Wawasan Nusantara

wawasan nusantara

wawasan nusantara – Wawasan nusantara adalah langkah pandang dan sikap terhadap bangsa Indonesia di dalam melindungi kesatuan dan persatuan demi terciptanya tujuan nasional.

Mempelajari wawasan  bakal menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap tiap tiap warga Indonesia.

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air, tiap tiap warga negara wajib mengerti negaranya sendiri dari beraneka aspek. Gerbang untuk menuju pemahaman selanjutnya masyarakat Indonesia memerlukan apa yang disebut bersama dengan wawasan.

Tujuan wawasan salah satunya adalah untuk melahirkan masyarakat yang lebih mengerti bakal bangsanya sendiri.

Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia dibagi menjadi dua. Kali ini Dream bakal memaparkan apa saja tujuan nusantara, manfaat beserta fungsinya bagi bangsa Indonesia, seperti dikutip dari beraneka sumber.

Wawasan Nusantara Adalah Cara Pandang Bangsa

Sebelum membicarakan tujuan wawasan nusantara, kami ketahui dahulu asal katanya. Wawasan nusantara berasal dari kata wawasan dan nusantara. Wawasan berasal dari kata wawas (dalam bhs Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan inderawi.

Kemudian keluar kata mawas yang berarti memandang, meninjau, atau melihat. Wawasan berarti langkah pandang, langkah melihat.

Wawasan nusantara adalah langkah pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat , bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, emliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nasional itu seterusnya menjadi pandangan atau visi bangsa untuk menuju tujuan dan cita-cita nasional. Selain itu, wawasan nusantara adalah sudut pandang geopolitik Indonesia secara mendasar.

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia dibagi menjadi dua. Sebab rencana geopolitik Indonesia berlandaskan terhadap pandangan kewilayahan dan kehidupan bangsa.

Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang luas bersama dengan beraneka keragaman di dalamnya, Indonesia memerlukan suatau pemahaman sebagai basic pengembasan wawasan nasional, yakni wawasan nusantara.

Tidak hanya segi geografis, wawasan n juga menekankan keperluan masayarakat di dalam segi lain seperti sosial, budaya, politik, pertahanan, dan keamanan serta ekonomi.

Tujuan wawasan yang pertama adalah sebagai geopolitik Indonesia. Secara lazim tujuan ini tertuang di dalam Undang-Undang Dasar 1945 berbunyi “ untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan semua tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut laksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Lebih jelasnya, tujuan wawasan  sebagai geopolitik Indonesia dibagi kembali menjadi dua macam, yaitu:

1. Sebagai Geopolitik Indonesia Keluar

Hal pertama yang wajib kami pahamai berkenaan tujuan wawasan  adalah sebagai geopolitik Indonesia keluar.

Artinya tujuan ini menjamin keperluan nasional di dalam jaman globalisasi yang makin lama mendunia maupun kehidupan di dalam negeri.

Selain itu ikut serta di dalam laksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Serta juga mewujudkan kerjasama dan sikap saling menghormati antar warga di dunia.

Negara Indonesia masih wajib konsisten mengamankan dan melindungi keperntingan nasionalnya di dalam kehidupan internasional di semua segi kehidupan: politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan.

Hal selanjutnya mutlak ditunaikan untuk mewujudkan tercapainya tujuan nasional cocok yang tercantum di dalam pembukaan UUD 1945.

2. Sebagai Geopolitik Indonesia Kedalam

Tujuan wawasan  yang ke-2 adalah sebagai geopolitik Indonesia ke dalam. Yaitu bersama dengan menjamin persatuan dan kesatuan di segenap segi kehidupan nasional, baik segi alamiah maupun segi sosial.

Negara Indonesia wajib tingkatkan kepekaannya dan mengusahakan untuk menahan dan mengatasi sedini bisa saja faktor-faktor penyebab munculnya disintegrasi bangsa. Selain itu juga konsisten menerus mengusahakan atas terjaganya persatuan dan kesatuan di dalam kebhinekaan.

 

Manfaat Wawasan Nusantara

Manfaat wawasan sebagai geopolitik Indonesia adalah sebagai berikut:

Diterima dan diakuinya konsepsi nusantara di forum internasional.
Wawasan  menjadi salah satu fasilitas integrase nasional.
Penerapan wawasan nusantara menghasilkan langkah pandang berkenaan keutuhan wilayah nusantara yang wajib dipertahankan oleh bangsa Indonesia.
Pertambahan luas wilayah sebagai ruang hidup memberi tambahan potensi sumber kekuatan yang besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.
Pertambahan luas wilayah territorial Indonesia.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara dibagi menajdi empat manfaat kelompok, yaitu:

1. Wawasan nusantara sebagai satu kesatuan politik

Fungsi yang pertama ini berarti bahwa keutuhan wilayah nasional beserta kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah, wadah, ruang hidup, dan kesatuan semua bangsa, serta menjadi modal dan milik bersama dengan bangsa Indonesia.

Fungsi seterusnya adalah bangsa Indonesia terdiri dari beraneka suku dan bhs daerah. Keyakinan beraneka agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat bersama dengan makna luas.

Bangsa Indonesia wajib merasa satu kesatuan, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta punyai satu tekad di dalam meraih cita-cita bangsa.

Pancasila sebagai salah satu ideologi bangsa dan negara yang selamanya membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia di dalam meraih tujuannya.

Seluruh kepulauan nusantara merupakan kesatuan hukum di dalam makna bahwa hanya ada satu hukum nasional yakni mengabdi kepada keperluan nasional.

 

2. Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Ekonomi

Kekayaan wilayah nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama. Keperluan hidup sehari-hari harusnya ada merata di sleuruh wilayah tanah air.

Tingkat perekonomian wajib selaras dan sebanding di sleuruh daerah, tanpa meninggikan ciri khas yang dimiliki oleh area di dalam pengembangan kehidupan ekonomi.

Kehiudpan perekonomian di sleuruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai bisnis bersama dengan atas asas kekeluargaan dan dimaksudkan bagi kemakmuran masyarakat.

 

3. Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Sosial

Peri kehidupan berarti masyarakat Indonesia merupakan kehidupan yang selaras bersama dengan tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata, dan sebanding serta terdapatnya keselarasan yang cocok bersama dengan tingkat kemajuan bangsa.

Budaya Indonesia terhadap hakikatnya adalah satu. Corak ragam budaya wajib menggambarkan kekayaan budaya bangsa. Hal ini menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seutuhnya bersama dengan sikap tidak menolak nilai budaya lain yang masih relevan bersama dengan budaya bangsa.

Segala ancaman terhadap satu pulau atau satu area terhadap hakikatnya adalah ancaman terhadap semua negara.

4. Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan

Tujuan wawasan nusantara ke di dalam adalah untuk mewujudkan kesatuan di dalam segenap segi kehidupan bangsa, baik segi alamiah maupun segi sosial.

Konsep Pancagatra

Dalam rencana ini terkandung lima rencana pemahaman yang mesti dipahami dalam menyadari wawasan nusantara. Yaitu Ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Ideologi adalah ilmu yang mendalam perihal ideologi negara Pancasila, mencakup semua nilai, butir, makna, dan implementasinya. Politik, yaitu ilmu perihal relasi kekuasaan dan kebijakan public yang dibuat oleh orang-orang yang miliki pemangku kebijakan.

Sementara tujuan wawasan keluar adalah untuk ikut serta mewujudkan kebahagiaan, ketertiban dan perdamaian bagi semua umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *