kapten atau Kapt ini adalah pangkat tertinggi dalam jajaran Perwira Pertama. Pangkat ini dilambangkan dengan tiga garis.

Letnan Satu

Pangkat Letnan Satu terhadap jajaran Perwira Pertama dalam pangkat TNI AU ini dilambangkan dengan dua garis dan pangkat ini berada di bawah Kapten.

Letnan Dua

Letnan Dua atau Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran Perwira Pertama. Letda dilambangkan dengan satu garis.

Bintara Tinggi
Pembantu Letnan Satu

Pembantu Letnan Satu atau mampu disingkat sebagai Peltu merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Bintara Tinggi terhadap sistem kepangkatan TNI AU. Peltu dilambangkan dengan dua garis.

Pembantu Letnan Dua

Pembantu Letnan Dua atau mampu disingkat sebagai Pelda merupakan pangkat terendah dalam jajaran Bintara Tinggi terhadap sistem kepangkatan TNI AU. Peltu dilambangkan dengan satu garis.

Bintara
Sersan Mayor

Sersan Mayor atau disingkat dengan Serma merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Bintara. Serma mampu dilambangkan dengan empat garis panah.

Sersan Kepala

Sersan Kepala merupakan pangkat yang terdapat di bawah Sersan Mayor dan berada di atas Sersan Satu. Pangkat ini dilambangkan dengan tiga garis panah.

Sersan Satu

Pangkat ini mampu kami singkat dengan Sertu. Sertu merupakan pangkat yang terdapat di bawah Sersan Kepala dan diatas Sersan Dua. Sertu mampu dilambangkan dengan dua garis panah.

Sersan Dua

Sersan Dua merupakan pangkat terendah dalam jajaran Bintara TNI AU. Sersan Dua dilambangkan dengan satu garis panah.

Tamtama Kepala
Kopral Kepala

Kopral Kepala merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Tamtama Kepala. Pangkat TNI AU ini dilambangkan dengan tiga panah berwarna merah.

Kopral Satu

Kopral Satu atau Koptu merupakan pangkat TNI AU dalam jajaran Tamtama Kepala yang berada di bawah Kopral Kepala dan diatas Kopral Dua. Koptu dilambangkan dengan dua panah berwarna merah.

Kopral Dua

Kopral Dua merupakan pangkat terendah dalam jajaran Tamtama Kepala TNI AU. Kopda dilambangkan dengan tanda satu panah berwarna merah.

Tamtama
Prajurit Kepala

Prajurit Kepala merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Tamtama terhadap sistem kepangkatan TNI AU. Prajurit Kepala mampu disingkat sebagai Praka dan dilambangkan dengan tiga garis berwarna merah.

Prajurit Satu

Prajurit Satu atau Pratu merupakan pangkat TNI AU dalam jajaran Tamtama yang berada di bawah Prajurit Kepala dan diatas Prajuritl Dua. Koptu dilambangkan dengan dua garis berwarna merah.

Prajurit Dua

Pangkat ini merupakan pangkat terendah dalam jajaran Tamtama TNI AU. Prada dilambangkan dengan tanda satu garis merah.

Urutan Pangkat TNI AL

TNI-AL punyai struktur pangkat berasal dari atas bawah sebagai selanjutnya :

Perwira Tinggi
Laksamana Jendral

Laksamana Jendral merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Perwira Tinggi TNI AL. Pangkat TNI AL yang satu ini dilambangkan dengan tanda 4 bintang.

Laksamana Madya

Laksamana Madya atau Laksdya adalah pangkat yang berada di bawah Laksamana Jendral dan di atas Laksamana Muda. Pangkat Laksdya dilambangkan dengan 3 bintang.

Laksamana Muda

Urutan Pangkat TNI-AL seterusnya adalah Laksamana Muda. Laksamana Muda atau Laksda berada di bawah Laksamana Madya dan diatas Laksamana Pertama. Pangkat berasal dari Laksda dilambangkan dengan 2 bintang.

Laksamana Pertama

Pangkat TNI AL ini merupakan pangkat yang terendah dalam jajaran Perwira Tinggi. Laksamana Pertama mampu disingkat sebagai Laksma dan pangkat ini dilambangkan dengan 1 bintang

Perwira Menengah
Kolonel

Nah, seterusnya adalah pangkat tertinggi dalam jajaran Perwira Menengah TNI AL yakni Kolonel. Kolonel atau mampu disingkat sebagai kol dilambangkan dengan 3 simbol.

Letnan Kolonel

Letnan Kolonel atau Letkol ini tingkatan pangkatnya berada di bawah Kolonel dan diatas Mayor. Letkol dilambangkan dengan 2 simbol.

Mayor

Mayor merupakan pangkat terendah dalam jajaran Perwira Menengah dan dilambangkan dengan 1 simbol.

Perwira Pertama
Kapten

Kapten adalah pangkat tertinggi dalam jajaran Perwira Pertama. Kapten atau Kapt. ini punyai pangkat dengan simbol 3 garis.

Letnan Satu

Setelah Kapten, ada Letnan Satu atau Lettu. Lettu dilambangkan dengan tanda 2 garis.

Letnan Dua

Letnan Dua atau Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran Perwira Pertama. Biasa dilambangkan dengan 1 garis.

Bintara Tinggi
Pembantu Letnan Satu

Pangkat TNI AL yang satu ini merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Bintara Tinggi dan punyai simbol 2 garis bergelombang.

Pembantu Letnan Dua

Pembantu Letnan Dua adalah pangkat terendah dalam jajaran Bintara Tinggi dan dilambangkan dengan 1 garis bergelombang.

Bintara
Sersan Mayor

Sersan Mayor merupakan tingkatan pangkat tertinggi di jajaran Bintara TNI AL. Sersan Mayor atau Serma ini dilambangkan dengan 4 garis panah.

Sersan Kepala

Sersan Kepala berada di bawah Sersan Mayor dan Sersan Satu dalam jajaran Bintara. Pangkat TNI AL yang satu ini ditandai dengan 3 garis panah.tingkatan pangkat tni ad

Sersan Satu

Sersan Satu atau Sertu ditandai dengan 2 garis panah dan merupakan pangkat yang berada di bawah Sersan Kepala dan diatas Sersan Dua dalam jajaran Bintara TNI AL.

Sersan Dua

Pangkat terendah terhadap jajaran Bintara ini ditandai dengan 1 garis panah dan biasa disingkat sebagai Serda.

Tamtama Kepala
Kopral Kepala

Kopral Kepala atau Kopka merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Tamtama Kepala TNI AL. Kopka mampu ditandai pangkatnya dengan 3 garis panah berwarna biru.

Kopral Satu

Selanjutnya ada Kopral Satu yakni pangkat yang berada di bawah Kopral Kepala satu tingkat dalam jajaran Tamtama Kepala. Kopral Satu ditandai dengan 2 garis panah berwarna biru.

Kopral Dua

Sama halnya dengan Kopral Kepala dan Kopral Dua, pangkat ini dilambangkan dengan garis panah berwarna biru hanya saja garis panah selanjutnya hanya berjumlah satu karena pangkat TNI AL yang satu ini merupakan pangkat terendah dalam jajaran Tamtama Kepala.

Tamtama
Kelasi Kepala

Kelasi Kepala atau disingkat dengan KLK merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran Tamtama TNI AL. KLK ditandai dengan 3 garis biru.

Kelasi Satu

Kelasi Satu merupakan pangkat TNI AL yang berada ditengah dalam jajaran Tamtama. Kelasi Satu atau KLS ditandai dengan 2 garis berwarna biru.

Kelasi Dua

Yang paling akhir ini adalah pangkat TNI AL yang paling terendah dalam jajaran Tamtama. Kelasi Dua atau KLD ini dilambangkan dengan 1 garis berwarna biru.

Baca juga: Mengenal Secara Mendalam Pemberdayaan Masyarakat

Wah banyak sekali ya tingkatan pangkat berasal dari Tentara Nasional Indonesia ini. Semoga tulisan ini bermanfaat membuat anda yaa.tingkatan pangkat tni ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *